Urutan Langkah dalam Melakukan Penilaian Keaktifan CGP di Lokakarya Tahun 2024
Daftar isi:
– Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap tentang Urutan Langkah dalam Melakukan Penilaian Keaktifan CGP di Lokakarya Tahun 2024. Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) adalah sebuah program yang bertujuan untuk menyiapkan para guru sebagai pemimpin pembelajaran yang bisa menggerakkan komunitas belajar.
Program ini dilakukan selama 1,5 tahun dan terdiri atas empat fase. Adapun, salah satu tahapan penting dalam PPGP ini yaitu lokakarya. Pada lokakarya, calon guru penggerak (CGP) nantinya akan mendapatkan berbagai macam materi dan pengalaman. Yang mana bisa mendukung mereka dalam mengembangkan kompetensi kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik.
Untuk dapat memastikan bahwa CGP bisa mendapatkan manfaat maksimal dari lokakarya, perlu dilaksanakan penilaian keaktifan CGP. Adapun, penilaian keaktifan CGP biasanya dilakukan oleh pengajar praktik (PP) yang mendampingi CGP selama lokakarya berlangsung.
Penilaian ini mempunyai tujuan untuk memberikan umpan balik kepada CGP supaya mereka bisa meningkatkan keaktifan dan partisipasi mereka dalam lokakarya.
Urutan Langkah Dalam Melaksanakan Penilaian Keaktifan CGP Di Lokakarya Guru Penggerak
Berikut ini merupakan urutan langkah dalam melaksanakan penilaian keaktifan CGP di lokakarya guru penggerak tahun 2024.
1. Persiapan
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh PP yaitu mempersiapkan diri untuk bisa melaksanakan penilaian keaktifan CGP. Hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh PP yakni antara lain:
- Memahami dengan baik tujuan penilaian keaktifan CGP
- Memahami indikator-indikator keaktifan CGP
- Menyiapkan instrumen penilaian
2. Observasi
Setelah persiapan selesai, PP nantinya dapat melakukan observasi terhadap CGP selama lokakarya. Observasi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Mengamati secara langsung aktivitas CGP selama lokakarya berlangsung
- Mendengarkan diskusi CGP
- Membaca karya tulis CGP
3. Pencatatan
Setelah melaksanakan observasi, PP perlu mencatat hasil observasi tersebut. Pencatatan bisa dilaksanakan dengan cara berikut:
- Mencatat aktivitas CGP secara rinci
- Mencatat hal yang menarik perhatian PP
- Mencatat hal-hal yang harus diperbaiki oleh CGP
4. Analisis
Setelah berhasil mencatat hasil observasi, PP perlu melakukan analisis terhadap hasil catatan tersebut. Analisis bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Mengkategorikan aktivitas CGP berdasarkan pada indikator keaktifan CGP
- Menentukan tingkat keaktifan CGP berdasarkan pada kategori yang telah dibuat
5. Umpan balik
Setelah melaksanakan analisis, PP harus memberikan umpan balik kepada CGP. Umpan balik bisa diberikan secara lisan ataupun tertulis. Umpan balik yang diberikan harus bersifat konstruktif dan bisa membantu CGP dalam meningkatkan keaktifan dan partisipasi mereka dalam lokakarya.
Contoh Indikator Keaktifan CGP
Berikut ini merupakan contoh indikator keaktifan CGP yang bisa digunakan oleh PP dalam melaksanakan penilaian:
- Keaktifan dalam diskusi: CGP harus aktif bertanya dan memberikan tanggapan dalam diskusi.
- Keaktifan dalam presentasi: CGP harus aktif dalam presentasi, baik itu secara individu ataupun kelompok.
- Keaktifan dalam kegiatan pembelajaran: CGP harus aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti diantaranya praktik mengajar, refleksi, dan berbagi praktik.
- Keaktifan dalam kegiatan refleksi: CGP harus aktif dalam kegiatan refleksi, baik itu secara individual ataupun kelompok.
- Keaktifan dalam kegiatan berbagi praktik: CGP harus aktif dalam kegiatan berbagi praktik, baik itu secara individual ataupun kelompok.
Penilaian keaktifan CGP adalah hal penting untuk dilakukan, nantinya penilaian ini bisa membantu CGP dalam meningkatkan keaktifan dan partisipasi mereka dalam lokakarya. Dengan begitu, CGP bisa mendapatkan manfaat maksimal dari lokakarya dan menjadi guru penggerak yang berkualitas.
Berikut ini merupakan beberapa hal dalam penilaian keaktifan CGP di lokakarya untuk guru penggerak:
- Pertanyaan Terbuka. Dorong peserta untuk mengajukan pertanyaan terbuka yang mampu mendorong diskusi dan pemahaman yang lebih dalam.
- Tugas dan Latihan. Selama lokakarya berlangsung, berikan tugas atau latihan kepada peserta yang memungkinkan mereka untuk bisa menerapkan konsep yang telah dipelajari. Lakukan observasi sejauh mana mereka berhasil dalam menyelesaikan tugas ini. Hal ini merupakan indikator penting guna mengukur pemahaman dan keterampilan yang didapatkan dalam lokakarya.
- Evaluasi Proses. Selain hasilnya, evaluasi juga perlu dilakukan yakni mencakup proses yang dilakukan oleh peserta guna mencapai hasil tersebut. Misalnya, sejauh mana mereka berkolaborasi bersama peserta lain dan sejauh mana mereka menggunakan pendekatan yang telah diajarkan.
- Diskusi Refleksi. Setelah lokakarya selesai, silahkan berikan waktu untuk diskusi refleksi. Peserta bisa berbagi pengalaman dan pemahaman mereka terkait materi yang telah diajarkan.
- Penilaian Akhir. Berdasarkan seluruh data yang dikumpulkan selama lokakarya, instruktur nantinya bisa memberikan penilaian akhir terkait keaktifan CGP. Hal ini harus didasarkan pada kriteria yang telah dijelaskan sebelumnya. Penilaian ini juga harus bersifat objektif dan adil.
- Umpan Balik dan Penghargaan. Setelah penilaian diberikan, maka berikan umpan balik kepada peserta, baik itu secara individu ataupun sebagai kelompok. Jangan lupa juga, berikan penghargaan atau pengakuan kepada peserta yang telah menunjukkan keaktifan serta prestasi yang tinggi dalam kegiatan lokakarya.
Kesimpulan
Penilaian keaktifan CGP di lokakarya merupakan alat penting guna mengukur efektivitas pelatihan dan memastikan peserta benar-benar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Dengan Anda mengikuti urutan langkah di atas, maka Anda sebagai guru penggerak dapat merasakan manfaat maksimal pada lokakarya. demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda.