Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Cara Cek Linieritas PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024

Cara Cek Linieritas PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024

Cara Cek Linieritas PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan pembahasan tentang cara cek linieritas PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024.

PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 akan segera dibuka. Bagi Anda para calon peserta yang akan mendaftar, salah satu syaratnya yaitu mempunyai linieritas program studi dengan mata pelajaran yang akan diambil.

Mengenal Linieritas PPG Prajabatan

Linieritas PPG Prajabatan merupakan suatu kesesuaian antara program studi dengan mata pelajaran yang akan diambil/diampu oleh guru. Linieritas ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa para guru mempunyai kompetensi yang sesuai dengan mata pelajaran yang nantinya akan diampunya.

Cara Cek Linieritas PPG Prajabatan 2024

Para calon peserta PPG Prajabatan bisa melakukan cek linieritas lewat laman resmi PPG Kemendikbudristek. Berikut ini merupakan langkah tepatnya:

  1. Silahkan Anda bukan laman resmi PPG Kemendikbudristek.
  2. Jika sudah tekan menu “Cek Linieritas”.
  3. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan tanggal lahir calon peserta.
  4. Tekan “Cek”.

Setelah para calon peserta melakukan cek linieritas, selanjutnya calon peserta akan mendapatkan hasil yang berupa keterangan “linier” atau “tidak linier“. Jika hasil dari cek linieritas menunjukkan “linier”, maka para calon peserta bisa mendaftar PPG Prajabatan.

Akan tetapi, jika hasil cek linieritas menunjukkan bahwa”tidak linier“, maka calon peserta harus melakukan penyesuaian program studinya terlebih dahulu.

Deretan Program Studi Linier PPG Prajabatan 2024

Cara Cek Linieritas PPG Prajabatan Gelombang 2024
Cara Cek Linieritas PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 5

Dibawah ini merupakan daftar program studi linier PPG Prajabatan 2024:

  • Guru Kelas SD: Program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), pendidikan guru prasekolah (PGPP), dan pendidikan guru anak usia dini (PG-AUD).
  • Bahasa Indonesia: Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (PBSI), Program studi pendidikan bahasa Indonesia (PBI), dan pendidikan bahasa Indonesia dan sastra daerah (PBISD).
  • Matematika: Pendidikan matematika dan sains (PMS), Program studi pendidikan matematika (PM), dan pendidikan matematika dan statistika (PMS).
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan: Pendidikan kesehatan (PK), Program studi pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), dan pendidikan olahraga (PO).
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS):  Pendidikan sejarah (PS), Program studi pendidikan IPS (PI), Pendidikan Geografi (PG), dan Pendidikan Ekonomi (PE).
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn): Program studi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn).
  • Sejarah: Program studi pendidikan sejarah (PS).
  • Seni Budaya: Pendidikan seni musik (PSM), pendidikan seni tari (PST), Program studi pendidikan seni rupa (PSR), dan pendidikan seni drama, tari, dan musik (PSTDTM).

Perlu diketahui, cek linieritas PPG Prajabatan adalah salah satu syarat penting yang wajib dipenuhi oleh para calon peserta.

Calon peserta bisa melakukan cek linieritas lewat laman resmi PPG Kemendikbudristek. Jika nantinya hasil cek linieritas menunjukkan “tidak linier”, maka calon peserta harus melakukan penyesuaian program studi terlebih dahulu.

Demikian pembahasan mengenai cara cek linieritas PPG Gelombang 1 Tahun Anggaran 2024. Semoga pembahasan cara cek linieritas PPPG Gelombang 1 Tahun 2024 di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan