Kotaku
Beranda Bisnis Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Promosi Produk

Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Promosi Produk

Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Promosi Produk

Kotakuid – Apa saja sih tips jitu dalam memilih Influencer yang tepat untuk digunakan sebagai strategi pemasaran? Apakah Anda tahu jika Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang mempunyai pengguna social media terbanyak di dunia?

Misalnya saja seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, BBM, Youtube dan social media lain yang sangat akrab di masyarakat Indonesia. Hadirnya beragam platform social media ini tentu dimanfaatkan oleh banyak perusahaan.

Jika dulunya produsen ataupun perusahaan mempromosikan produk dan jasanya dengan menggunakan cara konvensional. Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan social media dalam kegiatan marketingnya.

Nah, salah satu strategi yang ampuh untuk memasarkan produk atau jasa di dalam social media yakni dengan menggunakan influencer. Berikut ini adalah tips dan cara memilih influencer yang tepat.

1. Lihat dari segi Followers

Hal paling penting dan yang paling utama untuk memilih influencer yaitu dengan melihat followers-nya. Semakin banyak followers maka akan berpengaruh terhadap banyaknya audience yang akan melihat pemasaran produk dan jasa Anda.

Oleh sebab itu, pilihlah influencer yang mempunyai banyak followers. Selain ada banyak followers, Anda juga wajib memperhatikan followers–followersnya, apa mereka followers asli dan fiktif?

Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini banyak sekali orang yang menggunakan jasa “jual beli” followers. Jika followers dari influencer yang di pilih fiktif tentu tidak akan berpengaruh pada strategi marketing Anda.

2. Lihat Persentase Engagement

Melihat persentase engagement merupakan salah satu tips dan cara memilih influencer yang tepat. Jadi, Engagement atau hubungan dari seorang influencer dan followers juga penting untuk diperhatikan.

Seorang influencer adalah penyambung lidah dari brand Anda kepada para konsumen dan calon konsumen. Untuk bisa melihat hubungan ini caranya, Anda bisa melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada di setiap postingan yang di update.

Jika influencer mempunyai followers lebih dari satu juta tapi hanya mendapatkan likes kurang dari 100 dan komentarnya  5 saja, maka Anda harus mempertanyakan hal tersebut.

3. Perhatikan Relevansi Brand

Tips selanjutnya yakni dengan relevansi atau keterkaitan brand. Caranya Anda bisa memilih influencer yang bergerak di dalam bidang industri yang sama.

Lihat isi konten yang sering di upload, setidaknya 7 hari terakhir. Sebagai contoh misalnya saja, perusahaan Anda bergerak di bagian bidang make up halal, maka Anda harus mencari seseorang yang bergerak di dalam dakwah atau minimal mengenakan jilbab atau kerudung.

Jangan sampai Anda memilih influencer yang rambutnya di cat dan berpakaian mini, karena jika demikian maka strategi marketingnya dinilai kurang relevan.

4. Akun Social Media yang Dimiliki

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan akun social media dari influencer yang dipilih. Pada umumnya masyarakat mempunyai lebih dari satu social media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Maka Anda perlu mencari influencer yang mempunyai pengaruh di banyak di bidang media sosialnya. Sementara itu, Anda juga harus membuat strategi pemasaran yang cocok untuk menyampaikan pesan yang tepat di setiap akun sosial media influencer. Hal ini bertujuan agar target pasar yang telah ditentukan bisa tercapai.

5. Cek Riwayat Feed Influencer

Selain engagement, Anda juga perlu tahu brand apa saja yang pernah bekerja dengan calon influencer Anda. Hal ini sangat penting, dengan begitu Anda bisa memastikan tidak ada kompetitor dari brand.

Anda juga harus memerhatikan feed  pribadinya karena feed pribadi yang banyak bisa dianggap sebagai spam. Sehingga penting untuk Anda lakukan pengecekan riwayat feed influencer dengan teliti dan hati-hati.

Kesimpulan

Itulah di atas beberapa hal mengenai tips dan cara memilih influencer yang tepat dan perlu Anda ketahui. Strategi marketing dengan memanfaatkan influencer memang banyak mendapat keuntungan dengan catatan Anda bisa memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan tujuan dari pemasaran perusahaan.

Namun, apakah Anda tahu? Untuk bisa mendukung kemajuan usaha bisnis, tidak hanya strategi pemasaran, Anda juga perlu memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan