Kotaku
Home Bisnis Pengertian Putaway: Proses Penting dalam Pengelolaan Barang

Pengertian Putaway: Proses Penting dalam Pengelolaan Barang

Pengertian Putaway Proses Penting dalam Pengelolaan Barang

KotakuID – Apa arti dari putaway? Putaway merupakan salah satu proses vital dalam manajemen pergudangan. Proses ini juga merupakan proses penempatan barang ke lokasi penyimpanan. Bisa dikatakan, produktivitas dalam gudang akan terganggu jika proses pemindahan tersebut tidak dilakukan secara teliti.

Oleh sebab itu, putaway merupakan proses yang perlu diperhatikan secara teliti untuk bisa memindahkan dan menempatkan barang sesuai dengan tempatnya. Nah, ulasan di bawah ini akan menjelaskan secara lebih detail tentang apa itu putaway, fungsi, serta strateginya. Simak baik-baik sampai habis ya!

Apa Itu Putaway?

Pengertian Putaway: Proses Penting dalam Pengelolaan Barang

Sama dengan namanya, putaway merupakan suatu proses pemindahan barang yang masuk dari distributor ke lokasi permanen di dalam gudang. Lokasi permanen tersebut yakni mencakup area pengambilan ataupun penyimpanan.

Pengertian putaway yaitu sebuah proses untuk memastikan bahwa barang yang di simpan di lokasi yang tepat berdasarkan dengan persyaratan kondisi penyimpanannya. Manfaat utama menggunakan putaway yakni akses mudah ke barang dan inventaris terorganisir. Perlu Anda ketahui, menunda putaway bisa berdampak negatif pada gudang, seperti:

  • Memerlukan ruang: Di dunia gudang, ruang merupakan uang. Sewa, pemanas, dan asuransi yaitu semua harga yang harus dibayar untuk menyimpan barang. Tumpukan barang yang tidak teratur akan mengakibatkan penggunaan ruang jadi tidak efisien.
  • Kemungkinan kerusakan yang lebih tinggi: saat barang menumpuk, pekerja harus memindahkannya secara terus-menerus untuk bisa menemukan produk yang mereka butuhkan. Semakin banyak barang yang ditangani, semakin tinggi pula kemungkinan risiko kerusakan.

Intinya, pengertian putaway adalah proses penting untuk memindahkan barang dari pengiriman ke gudang, sekaligus untuk memudahkan akses dalam menciptakan sistem inventaris yang terorganisir.

Baca juga: Pengertian Gudang Berikat: Jenis, Syarat & Tanggung Jawabnya

Pentingnya Putaway dalam Pergudangan

Pengertian Putaway: Proses Penting dalam Pengelolaan Barang

Jika dilakukan dengan benar dan tepat, penyimpanan gudang akan membantu meningkatkan beragam aspek manajemen SKU mulai dari pelacakan inventaris, penyimpanan, sampai pengambilan. Adapun beberapa manfaat lainnya dari putaway yaitu sebagai berikut:

1. Mempercepat Pengambilan

Manfaat putaway yakni untuk sarana mengetahui letak SKU berada secara tepat. Hal ini sehingga mempersingkat waktu siklus pemesanan dan dengan pengiriman yang jauh lebih cepat. Oleh sebab itu, kepuasan pelanggan bisa terjamin.

2. Meminimalisir Risiko Salah Tempat hingga Hilangnya Barang

Mengetahui letak barang tidak hanya akan meningkatkan akurasi inventaris, akan tetapi juga membantu Anda untuk menghindari risiko salah tempat atau barang yang hilang. Proses putaway akan mendorong perhitungan SKU dengan tepat untuk melacak sumber perbedaan tiap inventaris.

3. Efektif dalam Menggunakan Tempat Penyimpanan

Strategi putaway yang terorganisir akan membantu Anda untuk menemukan solusi dalam pemakaian gudang dan mengurangi biaya penyimpanan inventaris. Hal ini juga membantu Anda menjaga gudang yang bersih dan terorganisir. Putaway dan slotting yang efisien juga akan mendukung keamanan gudang dan integritas stok dengan memastikan bahwa barang disimpan akan di lokasi yang sesuai.

Mengoptimalkan proses putaway adalah dengan menyusun strategi yang tepat dan benar sesuai praktik Lean Warehouse Management. Ada satu strategi putway terpenting yang harus Anda ketahui, yaitu Direct putaway.

Direct putway adalah penerimaan inventory secara langsung dan ditempatkan di lokasi yang telah disediakan. Direct putaway ini juga strategi yang cocok digunakan untuk gudang kecil, lokasinya terbatas, dan varian produk yang tidak banyak.

Dengan kondisi tersebut, pekerja bisa melakukan penempatan inventory dengan cepat dan efisien. Barang yang diambil ketika proses picking pun bisa lebih mudah ditemukan, karena jumlahnya sedikit.

Baca Juga: Mengenal Profesi Stock Keeper, Kenali Juga Tugas dan Kisaran Gajinya

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai seputar pengertian putaway dan pentingnya putaway dalam pengelolaan barang yang perlu Anda ketahui. Intinya, putaway yaitu proses penempatan barang di tempat penyimpanan yang memerlukan keakuratan dan ketelitian.

Informasi letak barang harus akurat, agar sistem pengelolaan gudang tidak terganggu. Sementara itu, penempatan barang yang salah juga akan berpengaruh pada proses pemesanan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad