Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Nilai-nilai Apa yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak? Ini Pembahasannya

Nilai-nilai Apa yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak? Ini Pembahasannya

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan pembahasan terkait contoh jawaban menurut soal Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai Guru Penggerak? Kenapa demikian?

Pertanyaan terkait nilai yang perlu dikuatkan sebagai Guru Penggerak ini sangat menarik untuk dibahas. Yuk simak lebih lanjut terkait apa saja sih nilai-nilai yang perlu dikuatkan sebagai Guru Penggerak ini.

Guru Penggerak adalah sebuah program kepemimpinan untuk guru supaya bisa menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini memiliki tujuan untuk melakukan percepatan pendidikan di Indonesia. Guru Penggerak sendiri mempunyai nilai-nilai yang wajib diikuti. Nilai-nilai ini diketahui menjadi pedoman pembelajaran di dalam satuan pendidikan bagi Guru Penggerak.

Saat ini, ada lima nilai yang perlu diperkuat oleh Guru Penggerak, diantaranya ada berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif, dan reflektif. Untuk Anda yang merasa penasaran, yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Nilai-nilai Apa yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak

Perlu diketahui, lima nilai dibawah ini perlu diperhatikan dan diperkuat oleh Guru Penggerak. Hal ini dilakukan agar program yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik. Berikut ini adalah nilai-nilai yang perlu diperkuat oleh Guru Penggerak, antara lain yaitu sebagai berikut.

  1. Berpihak pada Murid. Pentingnya berpihak pada murid yaitu karena hal ini mampu memungkinkan kita untuk paaham akan kebutuhan, minat, serta motivasi intrinsik dari setiap individu. Dengan Anda memahami ini, maka Anda sebagai guru penggerak dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan para siswa secara lebih optimal.
  2. Mandiri. Kemampuan untuk mandiri ini juga diketahui sangat penting, hal ini karena nilai mandiri mampu memungkinkan peserta didik untuk mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Dengan guru penggerak memperkuat kemandirian, maka Anda membantu mereka untuk menjadi lebih percaya diri. Khususnya dalam mengambil keputusan dan menghadapi tantangan yang ada.
  3. Kolaboratif. Kolaborasi bersama dengan rekan kerja, siswa, dan orang tua adalah sebuah kunci utama untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung. Dengan melakukan bekerja sama, maka Anda dapat saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain khususnya untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Reflektif. Kemampuan untuk reflektif mampu memungkinkan Anda sebagai guru penggerak untuk terus belajar. Baik itu dari pengalaman kita sendiri atau memperbaiki praktik pengajaran kita. Dengan adanya refleksi, nantinya Anda bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam diri Anda. Serta dapat menyesuaikan pendekatan pembelajaran Anda sebagai guru penggerak sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  5. Inovatif. Kemampuan untuk berinovasi sangat penting dilakukan, hal ini karena dunia pendidikan terus berkembang dan berubah. Dengan menjadi inovatif, Anda bisa menciptakan pendekatan pembelajaran yang baru dan efektif yakni untuk memenuhi kebutuhan peserta didik di era yang terus berubah ini.

Kesimpulan

Kenapa Demikian? Dengan memperkuat nilai-nilai di atas ini maka Bapak/Ibu mampu untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai visi dan misi Guru Penggerak. Tidak hanya itu, nilai-nilai di atas ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru Penggerak untuk mengembangkan pembelajaran yang jauh lebih baik dan berpihak pada murid.

Jadi, itulah di atas pembahasan terkait nilai-nilai yang perlu dikuatkan sebagai Guru Penggerak untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin pembelajaran. Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru penggerak.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad