Kotaku
Home Lainnya 7 Contoh Kegiatan KKN Bermanfaat dan Menarik untuk Mahasiswa

7 Contoh Kegiatan KKN Bermanfaat dan Menarik untuk Mahasiswa

Apa saja contoh kegiatan KKN? Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk kegiatan mahasiswa untuk dapat menerapkan ilmu di perkuliahan dalam lingkungan masyarakat. Mahasiswa akan diajak terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat, untuk mendapatkan pemahaman dan pengamalan tentang realitas sosial.

Secara umum program ini dilaksanakan pada saat mahasiswa masuk ke semester 5, 6 atau 7. Banyak kegiatan KKN yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam lingkungan masyarakat. Mahasiswa akan merancang program apa saja yang akan dilakukan selama terjun ke masyarakat.

Kegiatan KKN tersebut harus memiliki manfaat bagi masyarakat dan berguna di lingkungan mereka ditempatkan. Untuk mengetahui apa saja kegiatan yang dapat menjadi program KKN simak ulasan kotaku.id dibawah ini.

Contoh Kegiatan KKN

Mahasiswa melakukan program KKN dalam upaya berpartisipasi aktif untuk meningkatkan potensi masyarakat setempat. Program kerja yang dijalankan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan keadaan masyarakat. Kegiatan KKN juga harus ada manfaatnya bagi masyarakat setempat, sehingga biasanya disesuaikan dengan kondisi di tempat tersebut.

Kegiatan-kegiatan berikut ini adalah contoh program kerja yang dapat dilakukan oleh mahasiswa KKN, dan dapat dijadikan inspirasi sesuai dengan kondisi dan keadaan masyarakat.

Menggerakkan Pengolahan Limbah

Sampah menjadi salah satu masalah yang biasanya terdapat di berbagai wilayah Indonesia. Biasanya permasalahan sampah terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah ditempat nya. Jika di wilayah mahasiswa KKN terdapat permasalahan sampah, maka menjalankan program pengolahan sampah menjadi kegiatan yang akan sangat membantu masyarakat sekitar.

Berbagai program kerja seperti sosialisasi hingga pengelolaan sampah dapat dijalankan mahasiswa. Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan menyediakan tempat sampah untuk masing-masing kategori seperti organik dan anorganik. Kemudian juga dapat membuat bank sampah, untuk kegiatan pendaur ulangan sampah dari masyarakat sekitar. Kemudian mahasiswa juga dapat menambahkan kegiatan kerja bakti membersihkan sungai atau tempat-tempat yang banyak sampah nya.

Kegiatan Literasi

Kemampuan literasi adalah keterampilan yang penting dan harus dikuasai oleh generasi anak muda sekarang. Untuk menumbuhkan kemampuan literasi dapat dijadikan tema dari contoh program kerja KKN untuk mahasiswa. Untuk meningkatkan literasi ini, rahasia dapat membuat “pojok baca”, atau tempat yang terdapat banyak buku untuk dibaca anak-anak di lingkungan tersebut.

Sebelum membuat pojok baca, mahasiswa dapat menggelar aksi penyumbangan buku yang akan digunakan pada program tersebut. Selain itu, mahasiswa juga dapat memberikan berbagai kegiatan seperti membaca cerita bersama, atau kegiatan membaca bersama. Mahasiswa juga dapat mengunjungi sekolah-sekolah di lingkungan tempat KKN, untuk memberikan sosialisasi pentingnya membaca.

Mengajarkan Kesenian Daerah

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, membuat nilai-nilai budaya daerah akan semakin tergerus jika tidak dilestarikan. Upaya melestarikan mahasiswa KKN saat membuat program untuk mengajar kesenian. Beberbaia kegiatan tentang pengenalan budaya Indonesia dapat dilakukan.

Misalnya, mengenalkan anak-anak tentang berbagai alat musik. Kemudian mahasiswa dapat mengajarkan kesenian daerah seperti tari tradisional, menyanyi tradisional atau kesenian daerah lain sesuai dengan ciri khas daera tempat KKN dilakukan. Program ini akan jadi salah satu kegiatan untuk melestarikan budaya dan kesenian daerah agar tidak punah. Program ini dapat diisi juga dengan pertunjukan seni yang akan diadakan setelah satu bulan atau 2  bulan setelahnya.

Penghijauan dengan Hidroponik

Pertanian hidroponik dapat mendorong masyarakat untuk mengajukan lingkungannya serta memanfaatkan pekarangan mereka. Karena dengan pertanian hidroponik dapat dilakukan bahkan di lahan yang sempit dna tidak membuka banyak perawatan. Dengan hidroponik, warga dapat emna tanaman seperti sayur-sayuran .

Sehingga seakan, memanfaatkan pekarangan hasil dari hidroponik juga dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri dengan kualitas sayuran yang lebih sehat. Pertanian hidroponik ini dapat menjadi kegiatan KKN yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjadi program kerjanya.

Pelatihan Teknologi

Penggunaan teknologi seperti komputer, internet atau aplikasi sudah menjadi hal yang biasa di zaman sekarang ini. Namun, terkadang masih ada beberapa wilayah yang pemanfaatan teknologi-nya masih belum berkembang. Jika mahasiswa mendapatkan masalah seperti itu, maka melakukan pelatihan teknologi adalah salah satu kegiatan KKN yang dapat diterapkan sebagai program kerja.

Hal yang dapat direncanakan antara lain dalam memberikan pelatihan komputer bagi anak-anak di lingkungan masyarakat. Atau melakukan pelatihan pemanfaatan media sosial dengan positif.

Pelatihan Wirausaha

Beberapa wilayah di Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam namun banyak yang belum dapat memanfaatkan dengan baik. Pelatihan kewirausahaan dapat menjadi salah satu kegiatan KKN yang dapat menjadi program kerja. Pelatih wirausaha ini dapat dilakukan di kalangan anak muda bahkan ibu-ibu. Pelatihan kewirausahaan dapat memanfaatkan produk=produk lokal sebagai produk usaha. Kegiatan ini dapat membantu warga yang ingin memenangkan kemampuan dan mencari penghasilan. Selain itu, pemanfaatan produk lokal juga akan semakin berkembang.

Mengadakan Program Kursus Berbagai bidang

Program kursus dalam bergaya yang dapat membantu masyarakat, karena dengan mengikuti kursus akan mendapat keterampilan baru. Kemampuan ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk menanyakan sebuah usaha. Program kurus yang dimaksud dapat berupa berbagai kegiatan tergantung kondisi masyarakat. Misalnya kursus menjahit, kursus baking, kursus memasak, arau kursus membuat kerajinan tangan. Selain itu mahasiswa juga dapat membuat kurus digital seperti kurus desain atauu fotografi yang ditujukan pada anak-anak di sekitar lingkungan tersebut.

Demikian adalah berbagai contoh kegiatan KKN yang menarik dan bermanfaat bagi warga setempat untuk menjadi program kerja mahasiswa.

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad