Kotaku
Home Beasiswa Segera Dibuka, Ayo Simak Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Segera Dibuka, Ayo Simak Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2024

pexels pavel danilyuk 8423103 scaled

Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 akan segera membuka pendaftaran. Simak cara pendaftaran dan syaratnya dalam artikel kali ini.

KIP Kuliah 2024 merupakan program dibawah naungan Kementrian pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi pada calon mahasiswa sesuai persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan.

Untuk mendaftar KIP Kuliah harus memperhatikan persyaratan nya terlebih dahulu dan mengetahui bagaimana cara daftar.

Berikut ini adalah ulasan cara mendaftar KIP Kuliah 2024.

KIP Kuliah 2024

Sebelum mengetahui cara mendaftar KIP Kuliah 2024, tidak ada salahnya kita mengenal lebih dekat tentang program beasiswa ini.

KIP Kuliah adalah bantuan pendidikan yang diberikan untuk mahasiswa dengan kemampuan dan potensi akademik yang baik tetapi berasa dari keluarga yang kurang mampu.

Dulunya KIP Kuliah disebut dengan Bidikmisi. Program ini ditujukan bagi lulusan SMA sederajat, yang telah lulus jalur SNBP, SNBT dan Ujian Mandiri di perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta.

Mahasiswa yang masuk pada program ini akan mendapat jaminan biaya pendidikan berupa biaya perkuliahan secara penuh uang saku atau biaya hidup untuk membantu penyelesaian perkuliahan

Persyaratan KIP Kuliah 2024

Jenis-jenis Beasiswa untuk Mahasiswa Jalur PTN 2024

Nah, sekarang ayo simak syarat dan ketentuan untuk menerima KIP Kuliah 2024. Untuk mendaftarkan diri pada program ini maka calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ada.

Berikut ini adalah persyaratan penerima KIP Kuliah 2024.

  • Siswa SMA atau sederhana yang telah lulus dan akan lulus pada tahun pelajaran atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya
  • Memiliki NISN, NPSN, serta NIK yang valid
  • Termasuk dalam siswa yang memiliki potensi akademik yang baik, tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi yang harus menyertakan bukti dokumen sah
  • Siswa SMA/SMK atau MA dan sederajat yang lulus pada tahun berjalan yang mempunyai kartu KIP atau namanya  terdaftar dalam Kartu Keluarga Sejahtera dan terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  • Telah dinyatakan lulus penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan akreditasi A atau B, untuk akreditas C dengan pertimbangan tertentu.

Cara Daftar KIP Kuliah 2024

Untuk melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 dapat melalui situs resmi Kemendikbud atau melalui mobile apps.

Tahap pendaftaran adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke lama KIP Kuliah atau klik disini
  • Klik menu “Login Siswa”
  • Masukan data seperti NIK, NISN, NPSN dan alamat email
  • Tunggu hingga mendapatkan Nomor Pendaftaran dan kode akses yang akan dikirim melalui email. Jaid, pastikan email yang digunakan masih aktif
  • Selesaikan proses pendaftaran pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi
  • Jika telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tertentu, maka kamu dapat melakukan verifikasi untuk mengusulkan diri sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024.

Dokumen Pendukung KIP Kuliah 2024

Tahapan Seleksi SNPMB 2024

Sebelum melakukan pendaftaran lebih baik perhatian dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri.

  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Bukti terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4.000.000 per bulan atau bukti pendapatan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga terbanyak Rp 750.000.
  • Atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), yang dikeluarkan Desa/Kelurahan.
  • Atau memiliki kartu bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
  • Atau mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan yang memiliki Surat Keterangan sebagai anak panti

Jika Tidak Terdaftar di DTKS

Salah satu persyaratan KIP Kuliah adalah bahwa nama sesuai dengan data dan sesuai KK nama tertera dalam DTKS. Karena salah tsua persyaratan kamu adalah penerima KIP Kuliah 2024 adalah dengan program ini dapat membantu anak yang tidak mampu padahal memiliki kemampuan akademis dan keterampilan lain dengan baik.

Lalu bagaimana jika nama Saya tidak ada dalam DTKS? Tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara mengatasinya.

Berikut ini adalah cara pengajuan pendaftaran DTKS.

Ajukan pendaftaran DTKS, pendaftaran mandiri DTKS dapat dilakukan dengan mengunjungi Kantor Desa/Kelurahan,

Selain itu, pendaftaran KIP Kuliah yang tidak perlu terdaftar pada DTKS maka calon penerima harus menyertakan dokumen pendukung.

Pendaftar KIP Kuliah yang tidak terdaftar dalam DTKS akan diverifikasi melalui status ekonominya berdasarkan dokumen dan bukti lainnya.

Bukti lain yang dapat disertakan adalah bukti pekerjaan orang tua, penghasilan, total utang, cicilan, tabungan keluarga, dan sebagainya. Pada tahap pendaftaran pendaftar akan memasukkan informasi data kepemilikan, daya listrik, luas tanah, dan foto kondisi rumah, aset kepemilikan seperti kendaraan, emas dan lain sebagainya. Informasi ini kemudian akan digunakan untuk menentukan apakah siswa dapat menerima KIP Kuliah 2024.

Demikian adalah informasi mengenai cara pendaftaran dan syarat KIP Kuliah 2024. Dengan adanya program ini diharapkan akan membantu putra putri Indonesia dalam menuntut ilmu setinggi-tingginya. Program ini akan memberikan bantuan pembiayaan kuliah yang langsung dibayarkan pada Universitas. Selain itu mahasiswa juga akan mendapat bantuan biaya hidup yang menyesuaikan dengan kebutuhan di kota Perguruan tinggi.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad