Kotaku
Home Cpns dan PPPK Info BKN Tentang Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Info BKN Tentang Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Kotaku.id Info BKN Tentang Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024 – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memberikan penjelasan terkait pertanyaan mengenai apakah akan ada pembukaan seleksi CPNS dan PPPK pada tahun depan atau tahun 2024. Saat ini, perlu dicatat bahwa proses seleksi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) masih berlangsung secara aktif.

Dalam konteks ini, informasi BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang dapat diakses menunjukkan bahwa proses seleksi untuk CPNS dan PPPK tahun 2024 sedang berlangsung dan diperkirakan akan mencapai tahap akhir. Adapun perkiraan waktu penyelesaian proses seleksi ini dijadwalkan pada rentang waktu Februari hingga Maret 2024. Oleh karena itu, harapannya adalah bahwa pada periode tersebut, proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024 akan mencapai puncaknya dan dinyatakan selesai.

Info BKN Tentang Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Info BKN Tentang Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024
Info BKN Tentang Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Suherman, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, masih meragukan kemungkinan adanya seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2024. Dalam forum Diseminasi Transparansi seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 di kanal YouTube resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu BKNgoid pada Senin (20/11/2024), Suherman menyatakan bahwa belum ada kepastian mengenai pembukaan formasi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun mendatang. Menurutnya, prioritas BKN saat ini adalah menyelesaikan seleksi calon pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tahun 2024 yang sedang berlangsung.

Meski begitu, Suherman memberikan informasi bahwa mulai tahun 2024, proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan mengalami peningkatan fleksibilitas. Beliau mengungkapkan, “Kemungkinan besar, pelaksanaan seleksi akan menjadi lebih fleksibel mulai tahun depan. Ini akan berbeda dari pola yang berlaku saat ini dan pada periode-periode sebelumnya.” Lebih lanjut, Suherman menjelaskan bahwa fleksibilitas yang dimaksud mencakup pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPNS PPPK) yang dapat diadakan beberapa kali dalam satu tahun.

“Saya yakin nantinya akan diatur bersama dengan rekan-rekan di Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan dengan keterlibatan Kemendikbud dalam penyelesaian materi seleksinya,” tambahnya. Sebelumnya, berdasarkan informasi dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2024 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), terungkap bahwa tenaga honorer akan dihapuskan paling lambat pada Desember 2024.

Selain itu, tidak akan diizinkan lagi bagi instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah, untuk merekrut tenaga Non-ASN atau tenaga honorer. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji ulang Peraturan Pemerintah (PP) terkait rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN).

Anas menjelaskan bahwa tujuan dari perubahan ini adalah agar instansi (BKN) tidak lagi mengandalkan perekrutan pegawai honorer untuk mengisi kekosongan posisi yang terjadi akibat pegawai yang memasuki masa pensiun.

“Masa depan rekrutmen (BKN) akan mengalami percepatan siklus. Jika sebelumnya dilakukan setahun sekali, setelah PP diperbaharui, kemungkinan rekrutmen dapat dilakukan hingga tiga kali dalam setahun. Ini berbeda dengan kebijakan saat ini,” ungkap Anas pada konferensi pers di Jakarta pada Kamis (9/11/2024).

Menurut Anas, proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN) ke depannya akan dibuka sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi, berdasarkan data jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun pada periode tersebut.

Seberapa banyak yang akan pensiun pada bulan Februari? Mungkin saja proses rekrutmen sudah dilakukan pada bulan Januari. Selama ini, karena pensiun pada bulan Januari, rekrutmen baru dilakukan pada bulan Februari dua tahun berikutnya, yang akhirnya mengakibatkan penggunaan pegawai honorer,” jelasnya.

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelun Tes Cpns 2024

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelun Tes Cpns 2024
Hal Yang Harus Disiapkan Sebelun Tes Cpns 2024

Sebelum mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024, ada beberapa hal yang sebaiknya disiapkan untuk memastikan kesiapan dan performa optimal. Berikut dibawah ini adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan:

1.      Pemahaman Materi Ujian

Pastikan untuk memahami dengan baik materi ujian sesuai dengan bidang atau jabatan yang Anda lamar. Pelajari materi yang relevan dan utamakan pemahaman konsep-konsep kunci.

2.      Penggunaan Materi Referensi

Manfaatkan buku-buku referensi yang disarankan atau materi pembelajaran resmi yang telah disediakan oleh instansi terkait. Jangan ragu untuk mencari sumber daya tambahan yang dapat membantu pemahaman materi.

3.      Latihan Soal dan Ujian Praktik

Melakukan latihan soal-soal ujian sebelumnya dapat membantu Anda mengukur tingkat pemahaman dan mengetahui jenis pertanyaan yang mungkin muncul. Sumber latihan bisa berasal dari soal-soal tahun-tahun sebelumnya.

4.      Pemahaman Sistem Ujian Online

Jika ujian dilakukan secara online, pastikan Anda memahami tata cara penggunaan sistem ujian. Latihan ujian online dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan keakraban dengan platform yang digunakan.

5.      Kesehatan Fisik dan Mental

Pertahankan kesehatan fisik dan mental Anda. Pastikan cukup istirahat, makan dengan baik, dan hindari stres berlebihan. Kesehatan yang baik dapat meningkatkan fokus dan kinerja selama ujian.

6.      Dokumen Persyaratan

Periksa dan pastikan bahwa semua dokumen persyaratan telah disiapkan dengan baik, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lain yang mungkin diminta.

7.      Pakaian dan Perlengkapan

Pastikan Anda sudah menyiapkan pakaian dan perlengkapan yang diperlukan untuk hari ujian. Kenakan pakaian yang nyaman dan pastikan membawa semua perlengkapan yang diperlukan, seperti pensil, penghapus, dan kartu identitas.

8.      Informasi Lokasi Ujian

Pastikan Anda mengetahui lokasi ujian dan waktu yang tepat. Persiapkan diri dengan baik, sehingga Anda dapat tiba di lokasi dengan cukup waktu untuk menghindari keterlambatan.

9.      Sikap Mental Positif

Pertahankan sikap mental positif dan percayalah pada diri sendiri. Jangan biarkan kecemasan mengatasi Anda. Ingatlah bahwa persiapan yang baik dapat membantu Anda menghadapi tes dengan lebih percaya diri.

10.  Pentingnya Etika dan Norma

Kenali etika dan norma yang berlaku selama ujian. Ikuti petunjuk dengan cermat, hindari tindakan curang, dan pastikan untuk menjaga integritas selama proses ujian.

Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik terhadap proses seleksi, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda dalam tes CPNS 2024.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad