Kotaku
Home Bisnis Pengertian dan Manfaat Safety Stock Dalam Persediaan Barang

Pengertian dan Manfaat Safety Stock Dalam Persediaan Barang

Mengenal Pengertian dan Manfaat Safety Stock Dalam Persediaan Barang

KotakuID – Istilah safety stock dalam persediaan barang memang sangat sering dibahas, khususnya di kalangan pelaku usaha di bidang perdagangan. Pasalnya, manajemen supply chain termasuk ke dalam salah satu faktor terpenting yang akan digunakan untuk mendukung dan mengatur kegiatan operasional di dalamnya. Yakni contohnya adalah manajemen bahan baku.

Nantinya, safety stock ini bisa menjadi manajemen yang siap membantu Anda agar supply chain bisa terus beroperasi dengan fungsi yang sesuai. Dengan demikian, bisnis yang sedang di jalankan bisa mengurangi risiko terjadinya keterlambatan saat proses pengiriman barang yang harus dilakukan.

Baca Juga : Cross Docking (Gudang Transit) : Pengertian, Jenis dan Keuntungannya

Apa Itu Safety Stock?

Mengenal Pengertian dan Manfaat Safety Stock Dalam Persediaan Barang

Adapun, untuk istilah safety stock terkait persediaan barang yaitu suatu persediaan yang telah di siapkan oleh perusahaan dagang untuk mencegah terjadinya kekurangan persediaan. Khususnya pada saat permintaan pasar dalam kondisi yang tidak stabil.

Pada umumnya, kondisi ini nantinya akan memberikan dampak tersendiri terhadap suatu persediaan yang membutuhkan jangka waktu tertentu sebelum barangnya tiba. Oleh karena itu, banyak dari para pelaku usaha yang berpendapat jika keberadaan safety stock  sangat membantu sistem bisnisnya.

Hal ini sesuai dengan apa yang menjadi kepercayaan bagi banyak orang. Bahwa safety stock merupakan sejumlah persediaan barang dengan permintaan awal yang ada di dalam perkiraan total permintaan barang tertentu. Nantinya, perkiraan total permintaan barang ini akan di tentukan pada waktu selanjutnya.

Jadi, dapat di simpulkan bahwa safety stock mempunyai peran yang penting dalam dunia perdagangan. Sistem ini bisa menjadi metode terbaik untuk meminimalisir kecurangan persediaan dari suatu produk dagang di dalam perusahaan tertentu.

Baca Juga : Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan

Manfaat Safety Stock dalam Persediaan Dagang

Mengenal Pengertian dan Manfaat Safety Stock Dalam Persediaan Barang

Tidak perlu membahas hal lain lagi, berikut ini langsung saja di sampaikan beberapa manfaat dari safety stock untuk bisnis dagang, yakni:

1. Mendapatkan Keuntungan

Tujuan utama dari dibentuknya istilah safety stock terkait persediaan barang adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih sesuai harapan dalam perusahaan yang bersangkutan. Keuntungan akan menjadi faktor penting yang wajib diperhatikan ketika membangun usaha.

Khususnya, saat bisnis Anda tidak mampu mendatangkan keuntungan yang sesuai dengan perencanaan bisnis Anda. Maka hal ini akan mempengaruhi stabilitas perusahaan Anda itu sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara agar keuntungan yang direncanakan tersebut bisa tercapai.

2. Mengantisipasi Fluktuasi Permintaan

Beberapa pelaku usaha berpendapat jika safety stock di dalam perusahaan dagang merupakan sejumlah persediaan barang dengan permintaan awalnya. Yakni yang berada di perkiraan total permintaan barang pada waktu yang akan datang.

Jadi, dapat di pastikan bahwa safety stock bisa mempunyai pengaruh yang besar terhadap persediaan barang yang membutuhkan jangka waktu tertentu sebelum akhirnya tiba. Sementara itu, sistem ini juga akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya kekurangan persediaan saat pasar sedang tidak stabil.

3. Memudahkan Jadwal Produksi

Sebagian besar pelaku usaha tentu tahu jika metode safety stock itu sendiri sebenarnya mempunyai tujuan lain. Yakni untuk memudahkan jadwal produksi yang berlangsung di dalam perusahaannya.

4. Mengantisipasi Terjadinya Perubahan Kondisi Pasar

Istilah safety stock terkait dengan persediaan barang juga mempunyai manfaat lain, yakni untuk mengantisipasi terjadinya perubahan kondisi pasar dalam beberapa waktu tertentu.

Pada dasarnya, kondisi pasar akan mempengaruhi hukum persediaan dan permintaan terkait di dalam suatu perusahaan dagang tertentu. Oleh karena itu, tak jarang dari beberapa perusahaan dagang di Indonesia menerapkan sistem ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan kondisi pasar.

5. Menentukan Inventory yang Tepat

Perlu diketahui bahwa saat inventory berada di tingkat yang terlalu besar, maka hal ini bisa menjadikan perputaran uang berhenti dalam modal dagang. Saat hal ini terjadi, maka perusahaan tidak akan mengalami kerugian yang besar.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, safety stock ini merupakan suatu cara mengatasi kekurangan inventory perusahaan khususnya perusahaan dagang. Semoga dengan Anda memahami informasi di atas, Anda bisa membantu kelancaran bisnis Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad