Integrated Marketing Communication Adalah: Pengertian, dan Impelemntasinya
Daftar isi:
KOTAKU.ID – Di dalam dunia bisnis, strategi pemasaran diketahui menjadi poin paling penting untuk menarik minat calon konsumen. Apalagi di tengah majunya perkembangan zaman seperti sekarang ini, dunia bisnis juga semakin berkembang, tidak hanya sekadar transaksi jual beli saja, akan tetapi juga harus memikirkan adanya komunikasi yang baik dengan calon konsumen.
Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap mengenai pengertian Integrated marketing communication lengkap dengan impelemntasinya. Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.
Pengertian IMC (Integrated Marketing Communication)
IMC merupakan singkatan dari Integrated Marketing Communication, pengertian singkatnya adalah salah satu strategi pemasaran yang mana prosesnya selalu mengutamakan keselarasan antara brand milik pebisnis dengan konsumen. Sama seperti dengan kehidupan bersosialisasi, maka dalam menerapkan strategi pemasaran ini juga wajib disertai dengan komunikasi secara mendalam.
Strategi IMC atau Integrated Marketing Communication ini diketahui sudah banyak diterapkan di dalam berbagai perusahaan besar yang ada di Indonesia, hal ini karena dinilai efektif untuk membangun hubungan berkesinambungan yang secara mendalam pada konsumen dari berbagai macam kelas ekonomi. Lalu sebenarnya apasih pengertian dari IMC ini?
Pada umumnya, komunikasi menjadi suatu hal utama dalam proses pemasaran, karena pada hakikatnya, pemasaran juga adalah suatu proses komunikasi yang tercipta secara luwes antara perusahaan dengan konsumen. Oleh sebab itu, komunikasi dan pemasaran memiliki keterikatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, sehingga keduanya harus saling berintegrasi.
Integrated Marketing Communication adalah suatu komunikasi pemasaran yang dilakukan secara terpadu. Dalam konsep perencanaan komunikasinya, diketahui lebih menekankan kajian pesan strategis pada masing-masing bentuk komunikasi yang lalu dipadukan untuk mendapatkan kejelasan pesan, konsistensi, serta dampak komunikasi secara maksimal dengan melalui pengintegrasian pesan.
Alasan Strategi IMC Penting Dilakukan
Terutama pada perusahaan yang sedang memasarkan produk atau jasanya kepada pihak konsumen, IMC atau kepanjangan dari Integrated Marketing Communication ini sangat penting untuk dilaksanakan sebab beberapa hal berikut.
- IMC memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan yang konsisten berkaitan erat dengan produk atau jasa kepada khalayak ramai. Atas kekonsistenannya tersebut, calon konsumen benar-benar mendapatkan erta memahami pesan yang berkaitan erat dengan produk atau jasa tersebut.
- Strategi IMC juga bisa berperan untuk dapat menjaga pesan serta tujuan yang jelas dalam sebuah bisnis, karena dilakukan secara konsisten.
- IMC dilaksanakan untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Maksudnya adalah dengan melalui strategi IMC ini nantinya para pelanggan turut berkontribusi untuk menentukan bagaimana pesan bisnis tersampaikan, sehingga tentunya hasilnya akan positif.
- IMC berguna untuk membangun pencitraan pada suatu merk. Terutama dalam ciri khas, logo, sampai dengan konten yang nantinya akan memaksimalkan penyampaian pesan kepada para pelanggan.
Selain itu, menurut Sulaksana (2007), kepopuleran strategi IMC ini dapat memunculkan paradigma baru dalam proses pemasaran perusahaan. Apabila sebelumnya, manager merk, iklan, promosi, penjualan sampai public relations hanya bekerja di bidangnya masing-masing, dengan melalui IMC ini mereka akan menggabungkan “kekuatan”-nya secara terpadu. Sementara itu, saat ini juga marak munculnya kesadaran akan konsistensi pesan kampanye pemasaran, dan adanya keterkaitan media komunikasi yang akan digunakan. Hal ini agar dapat menghasilkan konsistensi reputasi antara citra merk (produk) dengan citra perusahaan.
Implementasi IMC (Integrated Marketing Communication)
IMC atau Integrated Marketing Communication ini diketahui sangat penting untuk diterapkan dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan untuk dapat mempertahankan pelanggannya. Hal ini berlaku di dalam sebuah perusahaan besar yaitu contohnya PT Tokopedia. Pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan keberadaan perusahaan tersebut?
Ya, Tokopedia dikenal dengan perusahaan yang berupa situs jual beli yang paling populer, sehingga tentunya menerapkan IMC ini dalam aktivitas promosinya untuk dapat mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pelanggan. Menurut manajer pemasaran Tokopedia, strategi IMC dinilai mampu menggaet jumlah pelanggan, terutama pada saat ini semakin banyak pesaing dalam hal e-Commerce.
Adapun, untuk bentuk kegiatan komunikasi pemasaran yang diterapkan dalam PT Tokopedia ini yaitu sebuah periklanan, pemasaran langsung, hubungan dengan masyarakat, sponsorship, cinderamata, media sosial, serta website. Tak hanya itu saja, dalam hal periklanan (advertising), Tokopedia juga sangat cermat dalam penggunaan media below the line, contohnya adalah berupa , Billboard, pamflet, umbul-umbul, X-Banner, sampai dengan POP Booth. Pemasangan spanduk juga sering dilakukan meskipun tetap ada banyak pertimbangan, seperti dari tempat lalu lintas yang ramai agar mudah dilihat oleh banyak orang. Penggunaan Brand Ambassador diketahui juga dilakukan oleh Tokopedia, salah satunya adalah aktris sekaligus penyanyi Isyana Sarasvati.
Dari berbagai macam kegiatan IMC dalam perusahaan yang bernama Tokopedia ini tentu saja masih ada berbagai macam kendala, terutama dalam hal kemampuan kerjasama terhadap sumber daya manusia yang dinilai masih kurang. Tidak jarang, ketika melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan publik secara langsung, sering mendapatkan komplain dari para pelanggan.
Kesimpulan
Itulah diatas penjelasan lengkap terkait pengertian IMC atau Integrated Marketing Communication yang menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer, terutama pada perusahaan ternama. Meskipun begitu, perusahaan yang baru merintis usahanya juga bisa saja menerapkan strategi ini.
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now