Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK Ternyata, Hasil SKD CPNS 2023 Bisa Dipakai Seleksi Selanjutnya Loh!

Ternyata, Hasil SKD CPNS 2023 Bisa Dipakai Seleksi Selanjutnya Loh!

image 97

Kotaku.id Ternyata, Hasil SKD CPNS 2023 Bisa Dipakai Seleksi Selanjutnya Loh! – Tahap terkini dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2023 menandakan capaian signifikan dengan pengumuman hasil SKD CPNS 2023. Melalui serangkaian ujian tertulis yang telah dilalui, setiap peserta kini berada pada titik krusial di mana hasil evaluasi tersebut akan memutuskan kelanjutan keterlibatan mereka dalam proses seleksi, sekaligus menentukan arah perjalanan mereka sebagai calon abdi negara.

Mematuhi jadwal seleksi yang telah ditetapkan, pengumuman hasil SKD CPNS 2023 dijadwalkan akan diumumkan oleh masing-masing instansi perekrut pada periode antara tanggal 20 hingga 22 November 2023. Inilah saat ketegangan dan harapan mencapai puncaknya, karena peserta seleksi menantikan kepastian nasib mereka dalam proses ini. Adapun setelah pengumuman tersebut, peserta seleksi diberikan jendela waktu yang terbatas, mulai dari tanggal 23 hingga 25 November 2023, untuk menyampaikan tanggapan atau keberatan terhadap hasil yang mereka terima.

Fase ini tidak hanya mencakup pengumuman hasil evaluasi, tetapi juga memberikan ruang bagi peserta untuk berpartisipasi aktif dalam menyampaikan pandangan mereka terhadap hasil tersebut. Kesempatan ini menjadi momen penting bagi para peserta untuk memberikan klarifikasi, menjelaskan potensi ketidaksetujuan, atau menyampaikan alasan yang mendasari hasil evaluasi mereka.

Ternyata, Hasil SKD CPNS 2023 Bisa Dipakai Seleksi Selanjutnya Loh!

Ternyata, Hasil SKD CPNS 2023 Bisa Dipakai Seleksi Selanjutnya Loh!
Ternyata, Hasil SKD CPNS 2023 Bisa Dipakai Seleksi Selanjutnya

Jika peserta mengajukan sanggah dan ditolak, dapat dipastikan bahwa peserta tersebut akan dinyatakan gagal pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Meskipun demikian, tidak perlu merasa putus asa, karena hasil SKD CPNS 2023 ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berikutnya.

Suharmen, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, memastikan bahwa hasil SKD CPNS 2023 tahun ini dapat digunakan jika pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Beliau menjelaskan bahwa ketentuannya memperbolehkan penggunaan hasil SKD CPNS 2023 tersebut hanya satu kali lagi. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam sebuah webinar yang membahas Transparansi Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada hari Senin, 20 November 2023.

Suharmen memberikan contoh, misalnya, jika pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024, peserta dapat menggunakan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diperoleh pada tahun 2023 untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Beliau menekankan bahwa tidak ada batas waktu tertentu untuk hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut. Artinya, jika pemerintah membuka pengadaan ASN pada tahun 2025, hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar tersebut masih dapat digunakan.

“Ketentuannya memungkinkan penggunaan satu kali ke depan, sehingga kapan pun pelaksanaan seleksi dibuka, hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat dimanfaatkan,” ujar Suharmen. Meskipun demikian, beliau menyarankan peserta untuk berpikir ulang sebelum menggunakan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebelumnya. Menurutnya, kemungkinan peserta tidak lolos kembali akan tinggi karena setiap tahun seleksi menjadi semakin kompetitif.

“Sebagai contoh, jika tahun ini peserta mendapatkan skor 425 untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun skor tersebut dianggap belum lulus karena belum mencapai 3 kali formasi, apakah yakin skor 425 tahun depan akan mencukupi?” tanya beliau. Suharmen menyarankan agar peserta melakukan persiapan lebih matang untuk menghadapi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berikutnya. Dengan persiapan yang matang, peluang peserta untuk lolos akan semakin besar. Kegagalan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahun ini dapat dijadikan evaluasi untuk mendapatkan skor yang lebih baik pada tes berikutnya.

“Siapa tahu skornya akan tinggi, namun jika lebih rendah, juga akan ada risikonya. Setiap tindakan selalu membawa risiko,” tambahnya.

Cara Mengecek Nilai SKD CPNS 2023

Cara Mengecek Nilai SKD CPNS 2023
Cara Mengecek Nilai SKD CPNS 2023

Cara untuk mengecek nilai SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS 2023 biasanya bergantung pada prosedur yang diterapkan oleh penyelenggara seleksi, seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Indonesia. Berikut dibawah ini adalah cara umum yang bisa Anda ikuti:

1.      Login ke Portal Resmi

Pastikan Anda memiliki akun di portal resmi yang digunakan untuk pengumuman hasil seleksi. Misalnya, portal SSCN BKN (Seleksi Calon Pegawai Negeri) di Indonesia.

2.      Masuk ke Akun Pribadi

Setelah login, masuk ke akun pribadi Anda menggunakan username dan password yang telah Anda daftarkan saat mendaftar.

3.      Cari Informasi Hasil Seleksi

Di dalam akun Anda, cari menu atau bagian yang menyediakan informasi mengenai hasil seleksi atau nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023. Biasanya, informasi ini terdapat di dashboard atau menu “Hasil Seleksi” atau sejenisnya.

4.      Input Data Pendukung

Beberapa sistem mungkin memerlukan input data tambahan, seperti nomor peserta atau nomor ujian, untuk mengakses hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023.

5.      Unduh atau Lihat Hasil

Setelah menemukan bagian yang sesuai, Anda biasanya dapat melihat atau mengunduh hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Anda. Hasil dapat ditampilkan dalam bentuk skor atau peringkat.

6.      Periksa Notifikasi

Pastikan untuk memeriksa apakah ada notifikasi atau pesan penting terkait hasil SKD CPNS 2023 yang perlu Anda perhatikan.

7.      Hubungi Pihak Penyelenggara

Jika Anda mengalami kesulitan atau ada pertanyaan terkait proses pemeriksaan nilai SKD CPNS 2023, Anda dapat menghubungi pihak penyelenggara seleksi melalui kontak yang disediakan.

Pastikan untuk selalu menggunakan portal resmi dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh instansi atau lembaga penyelenggara seleksi. Proses ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan sistem yang diterapkan oleh setiap penyelenggara seleksi.

Dengan demikian, peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dapat melihat bahwa meskipun ada kemungkinan sanggah yang ditolak, masih terdapat peluang untuk memanfaatkan hasil SKD CPNS 2023 dalam seleksi berikutnya. Suharmen memberikan keyakinan bahwa hasil tes tahun ini dapat digunakan kembali jika pemerintah membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di masa mendatang, dengan catatan penggunaan hanya satu kali lagi.

Namun, perlu diingat bahwa keputusan untuk menggunakan hasil SKD CPNS 2023 sebelumnya perlu dipertimbangkan secara matang. Meskipun ada fleksibilitas dalam aturan, Suharmen memberikan peringatan mengenai tingkat kompetisi yang semakin meningkat setiap tahunnya. Peserta dihimbau untuk melakukan persiapan yang lebih baik, mengambil hikmah dari pengalaman Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebelumnya, dan memanfaatkannya sebagai landasan untuk meraih skor yang lebih baik di masa depan.

Sebagai penutup, Suharmen mengingatkan bahwa setiap langkah yang diambil selalu membawa risiko. Oleh karena itu, peserta diingatkan untuk bijaksana dalam mengambil keputusan, dan kesuksesan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya bergantung pada satu percobaan. Dengan sikap pantang menyerah dan persiapan yang matang, diharapkan peserta dapat meraih hasil yang memuaskan pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berikutnya. Semoga kesempatan ini dapat menjadi motivasi untuk terus berkembang dan meraih kesuksesan dalam karier Aparatur Sipil Negara (ASN).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan