Kotaku
Home Pendidikan Pembelajaran 8 Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat dan Strukturnya

8 Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat dan Strukturnya

Kotaku.id - Apa itu teks eksposisi definisi? Untuk menjabarkan atau menginformasikan suatu obyek secara rinci dan lengkap diperlukan teks eksposisi definisi. Termasuk untuk mengungkap pendapat serta gagasan, agar terlihat lebih jelas juga diperlukan contoh teks eksposisi definisi yang tepat. Menurut buku Mari Belajar Bahasa Indonesia, Asri Wijayanti, ‎Herpindo, ‎Dina Priyatiningrum (2022:37).

Pengertian teks eksposisi definisi adalah bentuk teks yang memberitahukan dan menggambarkan pengertian mengenai objek yang dibahas dalam sebuah teks.Dan bagi Anda yang hobi membaca, baik buku maupun di Kotaku.id ada banyak struktur bacaan yang bisa Anda temukan, seperti teks eksposisi definisi.

Dalam penyusunan teks eksposisi definisi haruslah berdasarkan perspektif penulis tentang suatu informasi tertentu. Salah satu jenisnya adalah teks eksposisi definisi yang bisa kamu pelajari lebih dalam melalui artikel ini.

Struktur Teks Eksposisi Definisi

Contoh teks eksposisi definisi

Setelah memahami pengertian teks eksposisi definisi, maka langkah selanjutnya adalah memahami struktur penyusunannya. Dalam menyusun teks eksposisi harus menggunakan struktur penulisan yang benar. Berikut ini adalah struktur teks eksposisi definisi yang harus Anda pahami.

1. Tesis atau Pendahuluan

Struktur teks eksposisi definisi yang pertama adalah tesis atau pendahuluan. Bagian pertama teks eksposisi definisi yang harus Anda pahami adalah pada pendahuluan atau tesis bacaan. Pada bagian ini berisi tentang ide atau gagasan pokok dari teks. Dan pada bagian tesis ini, penulis akan memberikan pengetahuan atau inti dari informasi kepada pembaca.

2. Argumentasi atau Penjelasan

Struktur teks eksposisi yang selanjutnya adalah bagian argumentasi atau penjelasan dari gagasan pokok. Pada bagian ini penulis akan memberikan penjelasan atau penjabaran tentang latar belakang dari ide pokok yang dipilih yang diperkuat dengan sajian fakta. Pada contoh teks eksposisi definisi ini, biasanya Anda akan menemukan uraian seputar pendapat para ahli, hasil penelitian dan sebagainya.

3. Kesimpulan atau Penegasan Ulang

Struktur paragraf teks eksposisi definisi yang terakhir adalah kesimpulan atau penegasan ulang. Bagian ini merupakan penutup dari paragraf eksposisi. Pada bagian ini, penulis akan menyajikan ulang tujuan penulisan secara jelas dan singkat pada akhir paragraf.

Contoh Teks Eksposisi Definisi dengan Berbagai Tema

Contoh teks eksposisi definisi

Seperti yang sudah Anda tahu sebelumnya, teks eksposisi definisi memiliki fungsi untuk menguraikan suatu objek secara lengkap dan rinci. Hal ini tentunya sama dengan tulisan eksposisi secara umum. Hanya saja yang membedakannya adalah pada tujuan pembuatan teks.

Adapun tujuan pembuatan teks eksposisi definisi ini adalah untuk menjabarkan pengertian dari istilah atau definisi, permasalahan objek atau topik pembahasan. Agar lebih mudah memahaminya, berikut ini ada sejumlah contoh teks eksposisi definisi. Anda bisa mulai mengamati dan mempelajari bagaimana struktur pada teks berikut.

1. Contoh Teks Eksposisi Definisi Matahari

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi dengan judul Matahari.

Matahari adalah bintang yang menjadi pusat tata surya, yang memancarkan panas dan cahaya ke Bumi dan planet-planet lain yang mengedarinya. Sebagian besar kandungan yang terdapat dalam Matahari adalah berupa hidrogen dan helium. Lalu, di manakah letak Matahari? Matahari terletak di galaksi terbesar yang bernama Bima Sakti.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan Bumi. Adapun pengertian Matahari adalah benda panas yang tersusun dari gas bertekanan tinggi dengan diameter Matahari 109 kali diameter Bumi, yaitu 1,4 juta km. Meskipun Matahari itu berbentuk gas, beratnya lebih dari 300.000 kali berat Bumi.

Suhu permukaan matahari 6.000 derajat celsius yang dipancarkan ke luar angkasa hingga sampai ke permukaan Bumi. Sedangkan suhu inti sebesar 15-20 juta derajat Celsius. Lalu, dari manakah sumber energi Matahari berasal? Dijelaskan, sumber energi Matahari adalah dari reaksi fusi di dalam inti Matahari. Reaksi fusi terjadi di dalam inti Matahari, di mana atom-atom hidrogen menjadi helium.

Pada reaksi fusi ini, energi yang sangat besar akan terbentuk. Matahari tersusun dari berbagai macam gas, antara lain hidrogen (76%), helium (22%), oksigen dan gas lain (2%).

Contoh Teks Eksposisi Definisi Penyebab Kebakaran Hutan

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi tentang Penyebab Kebakaran Hutan.

Penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia karena adanya perambahan hutan atau migrasi penduduk dalam kawasan hutan. Ternyata tidak disadari oleh banyak pihak. Akibat kebutuhan hidup masyarakat yang meningkat, dan bertambahnya jumlah keluarga. Menuntut masyarakat untuk menambah luasan lahan garapan.

Dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia.
Adanya illegal logging atau pembakaran hutan secara liar menghasilkan lahan-lahan kritis dengan tingkat rawan tinggi. Penyebab kebakaran hutan akibat ulah tangan manusia ini tentunya akan membuat api yang tidak terkendali dan secara mudah akan merambat ke area hutan-hutan kritis tersebut.

Pembakaran hutan secara liar juga sering meninggalkan sisa berupa daun, cabang, dan ranting kering yang lama kelamaan akan terus bertambah dan menumpuk di kawasan hutan. Pendaki yang membuang sampah sembarangan juga bisa menjadi pemantik lahan hutan yang tandus dan kering yang bisa menyulut api besar.

Bukan hanya para pendaki saja, penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia juga bisa dilakukan oleh petugas dan masyarakat yang lalai. Adapun sampah yang bisa memicu kobaran api lebih besar antara lain adalah kertas, kaca, kaleng, plastik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Contoh Teks Eksposisi Definisi Temulawak

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi tentang tanaman temulawak.

Temulawak merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian jenis herbal yang berasal dari Indonesia. Dan temulawak termasuk tumbuhan rhizoma yang dapat tumbuh dengan subur di hutan tropis. Untuk bisa bertahan hidup temulawak harus ditanam di wilayah dataran rendah yang sangat baik.
Ada banyak kandungan di dalam temulawak yang sangat berguna bagi tubuh.

Tumbuhan herbal ini mengandung kurkumin, zat tepung, hingga minyak atsiri. Yang mana semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menekan resiko anemia, mencegah kanker, meningkatkan kinerja ginjal dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

4. Contoh Teks Eksposisi Definisi tentang Sembako

Contoh teks eksposisi definisi

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi tentang Sembako.

Pengertian sembako adalah sembilan bahan-bahan pokok yang sangat diperlukan oleh manusia atau masyarakat. Sembilan bahan pokok ini terdiri dari sejumlah bahan minuman dan makanan. Dengan kata lain, sembako merupakan kebutuhan dasar manusia dimana semua bahan tersebut hampir selalu digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun jenis bahan makanan yang termasuk dalam kategori sembako adalah beras, bawang putih, dan bawang merah. Kemudian telur ayam, gula pasir, susu, daging ayam atau sapi, dan margarin atau minyak goreng. Selain itu garam beryodium, gas elpiji atau minyak tanah juga termasuk dalam sembilan bahan pokok. Pada umumnya untuk pemberian sembako pada bantuan sosial juga berisi bahan lain seperti kecap atau mi instan.

5. Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat tentang Lagu Anak

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi tentang Lagu Anak, yang mencangkup pengertian, istilah dan diakhiri dengan simpulan atau penegasan ulang.

Lagu anak merupakan jenis lagu yang mana di dalam lagu tersebut mengandung nilai-nilai yang disesuaikan untuk anak-anak. Syair atau kata-kata yang digunakan dalam lagu tersebut tergolong simple atau sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak usia 6 hingga 12 tahun. Jadi, tidak semua lagu yang bisa dinyanyikan oleh anak-anak termasuk ke dalam jenis lagu anak.

6. Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat tentang Anjing

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi singkat tentang Anjing, yang mencangkup pengertian, istilah dan diakhiri dengan simpulan atau penegasan ulang.

Anjing adalah salah satu jenis hewan mamalia yang paling banyak dijumpai sebagai hewan peliharaan bagi manusia. Hewan ini bisa Anda temukan di seluruh penjuru dunia dan mempunyai berbagai jenis ras. Anjing termasuk salah satu hewan sosial, sehingga sangat mudah untuk diajak bermain, dilatih, dan tinggal beriringan dengan manusia.

Jumlah ras anjing yang tersebar di seluruh dunia kurang lebih ada 300 jenis ras. Jumlah tersebut sudah mencangkup yang tinggal di alam liar, tinggal dengan manusia, dan juga dilatih sebagai anjing pelacak.

7. Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat tentang Polusi

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi definisi singkat tentang Polusi, yang mencangkup pengertian, istilah dan diakhiri dengan simpulan atau penegasan ulang.

Definisi Polusi adalah masuknya material atau zat ke dalam lingkungan atau alam yang sifatnya merugikan. Pencemaran atau dikenal dengan polusi mempunyai banyak dampak buruk bagi kehidupan manusia. Polusi akan mengubah kondisi yang semula baik menjadi lebih buruk. Zat dari polusi udara berasal dari berbagai macam sumber. Seperti dari cerobong asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Zat pencemar tersebut akan masuk ke dalam udara, dan selanjutnya akan membuat kualitas udara menjadi menurun. Dan saat ini, polusi air menjadi salah satu permasalahan yang serius. Umumnya pencemaran air ini banyak terjadi pada sumber aliran air di dekat pemukiman.

Jenis polusi yang juga berbahaya adalah pencemaran logam berat. Sumber zat pencemar umumnya adalah berasal dari logam beracun, pestisida, sedimen, dan lain sebagainya. Polusi jenis ini kerap ditemukan di wilayah pesisir, akibatnya air laut memiliki kualitas buruk dan semakin menurun.

8. Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat tentang Pramuwisata

Contoh teks eksposisi definisi yang lainnya adalah tentang pariwisata. Dimana yang menjadi gagasan pokoknya ialah para petugas atau pramuwisata. Berikut ini adalah uraian tentang contoh teks eksposisi definisi dengan judul Pramuwisata selengkapnya.

Pramuwisata atau ada sebagian orang yang juga menyebutnya sebagai pemandu wisata merupakan petugas yang mendampingi pengunjung atau wisatawan di suatu destinasi. Seorang pramu wisata atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Guide umumnya akan memberikan penjelasan atau informasi tentang berbagai hal seputar lokasi yang dikunjungi. Dengan adanya pramuwisata, para wisatawan akan menjadi lebih paham dengan tempat yang mereka kunjungi.

Setiap lokasi tentu mempunyai cerita tersendiri, sehingga kadang kala wisatawan tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, menjelaskan secara rinci dan detail menjadi tugas para pramuwisata.

Penutup

Demikian tadi 8 contoh teks eksposisi definisi dengan berbagai tema yang memuat struktur teks secara lengkap. Untuk menemukan lebih banyak contoh lainnya di berbagai website pendidikan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad