Kotaku
Home Cpns dan PPPK Intip Pendaftaran CASN 2023 Untuk Lulusan SMA

Intip Pendaftaran CASN 2023 Untuk Lulusan SMA

CASN 2023 Untuk Lulusan SMA

Kotaku.id Intip Pendaftaran CASN 2023 Untuk Lulusan SMA. Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), baik untuk CPNS maupun PPPK, telah dimulai sejak Rabu (20/9) yang lalu. Pendaftaran CASN 2023 bisa dilakukan oleh mereka yang lulus dari SMA atau Perguruan Tinggi melalui portal SSCASN, yang dapat diakses dengan mengunjungi tautan https://sscasn.bkn.go.id/ atau langsung ke laman ini.

 

CASN 2023 Lulusan SMA
CASN 2023

 

Untuk membuka portal ini, Anda bisa menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Persyaratan utama untuk mendaftar CASN 2023 adalah usia. Berdasarkan informasi yang tersedia di situs BKN, hanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia antara 18 hingga 25 tahun saat mendaftar sebagai CPNS yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara.

CASN 2023 Lulusan SMA

Pendaftaran untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 masih terbuka untuk kamu yang sudah menyelesaikan SMA atau setingkatnya. Sebelumnya, seleksi CASN 2023 juga telah menerima pelamar dengan latar belakang SMA. Pada tahun 2021, ada beberapa posisi yang bisa diisi oleh lulusan SMA atau SMK.

Saat ini, informasi tentang posisi khusus untuk lulusan SMA belum diumumkan. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), ada sekitar 572.496 posisi atau lowongan yang tersedia untuk menjadi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023.

Instansi yang Membuka Formasi CPNS Lulusan SMA dan Sederajat

Pada tahun 2019, ada 6 lembaga pemerintahan yang memberikan kesempatan bagi lulusan SMA dan sejenisnya untuk bergabung dengan mereka. Jika kamu berencana mendaftar CPNS 2023 setelah lulus SMA, berikut daftar lembaga dan persyaratan yang berlaku pada tahun 2019.

 

Instansi yang Membuka Formasi CPNS Lulusan SMA dan Sederajat
CASN 2023

 

1.     Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

  • Kemenkumham membuka sekitar 3532 posisi pada CPNS 2019 untuk lulusan SMA.
  • Formasi ini mencakup posisi sebagai sipir atau penjaga tahanan, serta pemeriksa keimigrasian pelaksana.
  • Sebanyak 2,875 posisi tersedia untuk pemegang ijazah SMA yang ingin menjadi sipir atau penjaga tahanan, sementara 657 posisi untuk pemeriksa keimigrasian di 33 wilayah.
  • Persyaratan CPNS Kemenkumham untuk lulusan SMA/SMK mencakup beberapa poin, seperti penyetaraan ijazah untuk pelamar dari luar negeri dan ketentuan mengenai domisili dalam e-KTP.

2.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

  • Kemendikbud membuka beragam posisi untuk lulusan SMA pada CPNS 2019, termasuk teknisi pemetaan, teknisi laboratorium, dan pengadministrasi keuangan.
  • Persyaratan berbeda-beda tergantung pada jabatan yang diminati, seperti pendaftar untuk teknisi laboratorium harus berasal dari SMK Teknik Kimia.
  • Persyaratan lainnya termasuk penyetaraan ijazah dari luar negeri dan nilai rata-rata yang memadai pada Surat Tanda Tamat Belajar.

3.     Badan Intelijen Negara (BIN)

  • BIN membuka 200 posisi untuk lulusan SMA pada tahun 2019, yang akan ditempatkan di berbagai unit di bawah BIN.
  • Ada dua jabatan yang tersedia: Tenaga Pengaman Siber dan Pranata Komputer Pelaksana Pemula. Persyaratan khusus mencakup pengalaman minimal 2 tahun di bidang keamanan siber.

4.     Kementerian Pertanian

  • Kementerian Pertanian membuka posisi untuk lulusan SMK Peternakan dan SMK Pertanian pada tahun 2019.
  • Persyaratan termasuk terdaftar di Kemendikbud, nilai rata-rata yang memadai, dan penyetaraan ijazah untuk lulusan dari luar negeri.

5.     Kejaksaan Agung

  • Kejaksaan Agung menyediakan 2000 posisi untuk lulusan SMA dan sejenisnya pada tahun 2019, termasuk posisi pengawal tahanan atau narapidana dan pengemudi kapten.
  • Persyaratan mencakup nilai ijazah minimal 7.00, atau jika nilai tersebut tidak tercantum di ijazah, maka nilai setara akan digunakan. Berkas lamaran juga harus disusun dalam map berwarna biru.

6.     Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

  • KLHK membuka 80 posisi untuk lulusan SMK pada tahun 2019, khususnya untuk jabatan pelaksana pemula atau pemula polisi kehutanan.
  • Persyaratan utama adalah memiliki nilai rata-rata minimal 7.00 dalam transkrip.

Demikianlah informasi mengenai peluang CPNS untuk lulusan SMA. Semoga informasi ini membantu Anda untuk mempersiapkan diri jika ingin melamar CASN 2023.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad