Kotaku
Home Bisnis Perbedaan Utama antara Keunggulan Mutlak dan Komparatif Dalam Bisnis, Yuk Pahami!

Perbedaan Utama antara Keunggulan Mutlak dan Komparatif Dalam Bisnis, Yuk Pahami!

Kotaku.id – Konsep perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan komparatif ini diketahui berkaitan dengan perdagangan internasional. Teori keunggulan mutlak dikemukakan oleh Adam Smith yang tertulis di dalam bukunya. Yakni yang berjudul The Wealth of Nations (1776). Sementara itu, untuk teori keunggulan komparatif adalah suatu pendapat David Ricardo dalam bukunya On The Principles of Economy and Taxation (1817).

Adapun, untuk perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan komparatif yaitu keunggulan mutlak yang terjadi jika suatu negara memproduksi barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di negara lain. Sementara keunggulan komparatif nantinya akan tercapai jika suatu negara dapat memproduksi barang atau jasa dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Mengenal Keunggulan Komparatif

Comparative advantage atau kata keunggulan komparatif merupakan sebuah konsep dalam ekonomi yang mana menjelaskan kemampuan, saat suatu negara, perusahaan, dan individu bisa menghasilkan barang ataupun jasa dengan biaya lebih rendah dibandingkan mitra dagangnya.

Konsep keunggulan komparatif ini sangat penting dilakukan dalam menjelaskan perdagangan internasional yang juga merupakan spesialisasi produksi.

Itulah kenapa, walaupun suatu negara mungkin tidak mempunyai keunggulan absolut dalam produksi barang. Mereka masih bisa mempunyai keunggulan komparatif yang membenarkan aktivitas perdagangan bersama dengan negara lain.

Teori Keunggulan Komparatif

Perbedaan Utama Antara Keunggulan Mutlak dan Keunggulan Komparatif

Pencetus adanya teori keunggulan komparatif yaitu David Ricardo yang mana merupakan seorang ekonom Inggris yang pertama kali memunculkan comparative advantage. Yakni dengan melalui buku Principles of Political Economy and Taxation pada tahun 1817.

Ricardo berpendapat jika negara sebaiknya fokus kepada produksi barang yang mempunyai biaya peluang jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Dalam teori ini, biaya peluang nantinya bisa menjadi pertimbangan utama dalam keputusan produksi, bukan hanyan biaya per unit secara absolut.

Selain itu, keunggulan komparatif juga diketahui memungkinkan negara untuk memanfaatkan sumber daya yang terbatas. Yakni secara efisien untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Dengan berfokus kepada produksi barang yang mempunyai keunggulan komparatif, negara bisa meningkatkan efisiensi, margin keuntungan, serta mendapatkan hasil material yang jauh lebih tinggi.

Perbedaan Utama Antara Keunggulan Mutlak dan Keunggulan Komparatif

Adapun untuk perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif yakni sebagai berikut:

1. Latar Belakang

Hal pertama yang membedakan antara keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif yakni ada pada sisi latar belakangnya. Keunggulan mutlak ini diketahui didasarkan pada fakta jika suatu negara bisa menghasilkan lebih banyak barang atau jasa. Yakni dengan menggunakan input yang sama dengan negara lain.

Selain itu, keunggulan komparatif ini muncul karena suatu negara bisa menghasilkan barang atau jasa dengan biaya peluang yang jauh lebih rendah.

2. Biaya Produksi

Yang berikutnya, perbedaan antara keunggulan mutlak dengan keunggulan komparatif yakni ada pada biaya produksinya. Keunggulan mutlak biasanya akan didasarkan pada biaya produksi per unit yang mana jauh lebih rendah. Sedangkan untuk keunggulan komparatif didasarkan kepada biaya peluang yang jauh lebih rendah.

3. Tujuan

Berikutnya, faktor yang membedakan antara keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif yakni ada pada tujuannya. Keunggulan mutlak ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lebih banyak barang atau jasa secara absolut. Sedangkan, untuk keunggulan komparatif mempunyai tujuan untuk memaksimalkan efisiensi produksi dengan cara mengalokasikan sumber daya yang langka secara lebih optimal lagi.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas, bisa disimpulkan jika keunggulan komparatif merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dengan harga yang lebih rendah dibandingkan di pasaran. Meskipun begitu, keunggulan mutlak dianggap lebih mampu dalam membantu perusahaan untuk menghasilkan produk yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan kompetitor.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan kompratif, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad