Kotaku
Home Pendidikan Camaba Harus Tahu! Ini Penjelasan TPS dalam UTBK SNBT 2024

Camaba Harus Tahu! Ini Penjelasan TPS dalam UTBK SNBT 2024

Kotakuid – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah salah satu tes yang wajib diikuti oleh para peserta yang mendaftar Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. Salah satu jenis ujian yang akan dihadapi oleh peserta yaitu tes potensi skolastik (TPS).

Perlu diketahui, TPS merupakan salah satu jenis tes yang didesain untuk menguji kemampuan berpikir peserta UTBK. Jenis kemampuan yang diukur dalam tes ini yaitu kemampuan dalam memahami dan bernalar.

Adapun, kedua kemampuan tersebut sangat diperlukan bagi peserta yang akan masuk ke dalam pendidikan formal khususnya perguruan tinggi. Tersedia empat komponen dalam TPS di UTBK SNBT 2024. Ada apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini!

Komponen TPS UTBK SNBT 2024

1. Kemampuan Penalaran Umum

Komponen ini dipakai untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menggunakan prosedur penyelesaian masalah baru. Yang mana tidak bisa diselesaikan hanya melalui kebiasaan-kebiasaan yang telah dipelajari sebelumnya.

Subkomponen dalam subtes penalaran umum ini adalah sebagai berikut :

Pengetahuan induktif: kemampuan sesorang untuk mengamati fakta dan kejadian untuk menemukan prinsip maupun aturan yang mendasarinya.

Pengetahuan deduktif: kemampuan seseorang untuk bernalar secara logis dengan menerapkan premis-premis serta prinsip yang telah diketahui sebelumnya.

Pengetahuan kuantitatif: kemampuan berpikir yang mana melibatkan kuantitas dan hubungan matematika sederhana. Dan melibatkan pemakaian operator aritmatika dasar contohnya adalah penambahan, pengurangan, serta pembagian.

2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Komponen ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam hal memahami dan mengomunikasikan pengetahuan penting dalam lingkungan budaya di Indonesia. Komponen yang dianggap penting ini misalnya seperti keterampilan dalam berbahasa, penggunaan kata, dan keluasan dan juga kedalaman pengetahuan umum.

Melalui komponen ini, pengetahuan praktis peserta soal bahasa, informasi, serta konsep yang berbasis verbal dan kebahasaan bisa diuji.

3. Kemampuan Membaca dan Menulis

Komponen ini diketahui menilai kemampuan dasar peserta dalam hal membaca, kelancaran membaca, serta keterampilan menulis. Yang mana dibutuhkan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan.

Beberapa hal yang diujikan pada subtes ini yakni terdii dari kemampuan dasar dan kemampuan kompleks. Contohnya yaitu memahami wacana tertulis dan menulis cerita.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Komponen ini ditujukan untuk mengujikan pengetahuan peserta terkait dengan hal matematika. Kemampuan matematika yang dinilai adalah berupa kemampuan menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka.

Kemampuan ini diketahui mencakup pengetahuan menggunakan ukuran perhitungan matematika, pemecahan masalah matematika, serta pengetahuan umum matematika.

Itulah di atas penjelasan tentang TPS dalam UTBK SNBT. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad