Kotaku
Home Cpns dan PPPK Cek Syarat Umum PPPK Nakes 2023

Cek Syarat Umum PPPK Nakes 2023

PPPK Nakes 2023 1

Kotaku.id Cek Syarat Umum PPPK Nakes 2023. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja PPPK Nakes merupakan bagian dari seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang bertujuan untuk mengisi posisi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Indonesia. Menurut informasi yang dapat ditemukan di laman Frequently Asked Questions (FAQ) dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) pada tanggal 27 September 2023 di laman sscasn.bkn.go.id untuk pendaftarannya. semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di bidang kesehatan diizinkan untuk mendaftar.

 

Syarat Umum PPPK Nakes 2023
PPPK Nakes

 

Namun, Nakes harus memenuhi berbagai persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai dengan SE Dirjen Nakes Nomor 1365 Tahun 2023 dan Nomor 2181 Tahun 2023. Selain itu, terdapat ketentuan persyaratan lain yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah informasi lebih rinci.

Syarat Umum PPPK Nakes 2023

Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk sektor kesehatan tahun 2023 menjadi magnet bagi banyak individu yang ingin berkontribusi dalam sistem pelayanan kesehatan Indonesia. Dalam upaya untuk memastikan bahwa calon-calon PPPK Nakes memenuhi persyaratan yang diperlukan, berikut adalah syarat-syarat umum yang harus dipenuhi:

1.     Kewarganegaraan Indonesia

Calon PPPK Tenaga Kesehatan harus menjadi warga negara Indonesia yang sah. Kewarganegaraan adalah salah satu syarat utama untuk berpartisipasi dalam proses rekrutmen ini. Dikarenakan program PPPK hanya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia.

2.     Usia yang Memenuhi Kriteria

Peserta harus memiliki usia yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Rincian tentang batasan usia ini akan diumumkan dalam pengumuman rekrutmen resmi.

3.     Pendidikan Minimal Sarjana

Calon PPPK Tenaga Kesehatan harus memiliki gelar sarjana atau setara di bidang yang relevan dengan posisi yang mereka lamar. Sebagai contoh, untuk posisi perawat, calon harus memiliki gelar sarjana keperawatan yang diakui.

4.     Pengalaman Kerja yang Dibutuhkan

Salah satu syarat khusus adalah memiliki pengalaman kerja minimal selama dua tahun di bidang yang terkait dengan posisi yang dilamar. Ini berlaku terutama untuk posisi-posisi yang memerlukan pengalaman klinis, seperti dokter atau perawat.

5.     Surat Tanda Registrasi (STR)

Beberapa posisi PPPK Nakes 2023 mengharuskan pelamar memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memenuhi syarat kompetensi dalam bidang mereka. Ini adalah persyaratan penting karena menunjukkan bahwa calon memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk praktik kesehatan.

6.     Kesehatan Fisik dan Mental yang Baik

Kesehatan fisik dan mental yang baik juga menjadi syarat penting. Calon harus menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa mereka dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik dan aman. Pastikan agar tetap menjaga tubuh tetap bugar dan kontrol kesehatan secara berkala.

Tips Lolos PPPK Nakes 2023

Untuk lolos dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan (Nakes) 2023, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti beberapa tips berikut:

 

Tips Lolos PPPK Nakes 2023
PPPK Nakes

 

1.     Pahami Syarat dan Ketentuan

Teliti syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pendaftaran PPPK Nakes tahun 2023. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, termasuk persyaratan pendidikan dan dokumen-dokumen yang diperlukan.

2.     Persiapkan Dokumen dengan Teliti

Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran, seperti ijazah, transkrip nilai, dan dokumen identitas, dalam kondisi lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

3.     Perkuat Pendidikan dan Kompetensi

Tingkatkan pendidikan dan keterampilan Anda sesuai dengan bidang Nakes yang Anda minati. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup dan kompetensi yang diperlukan.

4.     Persiapan Mental dan Fisik

Siapkan diri secara mental dan fisik untuk menghadapi tes-tes yang mungkin termasuk dalam seleksi, seperti ujian tertulis, wawancara, atau tes kesehatan. Istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan fisik sangat penting.

5.     Pelajari Materi Ujian

Jika ada ujian tertulis, pelajari materi yang akan diujikan dengan baik. Gunakan buku referensi, sumber online, atau kursus persiapan jika diperlukan. Mengikuti bimbel juga sangat disangat disarankan. Karena dalam bimbel terdapat ujian try out untuk persiapan kematangan mengikuti tes nantinya.

6.     Praktikkan Kemampan Berkomunikasi

Jika ada tahap wawancara, praktikkan kemampan berkomunikasi dan berbicara dengan jelas. Persiapkan diri dengan menjawab pertanyaan umum yang mungkin diajukan dalam wawancara.

7.     Berlatih Soal-soal Ujian

Jika ada tes tertulis, latihan soal-soal ujian sebanyak mungkin. Ini akan membantu Anda memahami format ujian dan meningkatkan keterampilan mengerjakan soal. Ikutilah bimbel untuk menunjang kesiapan mengikuti tes agar lulus.

8.     Ikuti Panduan Resmi

Pastikan Anda mengikuti semua petunjuk yang diberikan oleh panitia seleksi resmi. Ikuti prosedur pendaftaran dan pengisian formulir dengan benar.

9.     Jaga Informasi Terbaru

Pantau laman resmi sscasn.bkn.go.id atau sumber informasi terpercaya untuk mendapatkan pembaruan terkait seleksi PPPK Nakes 2023. Pastikan Anda tidak melewatkan informasi penting.

10.  Pertahankan Semangat Positif

Pertahankan semangat positif dan juga percaya diri. Persaingan mungkin ketat, tetapi dengan persiapan yang baik dan sikap yang positif, Anda memiliki peluang untuk berhasil.

Selalu ingat bahwa persiapan yang matang dan disiplin adalah kunci untuk meningkatkan peluang Anda dalam lolos seleksi PPPK Nakes 2023.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad