Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru MenpanRB Beri Solusi untuk Honorer Lulusan SMA Terkait PPPK 2024, Ini Penjelasannya!

MenpanRB Beri Solusi untuk Honorer Lulusan SMA Terkait PPPK 2024, Ini Penjelasannya!

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara singkat mengenai solusi yang diberikan MenpanRB kepada para honorer lulusan SMA yang ingin menjadi PPPK 2024.

Guru honorer lulusan SMA diharap tenang, walaupun penghapusan status honorer telah resmi diumumkan. Pemerintah diketahui memberi kesempatan, berdasarkan pada undang-undang yang berlaku, pengangkatan guru honorer lulusan SMA menjadi PPPK 2024 akan sangat sulit.

Akan tetapi, solusi pengangkatan honorer menjadi PPPK tahun 2024 telah dibahas oleh MenPAN RB. Guru honorer lulusan SMA mempunyai kesempatan untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2024.

Adapun, kabar tersebut membuat guru honorer kalangan lulusan SMA menjadi tenang, sekaligus menjadi solusi agar penataan honorer dilaksanakan secara tuntas. Penghapusan non ASN termasuk guru honorer guru ini diketahui telah diakomodir dalam UU ASN Nomor 20 Tahun 2023.

Nantinya status guru honorer dan tenaga honorer lainnya akan dihapus yakni paling lambat pada bulan Desember 2024. Bagaimana pun juga, permasalahan honorer di Indonesia perlu segera tuntas.

Pemerintah Adakan Seleksi Honorer Lulusan SMA Jadi PPPK 2024?

Pemerintah diketahui juga akan membuka seleksi CASN untuk honorer menjadi PPPK.

Seleksi ini dilaksanakan untuk memprioritaskan honorer agar tidak terkena PHK dan masih tetap bekerja. Tantangan terberat yaitu bagi guru honorer lulusan SMA yang akan ikut serta seleksi PPPK 2024.

Sebab untuk bisa menjadi ASN, minimal harus mempunyai ijazah S1, dan hal ini tentunya akan sulit bagi guru honorer lulusan SMA.

Solusi yang diberikan oleh MenPAN RB untuk para guru honorer lulusan SMA yakni akan berlaku untuk guru di TK, SD, serta pendidikan kesetaraan lainnya misalnya seperti program paket A.

Guru honorer lulusan SMA yang telah diangkat menjadi ASN, nantinya perlu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D4 ataupun Sarjana.

Di sisi lain, pemerintah diketahui telah mengantisipasi jumlah honorer yang tidak berhasil lolos CASN 2024. Setidaknya ada 2,3 juta formasi yang dibuka oleh pemerintah pada tahun ini.

Bagi honorer yang tidak lolos seleksi PPPK, nantinya akan ditempatkan sebagai PPPK paruh waktu. Jika kinerja PPPK paruh waktu ini dinilai bagus, maka ada kemungkinan untuk nantinya bisa diangkat menjadi PPPK penuh waktu.

PPPK diketahui memang menjadi fokus utama pemerintah dalam menyelesaikan penataan non ASN ataupun tenaga honorer.

Itulah di atas informasi terkait guru honorer lulusan SMA yang memiliki kesempatan untuk diangkat menjadi PPPK tahun anggaran 2024. Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad