Kotaku
Home Keuangan 5 Aplikasi Pencatat Keuangan Pribadi Yang Bikin Mudah Atur Cash Flow

5 Aplikasi Pencatat Keuangan Pribadi Yang Bikin Mudah Atur Cash Flow

sasun bughdaryan eYoAbih riY unsplash 1

KOTAKU.ID – Melakukan perencanaan keuangan yang baik akan membuat kondisi finansial aman. Selain itu, Anda juga akan mengetahui arus uang masuk dan keluar. Jadi, istilah gaji numpang lewat bisa tahu apa penyebabnya ketika Anda melakukan pencatatan keuangan. Pencatatan keuangan bisa dilakukan dengan mudah melalui notes ataupun catatan tertentu. 

Tapi, saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi pencatatan keuangan pribadi gratis yang bisa diunduh melalui smartphone. Melalui aplikasi ini tentu ada banyak sekali fitur yang memudahkan kamu mengatur cash flow mingguan, bahkan bulanan. Untuk itu, yuk simak beberapa rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan terbaik berikut ini :

1. Money Manager

Salah satu rekomendasi aplikasi pencatat keuangan pribadi yang bisa Anda gunakan adalah Money Manager. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik yang memudahkan Anda mengelola keuangan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Lewat aplikasi untuk pencatatan keuangan Money Manager Anda juga bisa membuat kategori pengeluaran dan pemasukan sesuai keinginan.

Kelebihan lain dari Money Manager adalah adanya fitur passcode atau PIN. Sehingga tidak semua orang bisa mengakses pencatatan keuangan Anda. Selain itu, data yang ada pada aplikasi ini juga bisa di backup dan restore. Jadi, memudahkan Anda ketika ingin melihat cash flow beberapa bulan sebelumnya. Laporan pencatatan keuangan Anda pun bisa diunduh dalam bentuk PDF. 

2. Spendee

Tidak kalah menarik dengan sebelumnya, ada aplikasi pencatat keuangan sederhana melalui Spendee. Lewat aplikasi ini Anda bisa menghubungkan e-wallet sampai dengan akun perbankan. Jadi, akan sangat memudahkan Anda melihat cash flow setiap bulannya.

Selain itu, aplikasi pencatatan keuangan IOS dan Android Spendee juga memiliki fitur Joint Funding. Jadi, cocok digunakan Anda yang baru saja berumah tangga. Keunggulan lainnya lain, Spendee juga tersedia dengan berbagai tipe mata uang. Yang artinya, meskipun berlibur ke luar negeri, tetap bisa melakukan pencatatan keuangan dengan aman. Jadi, tidak perlu cemas pencatatan keuangan harian tetap bisa dilakukan. 

3. Finansialku

Berikutnya ada aplikasi pencatatan keuangan Android maupun IOS Finansialku. Aplikasi ini cocok digunakan mencapai tujuan finansial dan laporan keuangan harian. Lewat Finansialku Anda bisa mengatur pengeluaran maupun pendapatan supaya lebih efisien.

Keuntungan lain dari aplikasi pencatatan keuangan harian ini memberikan catatan proses menabung supaya bisa mencapai tujuan finansial. Contohnya untuk tabungan berangkat umroh, Anda akan diberikan rekomendasi besaran dana yang harus dikumpulkan. Uniknya lagi Finansialku juga memiliki sertifikat CFP (Certified Financial Planner).

4. DompetKu

Pertama, Anda bisa mengelola keuangan menggunakan aplikasi DompetKu yang memiliki sejumlah fitur menarik.

Misalnya, Anda tidak hanya bisa mencatat transaksi pengeluaran atau pembelian saja, tapi juga utang dan uang yang dipinjamkan ke orang lain.

Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah memantau proses pelunasannya. Sayangnya, aplikasi pencatat keuangan pribadi ini baru tersedia di Android saja.

5. Money Lover 

Money lover adalah aplikasi pencatat keuangan gratis yang memiliki tampilan simple dan mudah digunakan.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama yang bisa dipakai untuk merencanakan keuangan, mencatat pengeluaran, dan menabung.

Lebih dari itu, aplikasi Money Lover juga bisa memberimu report pengeluaran yang kamu lakukan selama satu bulan.

Yuk tunggu apalagi! setelah membaca beberapa rekomendasi aplikasi pencatat keuangan pribadi diatas Anda tidak perlu pusing lagi. Melalui aplikasi pencatatan keuangan Anda bisa mengatur cash flow dengan mudah. Jadi, pengeluaran dan pendapatan bisa terlihat dengan jelas dalam satu aplikasi. Selain dimudahkan dalam pengaturan cash flow, Anda juga bisa belajar investasi di aplikasi tersebut.

Untuk tips dan trick Seputar Investasi, anda bisa mengunjungi website kelasinvestasi Agar keuangan anda termanage dan tetata untuk masa depan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad