Kotaku
Home Beasiswa 9 Tips Menulis Essay Beasiswa LPDP, Beserta Persyaratan Pendaftaran

9 Tips Menulis Essay Beasiswa LPDP, Beserta Persyaratan Pendaftaran

college students 1872810 1280

Apakah kamu tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024? Jika iya, kamu perlu mengetahui tips membuat essay Beasiswa LPDP 2024 yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Saat melamar beasiswa LPDP, pelamar diharuskan untuk menuliskan essay sebagai salah satu berkas saat yang harus disertakan pada seleksi administrasi.

Oleh sebab itu, menulis essay beasiswa LPDP adalah hal penting yang harus dikuasai oleh pelamar beasiswa oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini.

Untuk mengetahui bagaimana tips menulis essay beasiswa LPDP 2024, simak ulasan berikut ini.

Trik dan Tips Menulis Essay Beasiswa LPDP

Pendaftaran beasiswa LPDP 2024 tahap 1 akan dibuka awal bulan tanggal 11 Januari. Bagi kamu yang akan mendaftarkan diri jangan sampai ketinggalan informasi terkait beasiswa ii. Salah satunya adalah mempersiapkan essay sebagai salah satu dokumen pendukung seleksi administrasi.

Essay merupakan tulisan singkat yang dibuat dengan tujuan supaya pemberi beasiswa dapat mengetahui karakteristik dari pendaftar. Dengan adanya essay ini pemberi beasiswa dapat menentukan apakah pendaftar tersebut layak mendapatkan beasiswa.

Berikut ini tips untuk menulis essay beasiswa LPDP, supaya tulisan lebih menarik dan autentik.

  • Pahami Tujuan dan Ketentuan Beasiswa

Sebelum memulai menulis essay beasiswa, sebaiknya kamu mempelajari kembali bapa tujuan dan ketentuan lPDP 2024. Pahami terlebih dahulu tujuan beasiswa LPDP diselenggarakan serta hasil akhir yang diinginkan.

Pemahaman mengenai beasiswa yang kamu tuju akan membantu saat kamu menulis esay yang meyaknian dan relevan. Informasi dan ketentuan LPDP dapat diperoleh dengan mengakses situs resminya.

  • Sisipkan Riwayat Pendidikan dan Pengalaman

Untuk menulis essay beasiswa LPDP kamu dapat menyisipkan pendidikan serta pengamalan yang relevan dengan bidang studi. Sertakan juga tentang bidang studi yang kamu pilih serta bagaimana kaitannya dengan karir yang ingin kamu dapatkan.

Tulis pengalaman serta keahlian yang berhubungan dengan bidang studi yang akan kamu tuju, hal ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan di bidang tersebut dna menyakinkan penyelski.

  • Kenali Diri Sendiri

Jika kamu kesulitan dalam menulis essay beasiswa LPDP 2-24, mungkin saja karena kamu belum mengenal diri sendiri dengan baik.

Essay ditulis dengan menuliskan dan menceritakan tentang dirimu, sehingga jika kamu dapat mengenal dirimu dengan baik, menulis un akan menjadi lebih mudah. Ingat kembali apa kemaluan dan kekuranganmu serta kontribusi apa yang akan kamu berikan jika mendapatkan beasiswa ini. Kamu juga dapat menjelaskan tujuan kamu ingin memperoleh beasiswa LPDP.

  • Berikan Contoh Konkret

Dengan adanya essay pemberi beasiswa akan melihat bagaimana karakter pendaftar. Untuk meyakinkan pemberi beasiswa LPDP, kamu dapat mengangkat isu penting yang ada di lingkungan sekitar, kemudian memberikan solusi sesuai dengan bidang studi yang kamu tuju. Tentu saja isu-isu tersebut juga harus berhubungan dengan program studi yang kamu pilih.

  • Minta Pendapat Orang Lain

Setelah selesai menulis essay beasiswa LPDP 2024 kamus dapat meminta bantuan pada guru atau kakak tingkat yang pernah mendapatkan beasiswa LPDP. Kemudian kamu dapat meminta pendapat mereka terkait essay yang telah kamu buat.

Masukan bagus serta saran yang diberikan oleh dosen atau kakak tingkat haus kamu perhatian dengan baik dan diterapkan jika memang ada kesalahan dalam menulis.

  • Jelaskan Kontribusi

Tips penting menulis essay beasiswa LPDP selanjutnya adalah dengan menjelaskan kontribusi yang akan kamu lakukan jika memperoleh beasiswa. Atau kamu dapat menjelaskan kontribusi yang telah kamu lakukan sesuai dengan program studi yang dipilih.

Dalam menulis hal essay jangan sampai mengada-ada atau bahkan memanipulasi topik dan permasalahan yang diceritakan.

  • Hindari Plagiarisme

Plagiarisme merupakan tindakan mengambil karya/ide/gagasan orang lain tanpa memberikan kredit. Apalagi plagiarisme pada dunia pendidikan adalah kesalahan yang fatal. Sehingga jika tingkat plagiarsime tinggi maka dapat mengurangi poin untuk mendapatkan beasiswa.

  • Gunakan Tata Bahasa yang Baik

Meskipun berisi pengalaman dan tentang diri sendiri, essay tidak boleh ditulis dengan bahasa non formal atau bahasa  sehari hari. Gunakan tata bahasa yang baik seperti ejaan yang harus benar, struktur kalimat lengkap, penggunaan kata dan frasa yang mudah dimengerti.

  • Hindari Typo

Sebelum kamu mengunggah essay, sebaiknya mengecek sekali lagi untuk memastikan bahwa tidak ada typo atau kesalahan penulisan. Jika kamu menulis essay beasiswa LPDP menggunakan bahasa inggris, mak pastikan menggunakan grammar yang benar dan baik.

Kesalahan Lisan dapat ,membuat kamu terkesan orang yang ceroboh dan tidak bertanggung jawab, oleh karena itu, pastikan sekitar 2 hingga 3 kali belum mengunggahnya.

Persyaratan LPDP 2024

Setelah mengetahui tips menulis essay beasiswa LPDP, tidak ada salahnya memperhatikan syarat dan ketentuan untuk pendaftar.

Merujuk pada persyaratan tahu sebelumnya, berikutnya adalah syarat seleksi beasiswa LPDP 2024.

  • Warga Negara Indonesia
  • Tidak sedang menyelesaikan studi sesuai program studi yang menjadi tujuan
  • Telah menyelesaikan studi program diploma empat (V IV) atau sarjana (S1) untuk melanjutkan magister.
  • Tidak terdaftar sebagai mahasiswa yang mendaftar dan menerima beasiswa dari sumber lain
  • Terdaftar pada perguruan tinggi
  • Menyetujui surat pernyataan di website resmi
  • Mengisi formulir diri termasuk riwayat pendidikan
  • Menulis surat pada Indonesian rencana susi dna rencana kontribusi setelah menerima LPSP 2024
  • Memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL) sesuai persyaratan perguruan tinggi.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad