Kotaku
Home Cpns dan PPPK CPNS 2024 Kapan Dibuka? Cek Disini!

CPNS 2024 Kapan Dibuka? Cek Disini!

Kotaku.id CPNS 2024 Kapan Dibuka? Cek Disini! – Pemerintah telah memulai pembahasan terkait Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024, dan informasi ini telah diumumkan oleh kami. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana membuka sebanyak 1,3 juta formasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meskipun informasi ini masih bersifat tidak resmi, kabar yang beredar menyebutkan bahwa pengumuman mengenai seleksi CPNS 2024 direncanakan akan dilaksanakan antara bulan Februari hingga Maret 2024. Jika Anda memiliki niat untuk mengikuti seleksi CPNS 2024 pada tahun tersebut, disarankan untuk secara aktif mencari informasi terkini melalui media sosial atau melalui laman resmi instansi pemerintah, salah satunya adalah Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

CPNS 2024 Kapan Dibuka?

CPNS 2024 Kapan Dibuka?
CPNS 2024 Kapan Dibuka?

Bagi mereka yang belum berhasil melalui tahap seleksi CPNS tahun 2023, tahun 2024 akan membuka peluang baru bagi Anda untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Meskipun informasi resmi mengenai hal ini belum dirilis, kepastian akan adanya peluang tersebut semakin mendekat dengan berita bahwa pengumuman penerimaan CPNS 2024 dijadwalkan akan disampaikan pada bulan Februari.

Sebaiknya, segera siapkan diri Anda untuk menghadapi seleksi CPNS 2024, mengingat kemungkinan besar pendaftaran akan dibuka mulai pertengahan tahun. Saat ini, periode pendaftaran direncanakan untuk dimulai pada bulan Juni dan berlangsung hingga Juli 2024. Berikut adalah prediksi jadwal lengkap CPNS tahun 2024:

  • Pengumuman Penerimaan CPNS 2024: Februari atau Maret 2024
  • Periode Pendaftaran: Juni atau Juli 2024
  • Seleksi Administrasi: Juli atau Agustus 2024
  • Seleksi Kompetensi Dasar: September / Oktober 2024
  • Seleksi Kompetensi Bidang: November / Desember 2024
  • Pengumuman Kelulusan Akhir: Desember 2024

Untuk memastikan Anda selalu mendapatkan informasi terkini, disarankan untuk terus mengikuti perkembangan berita terkait penerimaan CPNS 2024 agar persiapan Anda dapat dilakukan secara optimal. Jangan lupa memperhatikan setiap pengumuman resmi yang mungkin dikeluarkan oleh instansi terkait.

Mulai Tahun 2024 Seleksi CPNS Dan PPPK Akan Dilakukan Setiap Tiga Bulan

Berdasarkan informasi yang dipetik dari sumber terpercaya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, telah mengumumkan bahwa proses perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan dilakukan lebih sering, yakni setiap tiga bulan sekali.

Keputusan ini diambil sebagai langkah implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam perundang-undangan tersebut, diatur bahwa seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka secara lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Dengan demikian, proses rekrutmen ke depan tidak lagi menjadi suatu ritual tahunan atau dua tahunan, karena setiap tiga bulan sekali akan diadakan rekrutmen ASN,” demikian diungkapkan Anas saat meresmikan acara RBXperience 2023 di Bali pada Selasa, 5 Desember 2023.

Beliau melanjutkan dengan memberikan contoh situasi di mana, misalnya, pada bulan Januari terdapat pegawai yang memasuki masa pensiun, dan dua tahun kemudian baru dilakukan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali. Dalam situasi semacam ini, risikonya adalah terjadinya pengangkatan tenaga honorer.

“Maka dari saat ini, siapa pun yang memasuki masa pensiun bisa mendaftar, dan juga rekrutmen Aparatur Sipil Negara akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Saat ini, sedang dilakukan koordinasi tingkat tinggi dengan kementerian atau lembaga terkait, sehingga posisi yang ditinggalkan tidak akan diisi oleh tenaga honorer, melainkan langsung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN),” tambahnya.

Meskipun rencananya adalah melakukan rekrutmen setiap tiga bulan sekali, namun perlu dicatat bahwa jumlah Aparatur Sipil Negara yang diterima kemungkinan akan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pegawai yang pensiun. Sebagai contoh, apabila terdapat 600 orang yang memasuki masa pensiun, kemungkinan hanya 200 orang yang akan direkrut sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), karena adanya upaya untuk merampingkan tenaga teknis melalui proses digitalisasi.

KEMENPAN-RB Akan Menyasar Lulusan Baru Pada 2024

KEMENPAN-RB Akan Menyasar Lulusan Baru Pada 2024
KEMENPAN-RB Akan Menyasar Lulusan Baru Pada 2024

Menuju pergantian tahun, kita akan menyaksikan adanya transformasi signifikan terkait proses seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan rencana perekrutan besar-besaran dalam format digital yang akan ditargetkan pada lulusan baru pada tahun 2024. Beredar kabar bahwa para calon pendaftar Aparatur Sipil Negara diarahkan untuk fokus pada tugas yang berkaitan dengan digitalisasi dalam lingkup birokrasi.

Anas menyinggung bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap sektor-sektor yang mengalami pertumbuhan positif dan yang stagnan. Terdapat banyak usulan formasi dari kepala daerah yang tidak mendapat persetujuan, mengingat beberapa di antaranya meminta penambahan tenaga perawat, sementara yang diusulkan adalah tenaga teknis di puskesmas.

Menurut Anas, sektor yang masih mengalami pertumbuhan positif adalah tenaga pengajar, dosen, dan tenaga kesehatan. Sementara itu, sektor yang diharapkan tidak mengalami penambahan adalah tenaga teknis fungsional dan pelaksana, karena sebagian dari mereka akan digantikan oleh tenaga digital.

Melalui pemetaan antara pertumbuhan positif dan stagnan, diharapkan bahwa proses digitalisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menciptakan birokrasi yang lebih efisien dan terstruktur. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan ini, pemerintah sedang dalam tahap penyelesaian peraturan turunan lainnya untuk mengimplementasikan undang-undang terkait.

Dengan langkah-langkah strategis ini, diharapkan bahwa perubahan besar dalam seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) CPNS 2024 dan implementasi digitalisasi birokrasi akan membawa dampak positif, menjadikan birokrasi lebih efisien dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Pemerintah terus berupaya merancang regulasi turunan guna merespons dinamika perubahan, sehingga realisasi dari rencana ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan pelayanan publik yang lebih baik.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad