Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Pendaftaran PPG Prajabatan Kemenag 2024 Kapan Dibuka?

Pendaftaran PPG Prajabatan Kemenag 2024 Kapan Dibuka?

Pendaftaran PPG Prajabatan Kemenag 2024 Kapan Dibuka 1

Kotaku.id – Kapan seleksi PPG Prajabatan Kemenag 2024 dibuka? Dan apa saja syarat yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi guru profesional?

Seleksi PPG Prajabatan merupakan sebuah seleksi Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan yang secara resmi diselenggarakan untuk lulusan sarjana atau sarjana terapan atau Diploma IV. Baik dari jurusan pendidikan atau dari jurusan nonkependidikan.

Program ini khusus diadakan bagi para calon guru untuk bisa mendapatkan sertifikat pendidik (Serdik). Seleksi PPG Prajabatan tahun anggaran 2024, jika memantau pelaksanaan PPG Prajabatan gelombang 1 di tahun sebelumnya, akan dibuka pendaftarannya yakni pada bulan 31 Mei sampai dengan 25 Juni 2024.

Selain itu, seleksi tahap I diantaranya yaitu pengisian data diri, pembuatan esai, bidang studi, serta pengumuman lokasi seleksi, juga nantinya akan berlangsung pada periode sama ketika proses pendaftaran atau ketika registrasi.

Selanjutnya, para calon mahasiswa PPG Prajabatan wajib melakukan pembayaran biaya pendaftaran pada tanggal 31 Mei sampai dengan 25 Juni 2024.

Kemudian, pengumuman hasil seleksi tahap 1 nantinya akan berlangsung pada tanggal 30 Juni 2024. Sampai akhirnya, awal perkuliahan PPG Prajabatan Kemenag 2024 akan berlangsung pada tanggal 11 September 2024.

Berikut ini merupakan jadwal lengkap PPG Prajabatan Kemenag 2024 bila memantau pelaksanaan tahun sebelumnya, seperti yang dilansir dari laman resmi Kemdikbud:

  • Registrasi / Log In SIMPKB: 31 Mei – 25 Juni 2024
  • Seleksi Tahap I: Data Diri, Esai, Bidang Studi, Lokasi Seleksi: 31 Mei sampai dengan 25 Juni 2024
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran: 31 Mei sampai 25 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1: 30 Juni 2024
  • Cetak Kartu Peserta: 30 Juni sampai dengan 11 Juli 2024
  • Seleksi Tahap 2: Tes Substantif: 5 Juli sampai 11 Juli 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 sampai dengan 31 Juli 2024
  • Pengumuman Jadwal Wawancara: 5 Agustus 2024
  • Seleksi Tahap 3: Wawancara 7 Agustus sampai 19 Agustus 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 3: 24 Agustus 2024
  • Konfirmasi Kesediaan Mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2024: 28 Agustus sampai 31 Agustus 2024
  • Penetapan Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024: 1 September 2024
  • Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan di LPTK: 4 September sampai 8 September 2024
  • Orientasi Mahasiswa: 11 September 2024
  • Awal Perkuliahan PPG Prajabatan Tahun 2024: 11 September 2024

Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan Kemenag Tahun 2024

PPG Prajabatan Kemenag 2024

Untuk bisa ikut serta dalam seleksi PPG Prajabatan Kemenag tahun 2024, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Beberapa syaratnya yaitu sebagai berikut:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Tidak terdaftar sebagai Guru dan Kepala Sekolah di dalam Dapodik dan Simpatika.
  3. Berusia maksimal 32 tahun per tanggal 31 Desember 2024.
  4. Mempunyai ijazah S-1 atau D-IV yang terdaftar dalam PD-Dikti.
  5. IPK paling rendah adalah 3,00.
  6. Menandatangani pakta integritas.
  7. Mengumpulkan surat keterangan sehat, jasmani, dan rohani.
  8. Menyerahkan surat keterangan berkelakuan baik.
  9. Mempunyai surat keterangan bebas NAPZA. (Syarat diserahkan jika peserta dinyatakan lulus seleksi akhir dan diserahkan ketika tahapan Lapor Diri.

Alur Seleksi PPG Prajabatan Kemenag

PPG Prajabatan 2024 akan dibuka pendaftarannya setelah Kementerian Agama merilis pengumumannya. Alur pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Kementerian Agama RI akan mengumumkan pendaftaran penerimaan mahasiswa Program Studi PPG secara online lewat sistem aplikasi di lamanmasing-masing Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan (LPTK).
  2. Calon mahasiswa yang mendaftar secara online dengan mengisi sesuai dengan format pada sistem aplikasi pendaftaran. Dan mengunggah file dokumen persyaratan yang telah ditentukan.
  3. Seleksi administrasi oleh sistem dan akan diverifikasi oleh panitia pendaftaran dalam  LPTK tempat calon mendaftar, yakni untuk:
  4. Memastikan pendaftar merupakan lulusan program studi terakreditasi minimal B (Baik Sekali);
  5. Memastikan bahwa ijazah S1 sesuai/linier dengan bidang studi/program keahlian dalam program PPG yang akan diikuti; dan
  6. Memastikan data calon (termasuk prestasi akademik calon) terdaftar di dalam basis data PD-Dikti serta sistem manajemen informasi yang dikelola secara resmi oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama bagi lulusan Ma’had Aly

Setelah para calon mahasiswa PPG Prajabatan telah lolos dalam seleksi administrasi, mereka nantinya akan menempuh agenda seleksi berikutnya. Seleksi yang dijalani yakni meliputi:

  1. Calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi administrasi, wajib untuk mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Bidang (TKB), Tes Kemampuan Pedagogik (TKP), Tes Bakat, Minat, serta Kepribadian (TBMK).
  2. Calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi TPA, TKB, TKP, dan TBMK, akan dilanjutkan mengikuti Tes Wawancara dan verifikasi dokumen pendukung.
  3. Tes Wawancara dan verifikasi dokumen pendukung dilakukan dalam LPTK dengan membawa dokumen pendukung asli.

Materi seleksi diantaranya ada unsur penguasaan bidang studi dan bidang pedagogik, harus ada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program PPG di masing-masing bidang studi/program keahlian. Hal ini demi mendapatkan calon mahasiswa yang potensial lulus sebagai para calon guru profesional.

Cara Cek Linieritas Prodi PPG Prajabatan 2024

PPG Prajabatan Kemenag 2024

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengecekan linieritas prodi Anda dengan prodi PPG Prajabatan 2024. Dibawah ini  adalah cara lengkapnya:

Itulah di atas pembahasan singkat mengenai pendaftaran PPG Prajabatan Kemenag 2024. Bagi Anda yang akan mendaftarkan diri, harap bersiap sedari awal agar proses pendataran bisa berjalan dengan lancar. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad