Kotaku
Beranda Bisnis Perbedaan Endorse dan Paid Promote untuk Promosi Produk

Perbedaan Endorse dan Paid Promote untuk Promosi Produk

Perbedaan Endorse dan Paid Promote untuk Promosi Produk

Kotakuid – Tentunya sebagai seorang pebisnis online, Anda pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya endorse dan paid promote bukan? Ya, sebagai seseorang yang di setiap harinya berkecimpung dengan media sosial, pastinya Anda sering menjumpai kedua istilah tersebut. Namun, apakah Anda tahu apa perbedaan dari endorse dan paid promote?

Keduanya sama-sama cara yang dilakukan untuk bisa meningkatkan closing suatu produk melalui pihak ketiga, yakni influencer. Nah, walaupun terlihat sama-sama penting untuk memasarkan suatu produk, namun ternyata istilah keduanya berbeda. Untuk bisa tahu perbedaan dari endorse dan paid promote secara jelas, silahkan simak ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Endorse?

Pengertian endorse atau endorsement adalah sebuah iklan atau promosi yang biasanya melibatkan influencer atau tokoh terkenal lainnya tapi kontennya lebih bebas dan cenderung memerlukan kreativitas dari si influencer. Influencer bisa bebas dalam mengiklankan produk tersebut seperti apa yang sesuai dengan style yang dimilikinya, karena brand tidak akan menyiapkan materinya.

Pada umumnya output dari endorse yaitu berupa video testimoni atau review produk secara organik. Audience dalam hal ini dapat melihat langsung review tersebut karena produk yang digunakan oleh influencer. Strategi ini dapat dikatakan cukup efektif jika pemilihan influencer bisa tepat untuk melakukan endorsement.

Apa Itu Paid Promote?

Sebelum Anda tahu perbedaan dari endorse dan paid promote, penting bagi Anda untuk paham tentang pengertian paid promote terlebih dahulu. Paid promote adalah promosi berbayar yang biasanya melibatkan jasa influencer, selebgram, dan media. Promosi ini akan berisi informasi tentang kampanye produk yang materinya telah disiapkan oleh brand.

Jangkauan dari paid promote ini juga cukup luas, karena tidak hanya terbatas pada followers dan pengikut dari sosial media si influencer saja. Akan tetapi, juga akan masuk ke dalam tab explore yang ada di sosial media. Jadi akan ada banyak orang yang bisa melihat promosi produk Anda karena akan muncul di laman explore.

Perbedaan Endorse dan Paid Promote

Perbedaan Endorse dan Paid Promote

Walaupun sama-sama bertujuan untuk memasarkan suatu produk, namun keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mendasar. Pada endorsement, si pemilik brand perlu mengirim produk kepada influencer untuk diberikan ulasannya. Tujuannya yakni untuk mendapatkan ulasan yang sifatnya positif dan dapat dishare ke audiens. 

Dalam paid promote, influencer nantinya akan mengunggah foto atau video dan caption yang sebelumnya telah disediakan oleh si brand atau si pemilik produk.

Harga paid promote juga telah disepakati oleh kedua belah pihak sebelumnya, sehingga brand tidak perlu lagi mengirim barang dan produk yangakan diiklankan. Jadi influencer tidak akan memberikan review dan ulasan tentang produk tersebut karena materi sudah tersedia.

Jadi materi pada paid promote telah disediakan oleh brand, sedangkan pada endorse belum. Influencer harus membuat konten sendiri yang akan menampilkan ulasan atas produk tersebut. Untuk sistem pembayarannya berbeda, karena pada endors, pembayaran adalah berupa produk yang akan diiklankan.

Manfaat Endorse dan Paid Promote untuk Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan diatas, mekanisme dalam endorse dan paid promote berbeda. Namun keduanya sama-sama mempunyai manfaat dan tujuan yang sama, yakni sebagai berikut:

  • Meningkatkan Brand Awareness. Melalui endorse dan paid promote, bisa meningkatkan brand awareness dalam sebuah bisnis. Influencer sebagai pihak ketiga bisa membantu dalam meningkatkan jangkauan produk sehingga bisa lebih mudah dikenal oleh audiens. Semakin banyak konsumen yang mengenal produk Anda, maka potensi penjualan Anda akan semakin meningkat.
  • Meningkatkan Engagement. Selain brand awareness, dalam endorsement dan paid promote juga mampu meningkatkan engagement. Influencer mempunyai pengaruh besar dan positif terhadap interaksi media sosial bisnis Anda, sehingga bisa berpotensi meningkatkan jumlah followers yang berujung pada closing. Sementara itu, jumlah pengikut yang banyak juga bisa meningkatkan kepercayaan publik terhadap suatu produk. 

Kesimpulan

Nah, itulah di atas perbedaan dari endorsement dan paid promote yang perlu Anda tahu. Sebagai seorang pebisnis, menentukan cara promosi yang tepat penting dilakukan. Anda dapat mencoba salah satu atau kedua cara diatas untuk bisa meningkatkan potensi penjualan pada bisnis Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan