Kotaku
Home Seputar Pekerjaan Yuk Intip Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD!

Yuk Intip Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD!

KotakuID – Perlu Anda ketahui, untuk menarik perhatian para rekruter agar bisa di panggil interview ternyata tidak sulit. Asalkan Anda mempelajari bagaimana cara membuat CV yang menarik dan rapi seperti yang di rekomendasikan ulasan ini.

Terkadang, tim HRD perusahaan hanya memerlukan waktu 10 detik untuk menilai CV seseorang apakah layak untuk dipanggil wawancara atau tidak. Nah, melalui tips jitu dari ulasan di bawah ini, Anda punya peluang besar untuk dipanggil interview melalui CV yang ciamik. Yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini!

Tips dan Cara Membuat CV yang Menarik

Yuk Intip Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD!

1. Buat CV singkat, padat dan jelas

Perlu Anda ketahui, cara membuat CV yang menarik adalah CV yang singkat, padat, dan jelas ringkasannya sehingga tidak membingungkan para recruiter.

Usahakan, buat CV Anda seringkas mungkin, jangan sampai lebih dari dua halaman. Masukkan data-data pribadi Anda dengan jelas dan singkat di setiap kolomnya. Jika Anda ingin memasukkan deskripsi diri, maka usahakan tonjolkan kelebihan-kelebihan Anda agar tidak terlalu panjang lebar.

2. Cantumkan pengalaman yang relevan

Cara selanjutnya untuk membuat CV yang menarik yaitu memilah pengalaman-pengalaman yang akan di masukkan. Pastikan pengalaman Anda memiliki relevansi yang tinggi terhadap posisi yang sedang Anda lamar.

Sebagai contoh, Anda ingin melamar untuk posisi graphic designer. Nah, Anda sempat menjalani proyek desain untuk membuat logo perusahaan A sebelumnya.

Pengalaman ini bisa Anda masukkan ke dalam CV agar mendapatkan nilai plus dari para rekruter. Bagi Anda yang merupakan fresh graduate yang belum punya pengalaman, maka Anda bisa memasukkan hard skill atau soft skill yang dikuasai selama masa kuliah.

3. Gunakan kata-kata yang mempunyai power

Pada hakikatnya, cara terbaik saat membuat CV yang menarik yaitu dengan memperhatikan kata-kata yang ingin digunakan. Pastikan pilih kata-kata yang memiliki power atau kekuatan. Sebab, kata-kata yang di pilih dalam CV bisa sangat berpengaruh terhadap penilaian recruiter.

Lalu, apa yang dimaksud dengan kata-kata yang memiliki kekuatan? Singkatnya, daripada Anda menggunakan kata”pekerja keras” Anda bisa menggunakan kata “kreatif”.

Seperti yang Anda ketahui, kata “pekerja keras” sering di gunakan dan terkadang membuat HRD bosan melihatnya. Coba bayangkan jika Anda menggunakan kata seperti “kreatif”. Maka, otomatis HRD akan melihat Anda sebagai orang dengan kreativitas tinggi dan bisa mengembangkan perusahaan ke depannya. Jadi, pastikan Anda memilih kata-kata yang tepat, ya, untuk dimasukkan ke dalam CV.

4. Cek tata bahasa

CV Anda akan ditulis dengan bahasa apa? Indonesia atau Inggris? Bahasa apa pun yang Anda pilih, pastikan bahwa CV Anda bebas dari typo dan kesalahan grammar.

Untuk bisa mengantisipasi kesalahan grammar, typo, dan lain-lain, Anda bisa membaca ulang dengan perlahan-lahan atau meminta bantuan teman Anda.

5. Pakai font profesional

Cara ini mungkin terdengar sangat sepele, akan tetapi dalam membuat CV yang menarik, pastikan font yang Anda gunakan terlihat profesional, bukan font yang sembarangan yang sulit untuk di baca. Pada dasarnya, font yang sering digunakan saat membuat CV yaitu Times New Roman, Arial atau Calibri. Selain itu,  font-nya harus berukuran antara 10 sampai 12 point. Pemilihan font ini sangat penting agar tidak membuat perekrut pusing saat membaca.

6. Cantumkan kontak yang aktif

Hal yang sering dilupakan oleh para job seeker dalam membuat CV yaitu mereka mencantumkan nomor handphone atau email yang kebetulan jarang di gunakan, bahkan tidak aktif.

Padahal, kontak dalam CV sangat penting bagi rekruter untuk menghubungi kandidat jika lolos ke tahap selanjutnya.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mencantumkan nomor handphone yang aktif, begitu juga dengan email. Untuk email, jangan sampai Anda memberikan nama email yang terdengar aneh seperti [email protected] dan lain-lain. Gunakan email yang terlihat profesional dengan cara menggunakan nama Anda sendiri.

7. Gunakan keyword yang relevan

Selain harus mencantumkan pengalaman yang relevan, cara lain untuk membuat CV yang menarik agar diliris HRD adalah memasukkan keyword yang relevan dengan posisi yang akan di lamar. Sebagai contoh, Anda akan melamar untuk posisi SEO Specialist. Mungkin, Anda bisa memasukkan keyword seperti SEO, SEM, content writer, copywriter, dan lain-lain.

Skill yang Anda maksudkan tersebut akan membantu Anda untuk meyakinkan bahwa Anda adalah pribadi yang berkualitas di mata recruiter. Selain itu, keyword itu juga berguna agar Anda mudah di temukan oleh para rekruter saat mereka mencari kandidat di LinkedIn, lho.

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Membuat CV

Yuk Intip Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD!

Sebagai salah satu dokumen terpenting saat melamar pekerjaan, kualitas daftar riwayat hidup juga harus diperhatikan. Berikut ini tujuh kesalahan yang harus Anda hindari saat membuat CV!

1. Mencantumkan Data Pribadi yang Tidak Relevan

Di dalam CV, Anda tidak perlu lagi mencantumkan data pribadi yang tidak relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Tidak perlu menyebutkan hobi Anda yang tidak ada hubungannya dengan jenis pekerjaan.

Anda juga tidak perlu menjabarkan prestasi yang pernah di raih sejak masih di bangku sekolah. Informasi tersebut sudah tidak relevan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Cukup cantumkan informasi tentang diri Anda yang berhubungan dengan posisi yang akan Anda incar.

2. Foto tidak profesional

Foto yang tercantum di dalam CV juga harus diperhatikan. Hindari memakai foto yang terkesan tidak profesional seperti foto selfie. Gunakan pakaian yang sopan dan tunjukkan identitas Anda dalam foto tersebut. Tidak melampirkan foto sama sekali juga dapat menjadi kesalahan besar dalam membuat daftar riwayat hidup.

Pasalnya, foto merupakan dokumen penting untuk menggambarkan siapa diri Anda sekaligus memberi impresi pertama yang baik pada perusahaan.

3. Salah ketik alias typo

Kesalahan penulisan alias typo dalam membuat CV mungkin sering dianggap sepele. Padahal pengaruhnya sangat besar. Banyak salah ketik menunjukkan Anda merupakan pribadi yang kurang teliti.

Hal ini akan memberi impresi yang kurang baik kepada HRD. Saat membuat daftar riwayat hidup saja Anda sudah tidak teliti, apalagi jika sudah bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Perbedaan CV dengan Surat Lamaran Kerja

Yuk Intip Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD!

Saat akan melamar suatu pekerjaan, seringkali perekrut meminta pelamar untuk melampirkan berkas lain bersama dengan surat lamaran kerja. Salah satu berkas yang banyak diminta adalah  Curriculum Vitae (CV). Meskipun harus dilampirkan secara bersamaan, tahukah Anda bahwa surat lamaran kerja dan CV ini adalah dua dokumen yang berbeda? Kalaupun Anda sudah tau, tak jarang para pelamar kerja masih bingung untuk membedakannya. Yuk! Perhatikan penjelasan berikut ini agar Anda tahu perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja.

Seperti yang sudah Anda baca pada penjelasan sebelumnya, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar kerja. Surat lamaran kerja ini wajib ada untuk memperkenalkan diri sebelum perekrut membaca lebih rinci informasi  diri dari sang pelamar. Nah, informasi yang lebih detail ini dapat di masukkan ke bagian curriculum vitae (CV).

Lantaran isinya yang lebih detail, CV ini akan memuat daftar riwayat hidup dari si pelamar. Pada umumnya, pelamar akan menuliskan riwayat pendidikan, riwayat pelatihan, organisasi, serta riwayat pekerjaan yang pernah dijalani. Dengan adanya curriculum vitae (CV) ini, perekrut bisa lebih mudah mengenali sang pelamar pekerjaan dan menjadi acuan pertanyaan ketika melakukan proses wawancara.

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah tahu bukan cara membuat CV yang benar agar dilirik HRD? Meskipun Anda seorang Freshgraduate, Anda bisa memanfaatkan materi ini untuk diterapkan di masa depan nanti saat Anda akan melamar pekerjaan. Selamat mnecoba!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad