Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Alasan Yang Tepat Kenapa Guru Penggerak Diarahkan Untuk Menggunakan Pendekatan Berbasis Aset, Ini Jawabannya

Alasan Yang Tepat Kenapa Guru Penggerak Diarahkan Untuk Menggunakan Pendekatan Berbasis Aset, Ini Jawabannya

Kotaku.id – Dibawah ini akan dijelaskan terkait kunci jawaban dari soal yang berupa ‘Alasan Yang Tepat Kenapa Guru Penggerak Diarahkan Untuk Menggunakan Pendekatan Berbasis Aset…’ Pertanyaan ini adalah salah satu bentuk pertanyaan yang ada di dalam Pre-Test Modul 3 dalam Program Pendidikan Guru Penggerak.

Nah, untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut Bapak dan Ibu Guru harus paham terlebih dahulu dengan mata pelajaran yang telah diberikan sebelumnya. Penjelasan kunci jawaban ini dibuat untuk bisa membantu Bapak dan Ibu Guru dalam menyelesaikan berbagai macam soal-soal Pre-Test Modul 3 Guru Penggerak.

Hasil pretest juga nantinya bisa menjadi pedoman dalam menyusun materi pelatihan yang mana lebih tepat sasaran.

Selengkapnya, ulasan dibawah ini akan disajikann terkait soal dan kunci jawaban adalah sebagai berikut.

Pretest Modul 3 Guru Penggerak

Soal Lengkap:

Alasan yang tepat kenapa Guru Penggerak diarahkan untuk menggunakan Pendekatan Berbasis Aset daripada Pendekatan Berbasis Kekurangan adalah karena?

A. Pendekatan berbasis Aset akan melatih Guru Penggerak untuk peka terhadap isu-isu yang ada

B. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong Guru Penggerak bergerak berdasarkan kekuatan yang dimiliki.

C. Pendekatan berbasis Kekurangan akan mendorong Guru Penggerak menjadi individu yang mudah curiga.

D. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong kita menjadi individu yang tidak mudah curiga.

E. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong Guru Penggerak untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Jawaban:

A. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong Guru Penggerak bergerak berdasarkan kekuatan yang dimiliki.

Pembahasan:

Perlu diketahui, pendekatan berbasis aset dalam pelatihan guru penggerak ini lebih dipilih dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan. Hal ini karena mempunyai keuntungan yang signifikan.

Dengan menerapkan pendekatan ini, guru penggerak nantinya akan dilatih untuk memahami dan mengoptimalkan kekuatan dan potensi yang dimilikinya.

Dengan fokus pada aset, guru penggerak nantinya akan menjadi lebih peka pada isu-isu yang ada di lingkungan pendidikan. Akan tetapi, dengan pendekatan yang jauh lebih positif dan konstruktif.

Pendekatan berbasis aset mampu mendorong guru penggerak untuk bisa bergerak dan mengembangkan diri mereka berdasarkan pada kekuatan yang dimiliki. Bukan hanya sekadar menanggapi kelemahan dan kekurangan saja.

Hal ini mampu menciptakan lingkungan yang memotivasi dan memperkuat guru penggerak untuk bisa menghadapi tantangan dengan sikap yang proaktif. Sebaliknya, pendekatan berbasis kekurangan mampu menciptakan suasana yang memicu curiga dan rasa tidak percaya diri. Hal ini sehingga tidak sesuai dengan tujuan pengembangan profesional yang bersifat positif.

Dengan menerapkan pendekatan berbasis aset, guru penggerak nantinya akan terdorong untuk memecahkan permasalahan yang ada. Yakni dengan memanfaatkan potensi dan kekuatan yang dimiliki. Hal ini tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang jauh lebih produktif dan positif. Akan tetapi juga bisa membantu meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di lingkungan sekolah.

Dengan begitu, pendekatan berbasis aset bisa dianggap sebagai strategi yang jauh lebih efektif dalam membimbing serta mengembangkan guru penggerak. Yakni untuk mencapai kesuksesan dalam dunia pendidikan.

Kesimpulan

Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai jawaban dari soal alasan yang tepat kenapa guru penggerak diarahkan untuk menggunakan pendekatan berbasis aset. Semoga jawaban diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda para calon guru penggerak!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad