Kotaku
Home Cpns dan PPPK CPNS 2023 – Ini Dia Instansi Dengan Tingkat Persaingan CPNS 2023 Terberat

CPNS 2023 – Ini Dia Instansi Dengan Tingkat Persaingan CPNS 2023 Terberat

Kotaku.id Ini Dia Instansi Dengan Tingkat Persaingan CPNS 2023 Terberat. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan penutupan pendaftaran untuk seleksi CPNS 2023 pada tanggal 11 Oktober 2023, mengakhiri babak pertama dalam proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

Daftar Instansi dengan Tingkat Persaingan CPNS 2023 Terberat
CPNS 2023

 

 

Saat ini, para calon pegawai ini dengan harap-harap cemas menantikan hasil seleksi administrasi yang akan diumumkan dalam rentang waktu 15 hingga 18 Oktober 2023. Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh BKN, jumlah total pelamar CPNS 2023 yang berhasil menyelesaikan proses pendaftaran hingga tahap pengajuan (submit) mencapai angka yang mengesankan, yakni sebanyak 2.409.882 individu.

Namun, di sisi lain, terdapat 309.007 calon pelamar yang tidak memenuhi syarat (TMS), sedangkan 996.685 pelamar lainnya masih berstatus belum terverifikasi. Sekarang, dengan ditutupnya pendaftaran, para pelamar dan pihak berwenang akan bersiap-siap untuk memasuki tahap seleksi administrasi dan seterusnya, dalam rangka mencari mereka yang paling berkualifikasi untuk menjadi bagian dari pemerintahan.

Daftar Instansi dengan Tingkat Persaingan CPNS 2023 Terberat

Di bawah ini terdapat daftar instansi pemerintah yang mengalami tingkat persaingan tertinggi dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023, berdasarkan data yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) per tanggal 12 Oktober 2023, pukul 06.00 WIB. Data ini memperlihatkan perbandingan antara jumlah formasi yang tersedia dan jumlah pelamar yang mengajukan lamaran pada setiap instansi yang membuka lowongan CPNS.

1.      Kemenkumham

Instansi ini menyediakan sebanyak 1.015 formasi CPNS 2023, namun jumlah pelamar yang mendaftar mencapai angka luar biasa sebanyak 231.109 orang. Dengan demikian, tingkat persaingan mencapai rasio 1:228.

2.      Setjen KPK

Dalam instansi ini, terdapat 214 formasi CPNS yang tersedia, tetapi jumlah pelamar membludak yaitu mencapai 222.627 orang. Oleh karena itu, tingkat persaingan di sini mencapai rasio 1:1.040.

3.      Kejaksaan Agung (Kejagung)

Instansi Kejaksaan Agung mengumumkan sebanyak 7.846 formasi CPNS, sementara jumlah pelamar mencapai 214.207 orang. Dengan begitu, tingkat persaingan di Kejaksaan Agung mencapai rasio 1:27.

4.      Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA)

Dengan 1.669 formasi CPNS 2023 yang disediakan oleh Mahkamah Agung (MA), jumlah pelamar mencapai 83.402 orang, hal ini berarti menghasilkan tingkat persaingan sekitar 1:50.

5.      Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Untuk Instansi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknlogi (Kemendikbudristek) menawarkan sebanyak 16.102 formasi CPNS, sedangkan jumlah pelamar mencapai 65.164 orang. Hal ini menghasilkan tingkat rasio persaingan sekitar 1:4.

6.      Badan Intelijen Negara (BIN)

Dengan jatah 1.000 formasi CPNS yang tersedia, Instansi Badan Intelijen Negara (BIN) menerima 57.434 lamaran, sehingga tingkat persaingan mencapai rasio 1:57.

7.      Sekretariat Jenderal DPR RI

Sekretariat Jenderal DPR RI mengumumkan hanya membuka 98 formasi CPNS dan menerima 35.869 lamaran, yang menghasilkan tingkat persaingan rasio sekitar 1:366.

8.      PPATK

Instansi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau yang disingkat PPATK menawarkan 50 formasi CPNS, namun jumlah pelamar mencapai 29.013 orang, sehingga tingkat persaingan mencapai rasio 1:580.

9.      Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama hanya membuka 68 formasi CPNS dan menerima 4.207 lamaran, sehingga tingkat persaingan mencapai rasio 1:62.

10.  Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menawarkan 154 formasi CPNS, tetapi jumlah pelamar hanya 1.357 orang, sehingga tingkat persaingan rasio sekitar 1:9.

11.  Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan hanya sebanyak 94 formasi CPNS dan menerima 491 lamaran, sehingga tingkat persaingan mencapai rasio 1:5.

12.  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Dengan 500 formasi CPNS yang tersedia, BRIN menerima 378 lamaran, sehingga tingkat persaingan rasio sekitar 1:0,76.

Tips Lolos CPNS Dalam Persaingan Ketat

 

Tips Lolos CPNS Dalam Persaingan Ketat
CPNS 2023

 

Berikut dibawah ini Tips Lolos CPNS Dalam Persaingan Ketat:

1.      Memahami Syarat dan Persyaratan dengan Teliti

Pastikan Anda membaca dengan cermat dan memahami semua syarat dan persyaratan yang diperlukan dalam pengumuman lowongan CPNS 2023. Periksa apakah Anda memenuhi semua kualifikasi yang diperlukan.

2.      Menyiapkan Dokumen dengan Baik

Siapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti ijazah, transkrip, sertifikat, dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan. Pastikan seluruh dokumen dalam kondisi yang baik dan juga sudah lengkap.

3.      Persiapkan Diri Secara Mendalam

Pelajari materi ujian dengan tekun dan penuh ketelitian, terutama mata pelajaran yang relevan dengan jabatan yang Anda lamar. Manfaatkan sumber daya seperti buku, panduan, dan materi pelatihan online.

4.      Simulasi Ujian

Lakukan simulasi ujian dengan soal-soal latihan. Ini akan membantu Anda memahami format soal dan juga meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam hal menjawab nantinya.

5.      Perhatikan Waktu

Saat mengikuti ujian, perhatikan waktu dengan baik. Jangan terlalu lama fokus pada satu soal. Jika ada soal yang sulit, lewati terlebih dahulu dan kembali ke sana jika waktu tersisa. Hal ini trik demi ketepatan waktu pengerjaan soal.

6.      Menguasai Materi Pengujian Psikotes

Jika ada tahap psikotes, pelajari jenis-jenis tes seperti tes kecerdasan, kepribadian, dan lainnya. Persiapkan diri Anda dengan berlatih soal-soal sejenis. Coba ikuti bimbingan belajar di lembaga bimbel.

7.      Konsisten Berlatih

Rutin berlatih menjawab soal-soal ujian CPNS 2023. Latihan berulang akan meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri Anda.

8.      Networking dan Diskusi

Bergabung dengan komunitas atau forum online yang membahas tentang persiapan CPNS. Diskusi dengan peserta lain juga bisa memberikan wawasan tambahan serta menambah ilmu dan pengalaman.

9.      Wawancara

Jika Anda berhasil melewati tahap tes tertulis, setelah itu persiapkan diri untuk mengikuti wawancara. Pelajari profil instansi yang Anda lamar, dan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan.

10.  Jaga Kesehatan dan Kondisi Psikis

Jaga kesehatan fisik dan kesehatan mental Anda selama proses seleksi dilaksanakan. Hindari stres berlebihan, juga pastikan Anda cukup istirahat, makan makanan banyak gizi serta olahraga teratur.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda meraih keberhasilan dalam perjalanan menuju karier sebagai CPNS. Sukses selalu.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad