Kotaku
Home Pendidikan Simak Berikut Cara Cek DAPODIK Guru Terbaru 2024

Simak Berikut Cara Cek DAPODIK Guru Terbaru 2024

image 157

Kotaku.id Simak Berikut Cara Cek DAPODIK Guru Terbaru 2024 – Dapodik, atau Data Pokok Pendidikan, adalah sistem informasi yang memuat berbagai data penting dari guru, termasuk guru honorer. Platform Dapodik sudah tidak asing lagi bagi guru dan tenaga pendidik, terutama untuk guru honorer. Guru honorer yang sudah lama mengabdi di sekolah, sebaiknya memiliki data di Dapodik. Data yang dimuat di Dapodik antara lain data guru, tenaga pendidik, peserta didik, dan substansi pendidikan.

Guru honorer yang sudah mengabdi selama lebih 1 tahun, biasanya akan mendapat penugasan untuk memasukkan data ke Dapodik. Dapodik digunakan untuk menghimpun data pendidikan saat ini, dan mengevaluasi program pendidikan. Syarat untuk masuk Dapodik adalah mendapat surat rekomendasi dari satuan pendidikan tempat bekerja.

Data Pokok Pendidikan menjadi sumber data utama pendidikan nasional, untuk merencanakan program yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek Data Pokok Pendidikan guru honorer tahun 2024.

Cara cek DAPODIK Guru terbaru 2024

Cara cek DAPODIK Guru terbaru 2024
Cara cek DAPODIK Guru terbaru 2024

Ada dua cara untuk cek data guru di Dapodik (Data Pokok Pendidikan), yaitu:

1.      Melalui Aplikasi Dapodik

Setelah Anda membuka aplikasi Dapodik, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Username dan password Data Pokok Pendidikan Anda dapat diperoleh dari kepala sekolah atau operator sekolah. Setelah Anda memasukkan username dan password, klik tombol Masuk. Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi Dapodik. Pada halaman utama aplikasi, klik menu Data Rinci.

Pada tab Data Guru, Anda akan melihat daftar data guru yang terdaftar di sekolah Anda. Anda dapat mencari data guru yang ingin Anda cek dengan menggunakan kolom pencarian. Setelah Anda menemukan data guru yang ingin Anda cek, Anda dapat melihat informasi lengkap tentang data guru tersebut. Informasi yang dapat Anda lihat meliputi:

  • Nama
  • NIP
  • Jenis kelamin
  • Tempat lahir
  • Tanggal lahir
  • Pendidikan terakhir
  • Pangkat/golongan
  • Masa kerja
  • Status kepegawaian
  • Status aktif

2.      Melalui Situs Web Dashboard GTK

Setelah Anda membuka situs web Dashboard GTK, Anda akan melihat beberapa menu di bagian atas halaman. Klik menu Cek Data Guru. Pada halaman Cek Data Guru, Anda akan diminta untuk mengisi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan bentuk pendidikan. Setelah Anda mengisi informasi tersebut, klik tombol Tampil.

Pada halaman hasil pencarian, Anda akan melihat daftar data guru yang sesuai dengan kriteria yang Anda masukkan. Anda dapat memilih nama sekolah di bagian paling bawah untuk melihat data guru di sekolah tersebut. Setelah Anda memilih nama sekolah, klik tombol Cek. Pada halaman hasil pencarian, Anda akan melihat informasi lengkap tentang data guru di sekolah tersebut. Informasi yang dapat Anda lihat meliputi:

  • Nama
  • NIP
  • Jenis kelamin
  • Tempat lahir
  • Tanggal lahir
  • Pendidikan terakhir
  • Pangkat/golongan
  • Masa kerja
  • Status kepegawaian
  • Status aktif

Syarat Terdaftar di DAPODIK Guru Terbaru 2024

Berikut dibawah ini Syarat agar Terdaftar di DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) Guru Terbaru 2024

1.      Kualifikasi Akademik Minimal S1/D4

Kualifikasi akademik minimal S1/D4 merupakan syarat utama untuk menjadi guru. Persyaratan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga pendidikan tinggi.

2.      Sertifikat Pendidik

Sertifikat pendidik merupakan salah satu syarat untuk menjadi guru tetap. Sertifikat pendidik dapat diperoleh melalui jalur pendidikan profesi guru (PPG) atau jalur pengangkatan guru dalam jabatan (PGJJ).

3.      Status Sebagai Guru Tetap, Guru Tidak Tetap, Atau Guru Honorer

Status guru dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu guru tetap, guru tidak tetap, dan guru honorer. Guru tetap merupakan guru yang diangkat oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan masa kerja yang tidak ditentukan. Guru tidak tetap merupakan guru yang diangkat oleh satuan pendidikan dengan masa kerja yang ditentukan. Guru honorer merupakan guru yang diangkat oleh satuan pendidikan tanpa memperoleh penghasilan tetap dari pemerintah atau pemerintah daerah.

4.      Nomor Induk Peserta Didik Nasional (Nuptk)

NUPTK merupakan nomor identitas unik yang diberikan kepada setiap guru dan tenaga kependidikan. NUPTK diperlukan untuk mengakses layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti Data Pokok Pendidikan, SIM PTK, dan SIM Pendanaan Pendidikan.

Pentingnya Terdaftar di Dapodik

Pentingnya Terdaftar di Dapodik

Terdaftar di Dapodik merupakan hal yang penting bagi guru. Dengan terdaftar di Dapodik, guru dapat memperoleh sejumlah manfaat, antara lain:

1.      Mendapatkan Data Dan Informasi Pendidikan

Data Pokok Pendidikan merupakan sumber data dan informasi pendidikan yang lengkap dan akurat. Dengan terdaftar di Data Pokok Pendidikan, guru dapat memperoleh data dan informasi pendidikan yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya.

2.      Mendapat Berbagai Layanan Pendidikan

Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan dapat memperoleh berbagai layanan pendidikan, seperti tunjangan profesi guru, bantuan operasional sekolah, dan pelatihan guru.

3.      Mendapatkan Pengakuan Sebagai Guru

Terdaftar di Data Pokok Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk memperoleh pengakuan sebagai guru. Dengan terdaftar di Data Pokok Pendidikan, guru dapat memiliki status sebagai guru yang sah dan diakui oleh pemerintah.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara cek Data Pokok Pendidikan Guru terbaru 2024 serta syarat terdaftar di Data Pokok Pendidikan Guru terbaru. Semoga bemanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad