Kotaku
Beranda Bisnis 10 Rekomendasi Bisnis Keluarga yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

10 Rekomendasi Bisnis Keluarga yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

10 Rekomendasi Bisnis Keluarga yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Kotakuid – Bisnis keluarga merupakan salah satu jenis bisnis yang biasanya dijalankan secara turun temurun di dalam keluarga.┬áDi Indonesia, ada banyak perusahaan besar yang dimulai dari bisnis kecil bersama keluarga. Jika Anda merasa tertarik untuk mulai menjalankan bisnis keluarga, di bawah ini merupakan beberapa bisnis keluarga yang dapat dicoba.

1. Kerajinan tangan

Jika Anda mempunyai hobi dan kemampuan untuk membuat kerajinan tangan, maka bisnis ini dapat menjadi pilihan. Anda dapat memanfaatkan kreativitas Anda untuk membuat sebuah produk. Akan tetapi, sebaiknya Anda membuat produk unik dan berbeda dengan yang sudah ada. Hal ini bertujuan untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

2. Studio fotografi

Fotografi merupakan salah satu industri yang sedang mengalami perkembangan. Dengan semakin meningkatnya teknologi modern, memulai suatu bisnis studio fotografi dapat menjadi hal yang sangat mudah. Anda dapat membuat studio fotografi yang dikelola keluarga untuk bisa mengabadikan kenangan khusus bagi para klien.

3. Bisnis Keluarga Coffee shop

Semakin tingginya minat masyarakat terhadap kopi, bisa Anda manfaatkan menjadi peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis kedai kopi. Anda dapat memadukan produk kopi Anda dengan lokasi kedai yang cukup strategis dan interior yang nyaman untuk menarik pelanggan.

4. Layanan bimbingan belajar online

Dengan meningkatnya permintaan pendidikan online, membuka layanan bimbingan belajar online dapat menguntungkan. Anda dapat memanfaatkan media pembelajaran online seperti diantaranya zoom untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan lebih mudah. Materi pembelajaran bimbingan online juga bervariasi, mulai dari kelas musik, bahasa asing, dan lain sebagainya.

5. Bisnis Keluarga Toko roti

Toko roti adalah salah satu bisnis keluarga yang sangat cocok untuk keluarga yang mempunyai hobi membuat kue. Salah satu keuntungan dari bisnis ini yaitu bisa dimulai dengan modal yang terbatas, dan mulai menjual dalam jumlah yang kecil. Anda dapat memilih untuk memproduksi roti dari rumah kemudian memasarkannya secara online.

6. Bisnis sayuran organik

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat sejalan dengan kebutuhan masyarakat yaitu makanan sehat yang tinggi, salah satunya adalah sayuran organik. Hal ini mampu menjadi ide bisnis yang cukup menarik. Untuk bisa memulai bisnis ini, Anda dapat memanfaatkan halaman rumah Anda dengan menggunakan teknik menanam hidroponik.

7. Pet shop atau tempat penitipan hewan

Jika Anda senang dan paham bagaimana merawat hewan, maka Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis pet shop atau tempat penitipan hewan. Bisnis ini sangat menjanjikan, karena orang yang bekerja jauh dari rumah pasti membutuhkan tempat untuk menitipkan hewan peliharaan mereka.

8. Rental mobil atau motor

Untuk bisa memulai bisnis rental mobil ataupun motor, Anda tidak perlu lagi melibatkan semua anggota keluarga, melainkan Anda dapat menjalin kerja sama dengan satu atau dua orang anggota keluarga dan bisa membagi tugas. Akan tetapi, anggaran dana yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini cukup besar.

9. Layanan pengiriman

Sejak maraknya e-commerce dan penjualan online, layanan pengiriman menjadi suatu bisnis yang menguntungkan. Anda dapat mencoba untuk menawarkan layanan pengiriman cepat untuk bisa menarik pelanggan. Akan tetapi, untuk mengoperasikan bisnis ini mungkin harus mempunyai beberapa lisensi dan izin beroperasi. Tidak hanya itu, asuransi kurir juga dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini.

10. Bisnis pariwisata

Jika Anda tinggal di daerah tujuan wisata misalnya Yogyakarta, Bali, Bandung, dan kota-kota pariwisata lainnya, Anda dapat mencoba untuk memulai bisnis pariwisata. Anda dapat memulai dengan bisnis penginapan, rental kendaraan, pemandu wisata, atau bahkan membuka toko souvenir dan oleh-oleh khas dari daerah setempat.

Kesimpulan

Pada dasarnya, bisnis keluarga merupakan bisnis sederhana yang dijalankan oleh anggota keluarga itu sendiri. Jika Anda pemula dalam berbisnis, maka Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk bisa melatih diri Anda dalam mengenal dunia bisnis. Demikian penjelasan tentang rekomendasi bisnis keluarga yang menguntungkan dan modal kecil. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan