Kotaku
Home Beasiswa Raih Gelar S2 Impianmu, Beasiswa S2 Ini Terbuka Tanpa Batas Usia untuk Perempuan, Yuk Daftarkan Dirimu!

Raih Gelar S2 Impianmu, Beasiswa S2 Ini Terbuka Tanpa Batas Usia untuk Perempuan, Yuk Daftarkan Dirimu!

IMG 20240252 064339288 copy 2135×1112

Kotaku.id Raih Gelar S2 Impianmu, Beasiswa S2 Ini Terbuka Tanpa Batas Usia untuk Perempuan – Program Beasiswa British Council for Woman in STEM Scholarship menawarkan kesempatan bagi perempuan tanpa batas usia untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke tingkat S2 di Inggris. Beasiswa ini didesain khusus untuk perempuan yang memiliki latar belakang dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika (STEM), dengan tujuan meningkatkan representasi perempuan di sektor STEM. Para penerima beasiswa S2 di universitas terkemuka di Inggris.

Manfaat dari beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, serta biaya visa dan asuransi kesehatan. Program ini juga menyediakan dukungan untuk tes bahasa Inggris IELTS jika dibutuhkan, sesuai dengan informasi yang tersedia di situs web resminya.

Diharapkan bahwa program beasiswa ini akan berkontribusi dalam mendorong partisipasi perempuan dalam pendidikan, pelatihan, dan perekrutan di bidang STEM. Data dari Organisasi Pendidikan, Ilmiah, dan Budaya PBB (UNESCO) menunjukkan bahwa jumlah perempuan yang menjadi peneliti di seluruh dunia masih kurang dari 30 persen.

Selain itu, hanya sekitar 30 persen dari total mahasiswa di dunia yang memilih untuk mengejar pendidikan di bidang STEM. Melalui pemberian beasiswa ini, diharapkan dapat tercapai peningkatan dalam keragaman tenaga kerja, penghasilan yang lebih adil, produksi karya ilmiah yang lebih beragam, serta ide dan perspektif yang lebih inklusif. Hal ini diharapkan akan membuat organisasi di sektor STEM menjadi lebih kompetitif dalam skala global.

Kriteria Pendaftar Beasiswa S2 British Council for Woman in STEM

Kriteria Pendaftar Beasiswa S2 British Council for Woman in STEM

Berikut yang harus dipenuhi oleh para calon penerima Beasiswa S2 British Council untuk Wanita di Bidang STEM adalah sebagai berikut:

1.      Dapat Kuliah Di Inggris Dalam Satu Tahun Ajaran Mulai September atau Oktober

Ini berarti bahwa pelamar harus memiliki kesiapan untuk mengikuti program studi selama satu tahun penuh di Inggris, yang dimulai pada bulan September atau Oktober. Mereka perlu memastikan bahwa jadwal mereka dan komitmen lainnya sesuai dengan periode waktu ini.

2.      Menunjukkan Kebutuhan Dukungan Finansial

Calon penerima harus dapat menunjukkan bahwa mereka memerlukan bantuan finansial untuk mendukung studi mereka di Inggris. Ini dapat berupa bukti tentang keterbatasan keuangan, biaya hidup di luar negeri, atau kebutuhan akan bantuan dalam hal biaya kuliah dan akomodasi.

3.      Sudah Meraih Gelar Sarjana S1

Hal ini menegaskan bahwa pelamar harus memiliki gelar sarjana yang relevan dan memadai untuk memenuhi persyaratan masuk ke program magister di Inggris. Gelar ini harus diakui dan dianggap setara dengan gelar sarjana yang diperlukan oleh universitas di Inggris.

4.      Memenuhi Persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris Di S2 Kampus Inggris

Kriteria ini menekankan pentingnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai untuk belajar di lingkungan universitas di Inggris. Pelamar perlu mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris yang diakui atau menyertakan sertifikat yang menunjukkan tingkat kemampuan bahasa Inggris mereka yang memenuhi persyaratan universitas.

5.      Aktif Di Lapangan

Ini menyoroti pentingnya pengalaman praktis atau kegiatan yang terkait dengan bidang studi STEM yang dilakukan oleh pelamar sebelumnya. Hal ini bisa berupa magang, proyek penelitian, partisipasi dalam organisasi atau komunitas yang berkaitan dengan STEM, atau pengalaman kerja lainnya yang relevan.

6.      SeriusTingakat  Tinggi Dengan Prodinya

Terakhir, pelamar harus menunjukkan minat yang kuat dalam program studi yang mereka pilih dan memiliki komitmen untuk tetap terlibat sebagai bagian dari jaringan alumni Beasiswa British Council di masa depan. Ini bisa berarti berpartisipasi dalam kegiatan alumni, memberikan kontribusi kembali kepada program beasiswa, atau memberikan dukungan kepada calon penerima beasiswa di masa mendatang.

Cara Daftar Beasiswa S2

Cara Daftar Beasiswa S2

Anda dapat mendaftar untuk beasiswa S2 British Council for Women in STEM dengan memperhatikan tenggat waktu pendaftaran yang bervariasi tergantung pada tanggal batas pendaftaran yang ditetapkan oleh masing-masing kampus. Hal ini disebabkan karena semua aplikasi beasiswa dikirimkan secara langsung kepada universitas yang menjadi tujuan. Untuk memulai proses pendaftaran, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.      Buka halaman web resmi British Council

Pertama-tama, akses situs web resmi British Council melalui tautan yang disediakan: https://www.britishcouncil.id/en/study-uk/women-in-STEM. Pastikan untuk membuka laman ini untuk mendapatkan informasi terkini tentang beasiswa untuk perempuan di bidang STEM.

2.      Temukan dan klik tautan beasiswa S2 kampus

Pada halaman tersebut, cari dan klik tautan yang mengarah ke informasi tentang beasiswa dari kampus yang Anda minati. Biasanya, tautan ini akan mengarahkan Anda ke halaman khusus yang berisi detail tentang persyaratan, batas waktu, dan prosedur pendaftaran.

3.      Periksa dan penuhi persyaratan

Setelah Anda masuk ke halaman beasiswa kampus yang diminati, pastikan untuk membaca dengan seksama semua persyaratan yang diperlukan. Ini mungkin termasuk kriteria kelayakan, dokumen yang harus disertakan, dan prosedur aplikasi. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang tercantum.

4.      Lengkapi dokumen yang diminta

Setelah memahami persyaratan yang diperlukan, pastikan Anda melengkapi semua dokumen yang diminta dengan benar. Ini bisa mencakup transkrip akademik, surat rekomendasi, esai pribadi, dan dokumen lainnya yang mungkin diperlukan oleh kampus yang Anda pilih.

5.      Lakukan pendaftaran ke kampus yang diminati

Setelah semua dokumen Anda siap, ikuti prosedur pendaftaran yang ditetapkan oleh kampus tersebut. Ini mungkin melibatkan pengisian formulir aplikasi online, pembayaran biaya aplikasi (jika ada), dan mengirimkan dokumen pendukung melalui portal online atau melalui email.

6.      Cari informasi tambahan

Jika Anda membutuhkan informasi tambahan tentang beasiswa atau proses pendaftaran, jangan ragu untuk mencari tautan atau kontak yang disediakan pada situs web British Council. Mereka biasanya memiliki petunjuk lebih lanjut atau staf yang siap membantu dengan pertanyaan Anda.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengikuti proses pendaftaran beasiswa ini. Jangan ragu untuk menghubungi pihak terkait jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut. Semoga sukses dalam perjalanan pendidikan Anda!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad