Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Pendaftaran PPG Prajabatan 2024: Biaya dan Cara Daftar

Pendaftaran PPG Prajabatan 2024: Biaya dan Cara Daftar

Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 Biaya dan Cara Daftar

Kotakuid – Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 akan segera dibuka. Pasti Anda merasa penasaran hal apa saja yang ditawarkan dalam program tersebut bukan? Bagaimana rincian biaya pendaftaran sampai beasiswanya?

PPG Prajabatan adalah salah satu program pendidikan profesi untuk menciptakan guru baru di Indonesia. Perkuliahan ini akan diikuti oleh para mahasiswa PPG untuk memperoleh sertifikasi pengajar, yakni disebut Sertifikat Pendidik.

Penyelenggaraan PPG Prajabatan 2024 ini diketahui disediakan untuk para lulusan Sarjana (S1), Sarjana Terapan (S.Tr.), maupun IV (D4). Hal ini berlaku pula untuk jurusan pendidikan maupun non kependidikan, sebagaimana dilansir dari PPG Kemdikbud.

Pertama, peserta program ini akan ikut serta dalam tahapan seleksi. Saat mereka diterima melalui PPG Prajabatan, masing-masingnya akan menjalankan masa perkuliahan dalam satu tahun atau sama dengan dua semester.

Sebelum mengikuti pendidikan profesi tersebut, para peserta PPG Prajabatan akan ikut serta dalam tahapan lapor diri pada LPTK masing-masing. Selanjutnya, menjalankan orientasi serta perkuliahan seperti halnya mahasiswa pada umumnya.

Adapun kegiatan yang terlaksana dalam proses pendidikan ini yaitu mencakup perkuliahan, praktik kerja, proyek kepemimpinan, serta pendampingan. Secara spesifik ikut serta mata kuliah inti yakni sebanyak 32 SKS, mata kuliah selektif 4 SKS, serta mata kuliah elektif 2 SKS.

Apakah Mengikuti PPG Prajabatan 2024 Gratis?

Jika dilihat pada proses pendaftaran PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023, prosesnya akan dikenai biaya pendaftaran serta biaya pendidikan per semester. Dikutip dari laman resmi tanya jawab PPG Kemendikbud, rincian biaya pendaftaran PPG Prajabatan adalah sebesar Rp300.000.

Biaya pendaftaran merupakan biaya yang dibebankan kepada para peserta untuk ikut serta dalam seleksi PPG Prajabatan 2023. Biaya ini tidak sama dengan biaya kuliah per semester yang harus dibayarkan peserta jika lolos seleksi.

Lalu, bagaimana dengan biaya pendidikannya? Apa ada beasiswa yang disediakan untuk program pendidikan ini?

Apakah Ada Beasiswa PPG Prajabatan 2024?

Pendaftaran PPG Prajabatan 2024

Perlu diketahui, PPG Prajabatan 2024 akan dilakukan dalam dua semester. Adapun biaya pendidikan perkuliahan untuk periode satu semester yang wajib dibayar peserta adalah sebesar Rp8.500.000.

Sehubungan dengan hal itu, para peserta yang lulus seleksi PPG Prajabatan dan telah dinyatakan menjadi mahasiswa akan memperoleh beasiswa.  Rincian beasiswa yang diberikan ini adalah senilai Rp17.000.000. Yang mana akan dipakai untuk biaya pendidikan peserta dalam 1 tahun atau 2 semester.

Persyaratan Pendaftaran PPG Prajabatan

Pendaftar PPG Prajabatan pastinya memenuhi beberapa persyaratan tertentu untuk dapat mengikuti proses seleksinya. Berikut ini merupakan daftar syarat pendaftaran PPG Prajabatan.

  • WNI (Warga Negara Indonesia);
  • Bukan atau tidak terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah di dalam Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Simpatika;
  • Usia pelamar maksimal 32 tahun per 31 Desember tahun pendaftaran;
  • Lulusan S1 maupun D4 yang terdaftar di PD Dikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau terdata dalam unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri untuk lulusan PT luar negeri;
  • IPK (Indek Prestasi Kumulatif) minimal 3,00;
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan melalui surat keterangan sehat yang disampaikan saat lapor diri;
  • Memiliki Surat Keterangan Kelakukan Baik/Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  • Mempunyai Surat Keterangan Bebas NAPZA;
  • Menandatangani Pakta Integritas;
  • Mengikuti seluuh proses seleksi yang ada mulai dari administrasi, tes substantif, sampai wawancara.

Demikian pembahasan tentang pendaftaran PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2024, semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad