Kotaku
Beranda Bisnis Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melakukan Branding Bisnis, Ada 4 Diantaranya!

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melakukan Branding Bisnis, Ada 4 Diantaranya!

KOTAKU.ID – Branding merupakan istilah yang sering ditemukan dalam dunia marketing. Sebuah merek akan jauh lebih mudah dikenal dan mempunyai kesan kuat karena adanya pencitraan ini. kompetitor pun akan merasa sulit membuat bisnis Anda goyah apalagi sampai menggeser minat masyarakat untuk beralih ke produk lain.

Oleh untuk itu, dalam bisnis maka sangat penting memperhatikan marketing (pemasaran) dan branding (pencitraan) ataupun citra produk. Keduanya juga menjadi dua hal yang tidak dapat terpisahkan karena saling berkaitan demi untuk mendukung keberhasilan perusahaan.

Pengertian Branding

Branding merupakan aktivitas yang dilakukan untuk dapat mempertahankan dan memperkuat merek atau brand sehingga dapat memberikan perspektif ke orang lain. Ada juga penjelasan lain yakni praktik pemasaran dari perusahaan yakni dengan cara menciptakan nama, desain, ataupun simbol.

Ketiga elemen ini sangat mudah diidentifikasi dan membuat masyarakat langsung mengenalinya. Memang membutuhkan waktu untuk menjalankan proses guna meningkatkan citra produk ini. Tidak jarang perusahaan harus jatuh bangun sehingga akan mempunyai citra yang kuat. Aktivitas branding merupakan hal yang tidak bisa dianggap mudah. Namun saat Anda bisa menerapkannya secara tepat, maka perusahaan Anda pun akan lebih mudah mendapatkan konsumen loyal.

Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Melakukan Branding Bisnis

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melakukan Branding Bisnis, Ada 4 Diantaranya!

Pelaku bisnis yang sedang merintis suatu usaha, perlu melakukan branding agar bisnisnya dikenal oleh banyak orang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni diantaranya dengan menggunakan iklan di media sosial, membuat company profile, dan lain sebagainya.  Setiap pelaku usaha bebas menjalankan strategi branding yang sesuai dengan visi misi bisnisnya

Namun demikian, jangan sampai strategi branding malah menjadi bumerang. Kesalahan dalam melakukan branding sangat berpengaruh pada reputasi bisnis ke depannya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kesalahan fatal yang mungkin terjadi ketika melakukan branding, agar dapat menghindarinya.

1. Warna Logo yang Terlalu Ramai

Salah satu alat branding suatu bisnis adalah dengan membuat logo yang menarik. Bermula dari sebuah logo, orang-orang akan tertarik untuk mengenal suatu bisnis dengan lebih dalam. Hingga pada akhirnya, berujung pada pembelian produk usaha serta peningkatan penjualan.  Logo suatu usaha juga dapat memengaruhi kesan pertama orang yang melihatnya. Jadi, jangan sampai Anda membuat logo yang kurang nyaman dilihat. Contohnya adalah warna logo yang terlalu ramai dan mencolok.  Anda bisa gunakan warna-warna yang kalem dan perhatikan perpaduan warna pada logonya. Jika Anda merasa kurang ahli soal desain logo, maka Anda bisa merekrut desainer atau menggunakan jasa desain grafis.

2. Tidak Paham dengan Kelebihan Brand Sendiri

Ketika seorang pelaku bisnis melakukan branding, biasanya mereka akan menunjukkan kelebihan serta ciri khas bisnisnya untuk memikat calon pembeli. Hal ini sangat penting, supaya Anda sebagai pelaku bisnis juga paham akan kualitas brand Anda sendiri.  Lalu, bagaimana jika seorang pengusaha tidak paham akan kelebihan brand? Nantinya brand Anda mungkin tidak memiliki nama yang kuat dalam benak orang banyak. Tidak hanya itu, orang-orang menjadi tidak tertarik dengan produk yang sedang Anda tawarkan.  Anda bisa memulainya dengan cara membuat klaim yang berupa manfaat yang nantinya akan dirasakan dari konsumen saat menggunakan produkmu. Misalnya, produk skincare produksi Anda dapat melembabkan kulit lebih lama atau dapat meredakan bekas jerawat hanya dalam waktu singkat.

3. Lupa Mendaftarkan Logo pada Hak Cipta

Anda tentu pernah menemui kasus logo suatu brand yang dipakai oleh brand lain dengan nama yang berbeda. Meskipun tidak sama persis, ada beberapa kemiripan yang dapat Anda didalamnya temukan. Kejadian seperti ini dapat dilaporkan, jika Anda sudah mendaftarkannya kepada hak cipta. Oleh sebab itu, sebaiknya logo brand yang sudah Anda buat segera untuk didaftarkan pada pihak hak cipta atau hak kekayaan intelektual. Upaya ini penting dilakukan, agar logo Anda tidak disalahgunakan atau dipakai oleh brand produk lain.  Lalu, langkah ini juga dapat melindungi bisnismu di kemudian hari. Jika suatu saat ada brand lain yang menggunakan logo milik Anda, maka Anda bisa melaporkannya agar bisa diproses secara hukum.

4. Tidak Membuat Brand Guideline

Ketika merintis suatu bisnis, tidak hanya perencanaan bisnis dan keuangan saja yang Anda persiapkan. Ada juga brand guidelines yang dibutuhkan sebagai perencanaan identitas merek. Brand guidelines bermanfaat untuk menjaga konsistensi identitas suatu brand.  Brand guidelines biasanya digunakan saat pelaku usaha hendak mempromosikan suatu produk atau menambahkan logo dalam desain produk yang akan diluncurkan. Agar tidak terkesan acak-acakan, maka Anda membutuhkan brand guidelines, agar desain logo produk bisa seragam.  Anda juga bisa membuat brand guidelines dengan cara menyusun maskot seperti apa yang menunjukkan ciri khas brand milik Anda. Diantaranya seperti apa logonya, font huruf yang dipakai, tagline bisnis, dan warna khas dari brand milik Anda sendiri.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait 4 kesalahan yang harus dihindari saat melakukan branding bisnis. Demikian pembahasan lengkap terkait kesalahan yang harus dihindari saat melakukan branding bisnis. Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda para pelaku bisnis.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan