Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Contoh Laporan Pendampingan Individu 1 Guru Penggerak Tahun 2024

Contoh Laporan Pendampingan Individu 1 Guru Penggerak Tahun 2024

Contoh Laporan Pendampingan Individu 1 Guru Penggerak Tahun 2024

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan pembahasan lengkap tentang Contoh Laporan Pendampingan Individu 1 Guru Penggerak Tahun 2024. Laporan pendampingan individu 1 adalah salah satu tugas yang wajib dikerjakan oleh calon guru penggerak (CGP) di dalam program Guru Penggerak.

Perlu diketahui, laporan ini memiliki tujuan untuk mendokumentasikan kegiatan CGP selama satu bulan pertama mengikuti program Guru Penggerak.

Laporan pendampingan individu 1 terdiri dari beberapa bagian, yakni sebagai berikut:

  • Biodata CGP
  • Refleksi awal guru
  • Aksi nyata
  • Refleksi aksi nyata
  • Kesimpulan

Dibawah ini merupakan contoh laporan pendampingan individu 1 guru penggerak tahun 2024:

Biodata CGP

  • Nama: Annisa
  • NIP: 987654321
  • Jabatan: Guru Kelas 5
  • Sekolah: SD N 12 Kota Purbalingga

Refleksi Awal Guru

Di dalam refleksi awal guru, CGP nantinya akan diminta untuk menceritakan tentang pengalaman mengajarnya, tantangan yang dihadapi. Dan harapannya setelah ikut serta dalam program Guru Penggerak.

Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap terkait refleksi awal guru dari Annisa:

“Saya telah mengajar selama 11 tahun. Selama ini, saya banyak menghadapi berbagai macam tantangan. Diantaranya seperti kesulitan dalam menghadapi murid yang kurang aktif, kesulitan memotivasi murid, dan kesulitan mengembangkan diri sebagai seorang guru.

Saya berharap setelah saya ikut serta dalam program Guru Penggerak, saya bisa menjadi guru yang jauh lebih baik. Saya ingin membuat pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi murid saya. Selain itu, saya juga ingin menjadi pemimpin pembelajaran di sekolah saya.”

Aksi Nyata

Aksi nyata adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh CGP untuk bisa menerapkan hasil pembelajaran daring. Tidak hanya itu, aksi nyata juga harus bisa sesuai dengan topik pembelajaran daring yang telah diikuti.

Dibawah ini merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh Annisa:

“Saya melaksanakan aksi nyata dengan cara menerapkan budaya positif di dalam kelas. Saya membuat kesepakatan kelas bersama dengan siswa tentang nilai yang ingin ditanamkan. Seperti kejujuran, kedisiplinan, dan saling menghormati sesama. Saya juga membuat berbagai macam kegiatan untuk menanamkan nilai tersebut, misalnya seperti pembiasaan berdoa bersama, piket kelas, serta penghargaan untuk siswa yang berperilaku baik.

Hasil dari aksi nyata ini yaitu adanya perubahan perilaku siswa di dalam kelas. Siswa menjadi lebih aktif, lebih disiplin, dan lebih saling menghormati.”

Refleksi Aksi Nyata

Di dalam refleksi aksi nyata, CGP diminta untuk menceritakan terkait hasil dari aksi nyata yang telah dilakukan. CGP juga diminta menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan aksi nyata.

Dibawah ini merupakan refleksi aksi nyata dari Annisa:

“Hasil dari aksi nyata ini yaitu adanya perubahan perilaku siswa di dalam kelas. Siswa menjadi lebih aktif, lebih disiplin, serta lebih saling menghormati. Saya juga merasa senang dengan hasil ini.

Faktor yang mendukung keberhasilan aksi nyata ini yaitu dukungan dari kepala sekolah, dukungan dari rekan sejawat, serta partisipasi aktif dari para siswa. Faktor yang menghambat keberhasilan aksi nyata adalah waktu yang terbatas serta kurangnya sarana dan prasarana.”

Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, Calon Guru Penggerak nantinya akan diminta untuk menyimpulkan hasil dari laporan pendampingan individu 1. Calon Guru PenggeRak juga nantinya akan diminta untuk menyampaikan rencana tindak lanjut untuk bulan selanjutnya.

Berikut merupakan kesimpulan dari laporan pendampingan individu 1 Annisa:

“Saya sangat senang dengan hasil dari laporan pendampingan individu 1 ini. Saya juga telah belajar banyak hal dan saya merasa lebih siap menjadi seorang guru penggerak.

Rencana tindak lanjut untuk bulan berikutnya yaitu saya akan melanjutkan aksi nyata dengan cara menerapkan budaya positif di dalam kelas. Saya juga akan mengembangkan diri dengan ikut serta dalam pelatihan dan seminar yang relevan.”

Tips Jitu Menulis Laporan Pendampingan Individu 1

Dibawah ini merupakan informasi tambahan terkait beberapa tips untuk menulis laporan pendampingan individu 1:

  • Menyiapkan materi dengan baik. Sebelum Anda menulis laporan, maka pastikan Anda telah menyiapkan materi yang dibutuhkan, seperti refleksi awal guru, aksi nyata, serta refleksi aksi nyata.
  • Menulis laporan dengan jelas dan ringkas. Laporan juga harus bisa dibaca dengan mudah dan dipahami oleh pembacanya.
  • Pakai bahasa yang formal. Laporan merupakan sebuah dokumen formal, oleh sebab itu gunakan bahasa yang formal.
  • Tunjukkan bukti-bukti. Untuk bisa mendukung pernyataan Anda, maka Anda bisa tunjukkan bukti-bukti yang relevan.
  • Koreksi kembali laporan Anda sebelum disubmit. Pastikan laporan yang telah Anda tidak ada kesalahan grammar ataupun typo.

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait contoh laporan pendampingan individu 1 guru penggerak tahun 2024. Demikian pembahasan kali ini, semoga contoh laporan pendampingan individu 1 guru penggerak dan tips di atas bisa membantu Anda menulis laporan pendampingan individu 1 dengan baik.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan