Kotaku
Beranda Bisnis Profesi Helper Gudang: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Profesi Helper Gudang: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Profesi Helper Gudang Tugas Tanggung Jawab dan Gajiny 1

KotakuID – Apa itu profesi helper gudang? Helper gudang merupakan salah satu posisi atau staff yang bertanggung jawab dalam pengelolaan gudang termasuk diantara pengelompokan hingga pencatatan keluar masuknya barang.

Ya, sesuai dengan namanya, helper gudang berarti orang yang bertugas membantu semua aktivitas di gudang agar berjalan dengan lancar. Nah, jika Anda tertarik mengenal lebih dalam mengenai apa saja tugas helper gudang, yuk baca ulasan ini sampai habis ya!

Apa Itu Helper Gudang?

Profesi Helper Gudang: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Perusahaan yang mempunyai gudang tempat penyimpanan barang wajib memastikan jika gudang dan barang-barang di dalamnya terpantau dengan baik. Karena, apabila dibiarkan begitu saja, hal tersebut bisa memicu terjadinya kerugian bagi perusahaan. Sebut saja diantaranya kehilangan dan kerusakan barang, gudang berantakan dan kualitas barang yang buruk.

Nah, semua permasalahan tersebut bisa dicegah dengan adanya posisi helper gudang. Profesi helper gudang merupakan staf yang bekerja di area gudang untuk memastikan kelancaran arus stok barang dan hal-hal lainnya. Yakni seperti memeriksa jumlah dan kualitas barang, mencatat nama dan kode barang yang keluar dan masuk sampai siapa saja yang mengangkutnya.

Mengingat peran dan tugas dari helper gudang cukup krusial, maka mereka wajib selalu teliti dan fokus serta berkondisi fit. Karena tidak jarang helper gudang harus berpindah dengan cepat dari satu barang ke barang yang lainnya.

Baca Juga :  Profesi Operator Gudang: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Tugas Helper Gudang dan Tanggung Jawabnya

Profesi Helper Gudang Tugas Tanggung Jawab dan Gajiny 1

Agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tanggung jawab dan tugas helper gudang, berikut ini ulasannya. Tugas helper gudang yakni:

1. Mencatat Persediaan Stok Barang

Tugas helper gudang yang pertama adalah mencatat persediaan barang yang ada di gudang secara berkala dan memastikan jumlahnya sesuai sistem.

Apabila stok barang sudah mulai menipis, helper gudang akan menginfokannya kepada staf bersangkutan. Sehingga, proses pengiriman atau distribusi barang bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan seperti salah satunya kekurangan stok.

2. Mendata dan Membuat Laporan Perihal Keluar Masuknya Barang

Barang-barang yang ada di dalam gudang adalah aset perusahaan. Sehingga, dibutuhkan pengelolaan secara terperinci untuk setiap item.

Di sini, tugas helper gudang yaitu mendata semua barang yang keluar dan masuk ke gudang setiap harinya. Mereka nantinya akan mengecek apakah produk-produk tersebut jumlahnya sudah benar dan dalam kondisi baik atau tidak. Selanjutnya, data tersebut akan dibuat menjadi laporan untuk diserahkan kepada atasan.

3. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Gudang

Kebersihan dan kerapian gudang juga wajib diperhatikan agar aktivitas pergudangan bisa berjalan lancar. Helper gudang merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas hal ini. Gudang wajib dibersihkan setiap hari demi mencegah masuknya hama seperti diantaranya tikus yang bisa merusak barang-barang.

4. Melakukan Persiapan Barang yang Hendak Keluar Gudang

Masih berkaitan dengan tugas helper gudang sebelumnya, salah satu staf di pergudangan ini juga akan bertanggung jawab persiapan barang keluar gudang termasuk packing, mengangkut dan memasukan barang ke armada. Jadi, setelah memeriksa persediaan stok dan kondisi masing-masing produk, mereka juga harus memastikan bahwa semua produk telah siap kirim.

5. Mengelompokkan Barang-Barang di Gudang

Mengelompokkan barang ke dalam kategori tertentu juga tanggung jawab seorang helper gudang. Pengelompokan ini tidak hanya memudahkan berbagai kegiatan di gudang tapi juga membuat gudang menjadi lebih rapi.

Baca Juga : Mengenal Tugas Staff Logistik, Kira-kira Berapa Kisaran Gajinya?

Kesimpulan

Besaran gaji helper gudang sebenarnya bervariasi tergantung dengan daerah mana ia bekerja. Jadi, tidak bisa disamakan ya. Namun, rata-rata gaji helper gudang yakni sekitar Rp2.000.000 – Rp4.500.000 dan tidak menutup kemungkinan jika ada daerah yang memberikan gaji lebih tinggi dari ini.

Itulah di atas pembahasan mengenai apa itu helper gudang, tugas dan tanggung jawab serta besaran gajinya. Helper gudang yaitu salah satu posisi yang mempunyai peran penting dalam operasional pergudangan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan