Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya dalam Komunikasi Bisnis, Yuk Pahami!
Daftar isi:
Kotaku.id – Pentingnya komunikasi lintas budaya dan pentingnya meningkatkan kemampuan komunikasi lintas budaya yang dimiliki karyawan, perlu diketahui oleh setiap pelaku usaha dan bisnis. Hal ini tidak terlepas dari adanya komunikasi yang mana merupakan inti utama dalam setiap kegiatan bisnis. Misalnya komunikasi antar korporasi, komunikasi antara sesama karyawan, komunikasi antara perusahaan dan juga konsumen.
Krusialnya kompetensi lintas budaya dan kemampuan komunikasi lintas budaya saat ini penting terutama di era globalisasi yang kompetitif. Perusahaan dan bisnis tak hanya bersaing dengan kompetitor yang ada di dalam negeri, akan tetapi juga bersaing dengan perusahaan asing dan mempunyai partner, karyawan atau konsumen yang berasal dari negara lain.
Dalam pembahasan kali ini akan membahas terkait pengertian dari komunikasi lintas budaya dan apa saja manfaat atau pentingnya cross cultural communication tersebut dalam dunia bisnis.
Mengenal Komunikasi Lintas Budaya
Komunikasi lintas budaya diartikan sebagai interaksi antar pribadi ataupun komunikasi antara orang yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda. Adapun, perbedaan budaya disini mencakup perbedaan seperti bahasa, agama, norma sosial, gaya hidup dan masih banyak yang lainnya lagi.
Dalam dunia bisnis, komunikasi lintas budaya bisa terjadi dalam satu entitas perusahaan yang mempunyai karyawan dari berbagai latar budaya atau terjadi antara satu entitas perusahaan dengan perusahaan lain maupun konsumen.
Sebagai contoh, perusahaan E yang berada di Indonesia mempunyai hubungan kerja sama dengan perusahaan asing yang asalnya dari Eropa. Atau misalnya dalam perusahaan E terdapat karyawan asing yang mana berasal dari negara lain. Hal ini dapat memicu perbedaan budaya dan latar belakang dalam komunikasi, baik itu antar karyawan atau antar perusahaan.
Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya dalam Komunikasi Bisnis
Komunikasi antar budaya memiliki peranan penting dalam komunikasi bisnis yakni untuk menyatukan perbedaan dalam setiap perusahaan. Jika perusahaan atau karyawan tidak mempunyai kompetensi lintas budaya yang baik, maka bisa terjadi intoleransi antar karyawan ataupun rasa kurang menghargai atas karyawan atau perusahaan lain yang berbeda budaya.
Kurangnya kompetensi lintas budaya dan kemampuan komunikasi lintas budaya mampu menghambat proses bisnis. Budaya antar satu perusahaan dengan perusahaan asing memang tidak sama. Hal yang dianggap wajar dalam satu perusahaan, biasa dianggap tidak wajar atau dapat memberikan kesan buruk oleh perusahaan lain.
Misalnya saja sebagai contoh, budaya dan etos kerja perusahaan dan karyawan Jepang sangat disiplin dan tepat waktu. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan etos kerja perusahaan Indonesia yang masih menyepelekan disiplinitas. Jika dalam satu perusahaan Indonesia terdapat pimpinan orang Jepang, dan karyawan sebagian besar orang Indonesia, kurangnya kompetensi lintas budaya akan memicu permasalahan. Bahkan mampu menghambat proses bisnis akibat latar belakang yang berbeda.
Kesimpulan
Demikian pembahasan terkait pengertian dari komunikasi lintas budaya dan pentingnya komunikasi lintas budaya dalam bisnis. Di dalam dunia bisnis tentunya Anda tidak hanya berhadapan dengan orang orang yang berasal dari dunia bisnis dengan budaya yang sama. Akan tetapi juga dengan orang orang dari budaya yang berbeda. Ditambah lagi dengan era globalisasi. Oleh sebab itu, Anda harus siap untuk bersaing dan bekerja sama berama dengan orang-orang asing yang mempunyai perbedaan budaya mencolok.
Semoga infomasi yang disampaikan terkait komunikasi lintas budaya secara lengkap di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda. Ulasan diatas merupakan informasi yang sangat membantu para pelaku bisnis!