Kotaku
Home Bisnis 5 Tips Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

5 Tips Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

5 Tips Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

Kotakuid – Dibawah ini ada tips nih tentang cara menjadi customer service yang baik dan profesional. Seperti yang Anda ketahui, pekerjaan yang satu ini tidak bisa dianggap sepele. Hal ini karena, Anda akan selalu berinteraksi dengan berbagai macam sifat pelanggan, yang mampu membuat aktivitas customer service bisa dikatakan cukup tricky. Tunggu apalagi, yuk simak tips dibawah ini. 

1. Biasakan Menunjukkan Sikap Positif

Sebagai seseorang yang menjadi salah satu pihak pertama khususnya dengan hal yang berhubungan dengan pelanggan, sangat penting bagi Anda untuk selalu menunjukkan sikap ramah dan positif. 

Karena sikap merupakan segalanya, yang bisa membantu Anda dalam memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. Meskipun sebagian besar interaksi pelanggan tidak dilaksanakan secara tatap muka, maka Anda harus tetap mencerminkan sikap yang baik.

Pada umumnya tingkatan profesionalitasmu sebagai seorang CS bisa terlihat saat Anda mampu menangani setiap pelanggan. Ya, tentunya harus menunjukkan sikap yang positif.

2. Perlakukan Pelanggan Dengan Hormat

Sejalan dengan sikap positif, sebagai seorang CS Anda harus bisa menunjukkan rasa hormat kepada para pelanggan. Adapun hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah, seperti berikut ini :

  • Mendengarkan pelanggan terlebih dahulu
  • Tidak memotong pembicaraan pelanggan
  • Tidak melakukan hal yang lainnya (seperti bermain HP dan menelpon)
  • Menjawab pertanyaan pelanggan dengan jawaban yang mudah dimengerti.

Perlu diketahui, pelanggan ingin merasa dihargai. Mereka tidak ingin direndahkan dan diabaikan. Saat Anda memberikan layanan pelanggan, pastikan Anda menghormati dan memberikan perhatian Anda kepada mereka.

3. Pahami Produk Pada Tempat Anda Bekerja

Sebagai seorang customer service, hampir semua aktivitasmu berhubungan dengan pemecahan masalah dengan pelanggan. Hal ini berarti tentunya Anda harus memahami produk dari tempat Anda bekerja.

Salah satu contohnya, adalah saat Anda menghadapi pelanggan yang mengalami masalah pada produk yang baru saja dibeli atau yang sudah lama mereka pakai. Jika tidak memahami produk tersebut, bukan hal yang mustahil jika Ada nantinya akan kewalahan dalam menjawab berbagai pertanyaan pelanggan.

4. Tanggapi Pelanggan Dengan Cepat

Saat ini ada sebanyak 53% orang dewasa di Amerika yang cenderung mengabaikan pembelian online mereka jika mereka tidak bisa menemukan jawaban cepat atas pertanyaan mereka. Sedangkan sebanyak 73% mengatakan bahwa menghargai waktu mereka merupakan hal terpenting yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menyediakan layanan pelanggan online yang baik.

Hal inilah yang menunjukkan, sangat penting untuk bisa menanggapi pelanggan dengan cepat. Anda mungkin juga menyetujui, waktu bisa menjadi sesuatu yang riskan pada sebuah kejadian. Hal ini termasuk dalam memberi pelayanan kepada pelanggan. Karena biasanya menunggu bukan merupakan hal yang menyenangkan. 

5. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik merupakan hal sederhana yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak jarang beberapa dari kita mungkin tanpa sadar suka memotong pembicaraan orang. Akan tetapi, hal tersebut bisa berdampak pada cara orang melihat diri kita. 

Untuk menjalankan tanggung jawab Anda miliki. Hal ini menunjukkan bagaimana Anda bisa menghargai mereka sebagai seorang pelanggan. 

Adapun mendengarkan adalah hal sederhana, tapi mempunyai dampak yang cukup besar. Dengan mendengarkan, maka Anda bisa mengetahui permasalahan yang mereka alami secara lebih baik. Mungkin saja mereka mempunyai poin-poin pertanyaan yang bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi pada produk atau layanan Anda.

Kesimpulan

Nah, itulah di atas tips menjadi customer service yang baik. Oh iya, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan pada pekerjaan ini, maka Anda bisa mengikuti tips di atas. Dengan Anda mengikuti tips di atas, dijamin Anda bisa menjadi customer service yang baik dan disukai pelanggan. Semoga tips di atas bisa membantu Anda ya!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad