35 Contoh Kata Sandang dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, dan Jenis-Jenisnya

- Penulis

Thursday, 28 December 2023 - 17:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1300x1080 11

1300x1080 11

Kotaku.id - Bagi para siswa yang sudah duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 4 atau 5 pasti sudah tidak asing dengan contoh kata sandang. Bahkan, bagi Anda yang hobi membaca, baik berita maupun cerita, baik itu cerita fiksi maupun nonfiksi Anda juga sering menemukan contoh kata sandang ini. Penggunaan kata ini biasanya digunakan untuk mendampingi kata benda, baik berupa nama atau kata ganti.

Seperti beberapa penggunaan contoh kata sandang adalah pada kata Si kancil dan Sang raja. Pada dasarnya, kata sandang memiliki arti yang saling terhubung dengan kata yang lainnya. Hal ini karena kata tersebut tidak memiliki makna tersendiri. Oleh karena itu, penggunaan kata sandang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan penafsiran ganda. Berikut ini adalah pengertian, jenis-jenis dan contoh kata sandang selengkapnya.

Pengertian Kata Sandang

Contoh kata sandang

Sebelum mengetahui contoh kata sandang, maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui arti dari kata sandang itu sendiri. Dilansir dari Buku Pintar Bahasa Indonesia SD untuk Kelas 4, 5, & 6 (2010) oleh Enung Nuraeni, M.Pd, dan Tim Elpena. Kata sandang adalah kata yang mendampingi kata benda yang menunjukkan nama diri, julukan dan nama ganti.

Sedangkan dalam situs Kemdikbud, kata sandang biasa ditulis sebelum kata benda. Penulisannya dipisah dari kata benda yang mengikutinya.Misalnya si kucing, si pembeli, sang suami, sang kakek. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi kata sandang hanya dipaparkan sebagai “artikel”.

Kata artikel adalah kata yang difungsikan sebagai pengiring yang mengambil kata-kata tertentu, sehingga makna dari kata sandang selaras dengan kata benda yang diikutinya. Atau secara lebih spesifik, artikel kata sandang akan menyertai suatu kata benda yang berkedudukan sebagai subjek atau pun objek hidup. Pada umumnya, kata ini tidak memiliki arti khusus dan hanya memiliki makna kompilasi diiringi oleh kata sifat atau kata benda yang lain.

Baca Juga:  15 Soal IPA Kelas 9 SMP MTs Materi Pembelahan Sel dengan Jawabannya

Maka dengan begitu, penggunaan contoh kata sandang sudah pasti merupakan frasa dan bukan otonom. Kata sandang memang tidak memiliki makna khusus, namun keberadaannya cukup penting untuk memperjelas posisi subjek atau objek. Pada sisi lain, beberapa jenis kata sandang dapat memberikan kesan positif dan tinggi.

Misalnya penggunaan contoh kata sandang “sri” khusus pada Sri Raja atau Sri Baginda. Kata sandang adalah ragam perkataan atau tutur kata dalam materi pelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan, dilansir dari dosenbahasa.com, kata sandang merupakan suatu kata yang tidak memiliki makna atau arti khusus. Dan dipergunakan untuk memperjelas kata benda yang letaknya berada di depan kata benda tersebut. Makna dari kata sandang sendiri tergantung dengan kata yang diikutinya.

Fungsi dan Jenis-Jenis Kata Sandang

Contoh kata sandang

Selanjutnya, sebelum mengetahui contoh kata sandang, Anda juga perlu mengetahui fungsi dan juga jenis-jenisnya terlebih dahulu. Kata sandang memiliki fungsi untuk membedakan suatu kata dan frasa, serta untuk membentuk kata benda atau kata ganti orang. Secara garis besar, kata sandang terbagi menjadi tiga jenis yaitu kata sandang tunggal, kata sandang jamak, dan kata sandang netral.

Kata sandang mempunyai beberapa keistimewaan, antara lain dapat penggunaan contoh kata sandang untuk menyertai kata benda dalam bentuk dasar. Kata benda yang terbentuk dari kata kerja, pronomina, serta kata kerja pasif. Sedangkan dalam buku EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan (2008) oleh Ernawati Waridah, menyebutkan bahwa jenis kata sandang bisa dibedakan berdasarkan bentuk objeknya maupun fungsinya.

Baca Juga:  PPPK Part Time Akan Menggantikan Tenaga Honorer, Ini Alasannya!

1. Jenis Kata Sandang Berdasarkan Objeknya

Berdasarkan bentuk objeknya, kata sandang terbagi menjadi empat jenis yaitu:

  • Kata sandang yang mendampingi kata benda dasar. Contoh kata sandang pada kata: si kera, sang dewa, para murid, si tompel, sang pendekar.
  • Kata sandang yang mendampingi kata benda yang dibentuk dari kata dasar. Contoh kata sandang: si tersangka, si pekerja, si pengamen, si perampok.
  • Kata sandang yang mendampingi kata ganti. Contoh kata sandang: si dia, si anu.
  • Kata sandang yang mendampingi kata kerja pasif. Contoh kata sandang: si terdakwa, kaum teraniaya, kaum terpinggirkan.

2. Jenis Kata Sandang Berdasarkan Fungsinya

Sedangkan berdasarkan fungsinya, kata sandang terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang bermakna tunggal dan kelompok.

Kata Sandang Bermakna Tunggal. Untuk kata sandang bermakna tunggal misalnya adalah,

  • Si, biasanya digunakan untuk mendampingi kata benda tunggal, contoh kata sandang: si tikus, si fulan, si Jaka. Menyatakan ejekan, keakraban, atau personifikasi. Contoh kata sandang: si gondrong, si gendut, si lucu.
  • Sang, penggunaannya biasanya untuk meninggikan harkat kata yang didampingi. Contoh kata sandang: sang saka, sang Merah Putih, sang maestro.
  • Sri, biasanya digunakan khusus bagi orang yang sangat dihormati. Contoh kata sandang: Sri Ratu dan Sri Baginda.

3. Kata Sandang Bermakna Kelompok

Berita Terkait

Jawaban Mengapa Pendidikan Anak Perlu Mempertimbangkan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman
Ingin Jadi Instruktur PPG 2024? Berikut Persyaratan Yang Harus Anda Penuhi
Jawaban Soal Apa Persamaan Dan Perbedaan Antara Proses Pembelajaran Pada Zaman Kolonial Dengan Proses Pembelajaran Saat Ini
Memahami Koneksi Antar Materi Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi
Jawaban PMM, Pernyataan yang Tepat Mengenai Perubahan Kurikulum Adalah…
Apakah Anda Merasa Sudah Melaksanakan Pemikiran KHD dan Memiliki Kemerdekaan dalam Menjalankan Aktivitas sebagai Guru?
Contoh Surat Undangan Pengambilan Raport Paling Sopan dan Formal
Ada Beberapa Kriteria Siswa SMP Yang tidak Bisa ikut PPDB, Cek apakah Kamu Termasuk ?
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 20 June 2024 - 16:32 WIB

Jawaban Mengapa Pendidikan Anak Perlu Mempertimbangkan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman

Thursday, 20 June 2024 - 15:11 WIB

Ingin Jadi Instruktur PPG 2024? Berikut Persyaratan Yang Harus Anda Penuhi

Thursday, 20 June 2024 - 08:21 WIB

Jawaban Soal Apa Persamaan Dan Perbedaan Antara Proses Pembelajaran Pada Zaman Kolonial Dengan Proses Pembelajaran Saat Ini

Wednesday, 19 June 2024 - 19:06 WIB

Jawaban PMM, Pernyataan yang Tepat Mengenai Perubahan Kurikulum Adalah…

Wednesday, 19 June 2024 - 18:52 WIB

Apakah Anda Merasa Sudah Melaksanakan Pemikiran KHD dan Memiliki Kemerdekaan dalam Menjalankan Aktivitas sebagai Guru?

Berita Terbaru

Sertifikasi Guru

Cek Rekening!! TPG TW 2 Resmi di Cairkan Lebih Cepat Tidak Sampai Awal Juli

Thursday, 20 Jun 2024 - 06:01 WIB