Kotaku
Home Pendidikan Referensi SNBT, 10 Universitas Terbaik Indonesia Versi Edurank

Referensi SNBT, 10 Universitas Terbaik Indonesia Versi Edurank

Tahukah kamu universitas terbaik Indonesia? sebagai referensi untuk memilih jurusan atau perguruan tinggi dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, coba lihat daftar universitas yang terbaik di Indonesia.

Daftar universitas terbaik yang akan dijelaskan berdasarkan dari Edurank. Pemilihan perguruan tinggi sangat penting bagi calon mahasiswa. Karena dapat menentukan strategi yang harus dijalankan saat memilih jurusan.

Langsung saja simak daftar universitas terbaik Indonesia versi Edurank yang telah dirangkum oleh kotaku.id.

Universitas Terbaik Indonesia Berdasarkan Edurank

Edurank adalah platform yang bertujuan untuk memberikan peringkat pada lembaga-lembaga pendidikan, seperti universitas atau sekolah sesuai dengan faktor yang relevan. Dengan platform ini maka calon mahasiswa akan dapat mengetahui informasi untuk memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan calon mahasiswa. Sehingga dapat menentukan universitas terbaik di suatu negara maupun di sebuah kawasan.

EduRank menggunakan data yang tersedia dan algoritma khusus untuk melakukan penilaian terhadap lembaga pendidikan, dan kemudian menghasilkan peringkat berdasarkan kriteria yang ditetapkan. EduRank telah melakukan peringkat terhadap 100 universitas terbaik di Indonesia dengan mempertimbangkan hasil penelitian, keunggulan di luar akademik, dan pengaruh alumni. Metode penilaian ini melibatkan analisis terhadap 1,71 juta kutipan dari 996 ribu publikasi akademik yang berasal dari 562 universitas di Indonesia. Selain itu, popularitas 700 alumni yang diakui juga menjadi faktor penentu, didukung oleh database referensi terbesar yang tersedia. Daftar universitas terbaik ini telah diperbarui dari 29 februari 2024.

Universitas Indonesia

UI atau Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi universita terbaik menurut Edurank. Kampus utama UI terletak di bagian Utara Depok. Selain di Indonesia menduduki peringkat nomor 1, UI juga menduduki peringkat ke 531 di dunia dan peringkat 88 di Asia. Terdapat banyak jurusan dan prodi yang ditawarkan oleh UI pada calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri lewat berbagai jalur penerimaan salah satunya adalah SNBT.

Universitas Gadjah Mada

Peringkat kedua universitas terbaik di Indonesia adalah UGM. Dari 562 Universitat UGM berhasil menduduki peringkat nomor 2 di Indonesia. Sedangkan di dunia UGM menempati urutan ke 655 dan di Asia menempati peringkat ke 114. UGM juga menghasilkan berbagai lulusan yang namanya terkenal hingga kini seperti Mohammad Hatta hingga presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Institut Teknologi Bandung

Sebagai salah satu institusi teknologi tertua di Indonesia, ITB telah menunjukkan komitmen nya dalam menghasilkan lulusan berkualitas tinggi dalam berbagai bidang ilmu teknik dan sains. ITB juga dikenal karena penelitiannya yang berdampak dan keterlibatannya dalam kolaborasi internasional. Sehingga ITB menjadi salah satu universitas terbaik yang menduduki peringkat ke 3 di Indonesia. sedangkan di dunia sendiri ITB menempati peringkat ke 787 dari 14. 1311 dan menempati urutan ke 159 di Asia dari 5.830 perguruan tinggi.

Institut Pertanian Bogor

IPB adalah universitas terbaik yang menempati urutan ke 4 di Indonesia, sedangkan di dunia menempati urutan ke 977 dan urutan ke 22 di Asia. Di Bogor sendiri IPB adalah universitas terbaik nomor 1. Tingkat penerimaan IPB hingga 10 persen. Alumni dari ITB yang namanya asti diketahui orang indonesia adalah Susilo bambang Yudhoyono presiden keenam di Indonesia. IPB terkenal karena keunggulan dalam ilmu pertanian dan lingkungan hidup.Berlokasi di Bogor, Jawa Barat, IPB menawarkan program studi yang berkualitas dalam berbagai bidang pertanian, lingkungan, dan ilmu hayati.

Universitas Diponegoro

Menempati urutan ke 5 di Indonesia Universitas Diponegoro menjadi perguruan tinggi terbaik setelah IPB berdasarkan Eduank. Di dunia Universitas Diponegoro menempati urutan ke 990 dan urutan ke 230 di Asia. Tingkat penerimaan Universitas ini hingga 10 persen. Terletak di Semarang, Jawa Tengah Universitas Diponegoro menyediakan berbagai program studi di bidang ilmu pengetahuan alam, teknik, kedokteran, ekonomi, dan lainnya. Beberapa jurusan yang ditawarkan antara lain  Bisnis Pertanian, Arsitektur dan Perencanaan, Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi dan Hayati, Biomedis, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Ilmu Pesisir, Ilmu Komunikasi, Kesehatan Masyarakat dan lain sebagianya.

Universitas Padjadjaran

UNPAD yang terletak di Bandung, Jawa Barat, terkenal dengan program studi di bidang ilmu sosial, ekonomi, dan hukum. UNPAD menempati urutan ke 6 menjadi universitas terbaik Indonesia. Kemudian di dunia UNPAD menempati peringkat ke 1004 dan di Asia menempati peringkat ke 236. Alumni lulusan UNPAD yang terkenal adalah Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara bergengsi di Indonesia.

Universitas Airlangga

Berada di Surabaya, Jawa Timur Universitas Airlangga menempati peringkat ke 7 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Di dunia Airlangga menempati urutan ke 1043 dan urutan ke 252 di Asia. UNAIR  terkenal dalam bidang kedokteran dan ilmu kesehatan. Peringkat kedokteran Universitas Airlangga menempati urutan ke 3 di Indonesia dari 75 universitas.

Universitas Brawijaya

Terletak di Malang, Jawa Timur Universita Brawijaya adalah universitas terbaik Indonesia yang menempati urutan ke 8. Di dunia UB menempati urutan ke 1064 dan urutan ke 256 di Asia. Salah satu dari Visi UB adalah menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berlandaskan pada moral dan etika.

Universitas Sebelas Maret

UNS atau Universitas sebelas Maret terletak di Surakarta, Jawa Tengah enapati urutan k 9 di Indonesia dan urutan ke 1296 di dunia. Sedangkan di Asia menempati urutan ke 346. Beberapa jurusan di UNS antara kalian adalah Agronomi, Biologi, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Budaya, Demografi dan Kependudukan.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Selanjutnya universitas terbaik di Indonesia urutan ke 10 adalah ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu institusi pendidikan teknik terkemuka di Indonesia, terletak di Surabaya. Di dunia ITS menempati peringkat ke 1376 dan di Asia menempati urutan ke 379. ITS memiliki fokus utama pada ilmu teknik dan sains, dengan berbagai program studi yang terkait seperti teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, teknik kimia, dan banyak lagi.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad