Upaya yang Dilakukan untuk Mempelajari Target Perilaku, Ini Pembahasannya

Daftar isi:
Kotaku.id – Ketika mengisi lembar Pelaksanaan Kinerja PMM, guru nantinya akan diberikan pertanyaan. Salah satunya mengenai apa saja upaya yang dilakukan untuk mempelajari target perilaku. Pertanyaan disamping ditujukan atas keputusan yang telah dipilih oleh guru sebelumnya.
Target perilaku akan dibahas dengan lebih lanjut dalam lembar Observasi PMM (Platform Merdeka Mengajar). Nantinya, guru akan mengatur jadwal observasi tersebut bersama dengan kepala sekolah terlebih dahulu.
Jika ingin mengisinya, maka perlu dipastikan Anda sudah menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar. Hal ini karena, opsi “target perilaku” bisa menjadi panduan penting untuk guru agar bisa mencapai tujuan kinerjanya.
Dijelaskan pada laman Kemdikbud, aspek penilaian ini bisa menjadi kunci untuk bisa meraih hasil pelaksanaan kinerja secara lebih optimal. Siapkan jawaban Anda dari sekarang yakni dengan menyimak pembahasan dalam ulasan berikut ini.
Upaya yang Dilakukan untuk Mempelajari Target Perilaku
Lalu sebenarnya apasih jawaban dari pertanyaan target perilaku ini sifatnya individual. Yang artinya, masing-masing guru bisa menentukan jawaban yang paling sesuai dan pas menurutnya. Ia dapat memaparkan upaya-upaya yang telah direncanakan untuk mempelajari target perilaku. Salah satunya adalah dengan memahami standar kompetensi guru.
Sementara itu, ada juga aspek lain yang mestinya dipahami agar guru bisa mantap dalam mempelajari target perilaku siswa. Yakni sebagai berikut ini:
1. Melakukan kegiatan umpan balik
Tentu, perilaku peserta didik dapat dideteksi dengan baik jika guru melakukan kegiatan umpan balik. Caranya yakni dengan memberikan respon positif atas kinerja para peserta didik.
Guru juga mestinya membangun respon yang konstruktif, baik secara individu ataupun secara keseluruhan. Tujuannya yakni agar para peserta didik bisa memahami perilaku yang salah dan benar. Selanjutnya, respon tersebut bisa dilanjutkan dengan memberikan arahan dan perbaikan.
2. Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan kebutuhan
Untuk bisa mewujudkan upaya ini, guru perlu memerhatikan beberapa tindakan mencakup observasi, analisis, serta interaksi langsung dengan peserta didik. Sehingga, guru bisa mendapatkan gambaran perilakunya secara garis besar.
Ketika melakukan observasi, guru bisa aktif dalam memantau perilaku peserta didik selama aktivitas pembelajaran. Kemudian, amati juga gaya komunikasinya dan cara mereka dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
Guru perlu melakukan komunikasi secara langsung dengan peserta didik. Ketahui kekhawatiran mereka, kesulitan yang telah dialami, dan keluhan selama proses pembelajaran.
3. Melakukan perencanaan kinerja yang baik
Perencanaan harus disusun dengan sedemikian rupa. Hal ini dilakukan agar hasilnya bisa lebih optimal. Guru perlu menganalisis kebutuhan kelas dengan menyeluruh termasuk memerhatikan karakter peserta didik, tingkat pemahaman, dan tantangannya.
Selain itu, guru juga perlu menetapkan tujuan pembelajaran yang efektif. Dimana pembelajaran tersebut harus bersifat spesifik, terukur, relevan, serta terbatas waktu. Ini bisa menjadi pedoman yang konkret dalam menilai perilaku peserta didik.
Kemudian, guru juga perlu mengidentifikasi indikator perilaku peserta didik. Nantinya, indikator tersebut harus bisa dipantau dan diobservasi agar perilaku peserta didik dapat menjadi lebih baik lagi hari demi hari.
Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai upaya yang dilakukan untuk mempelajari target perilaku. Semoga dengan adanya pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu para guru dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan dalam PMM.