Kotaku
Beranda Bisnis Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan

Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan

Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis PlanMengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan
Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis PlanMengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan

KotakuID – Saat akan membuat bisnis plan untuk usaha, mengenal customer segment merupakan bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, penerapan customer segment ini akan sangat membantu Anda, khususnya untuk menentukan strategi dalam memasarkan produk dan layanan secara efektif.

Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan keuntungan maksimal dari usaha yang akan dijalankan. Ulasan kali ini akan menjelaskan secara lebih lanjut tentang customer segment yang penting untuk diketahui dalam menjalankan usaha. Yuk baca hingga akhir ya!

Apa itu Customer Segment?

Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan

Customer segment merupakan metode untuk mengklasifikasikan konsumen berdasarkan dengan beberapa segmen atau karakteristik tertentu. Metode customer segment merupakan salah satu bagian strategi pemasaran yang bertujuan untuk memetakan pelanggan sehingga produk dan jasanya bisa cocok dengan mereka.

Setiap bisnis pasti memiliki customer segment yang tidak sama. Itulah sebabnya, Anda harus bisa menentukan segmen konsumen dengan tepat dan benar. Dengan demikian, strategi pemasaran dapat dijalankan sesuai dengan segmen yang ada. Serta efektivitasnya dalam menghasilkan penjualan akan jauh lebih besar.

Adapun cara menentukan customer segment yaitu dengan dimulainya mengenali karakteristik seperti apa saja yang dimiliki oleh konsumen Anda. Dengan mengetahuinya, Anda akan mengenal pelanggan potensial dan mampu menyediakan produk dan jasa yang relevan dengan segmen tersebut.

Anda juga wajib mengetahui bahwa strategi pemasaran yang berfokus dalam customer segment yaitu cara agar performa marketing Anda bisa lebih efektif.

Baca juga: Mengenal Free Shipping Dalam Strategi Promosi, Apa Saja Manfaatnya?

Fungsi Customer Segment

Mengenal Pengertian dan Fungsi Customer Segment saat Membuat Bisnis Plan

Jika Anda sudah paham mengenai pengertian customer segment dan tujuannya di dalam strategi pemasaran. Lalu, apa saja fungsinya bagi bisnis dan mengapa Anda harus menentukannya lebih dulu? Agar pertanyaan terjawab, fungsi customer segment yakni sebagai berikut:

1. Membantu Penetapan Harga

Salah satu fungsi dari customer segment yaitu membantu Anda dalam menentukan harga produk yang cocok dengan status sosial dan keuangan konsumen. Adapun, hal ini mampu membuat harga produk yang ditawarkan bisa diterima oleh konsumen sesuai dengan kemampuan daya beli mereka.

Harga yang ditetapkan berdasarkan dengan profil segmen konsumen juga akan membuat mereka merasa bahwa manfaatnya sebanding dengan jumlah uang keluar.

2. Strategi Bersaing

Saat bisnis masih dalam skala yang kecil atau baru di jalankan. Customer segment merupakan salah satu cara agar strategi pemasaran Anda bisa bersaing dengan perusahaan besar.

Nantinya Anda bisa menargetkan segmen pasar kecil dan spesifik, serta belum pernah atau masih kurang ditargetkan oleh perusahaan kompetitor yang lebih besar.

Hal ini bisa memudahkan bisnis Anda dalam menguasai pasar yang kecil. Dan Anda bisa mengembangkannya seiring waktu berjalan.

3. Meningkatkan Penjualan

Segmentasi pasar akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Sebab, produk yang bisa menjawab kebutuhan konsumen pasti di cari-cari oleh mereka.

Untuk bisa memahami permasalahan konsumen dan solusi yang bisa dilakukan, Anda perlu menentukan dulu target segmen pasar.

Misalnya saja, Anda bisa menentukan perilaku atau demografis seperti apa yang wajib ada pada target segmen konsumen. Dari situ, Anda bisa memperkirakan bagaimana bisnis dan produk Anda bisa menjadi solusi bagi mereka.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Fungsi terkhir dari customer segment yakni bagaimana cara Anda untuk membangun hubungan dan loyalitas pelanggan. Saat konsumen merasa puas dengan produk dan layanan yang diberikan, maka mereka akan cenderung melakukan pembelian kembali.

Jika hal ini terus berlangsung dalam waktu yang lama, mereka akan menjadi pelanggan setia yang loyal bahkan akan sulit untuk berpaling ke kompetitor lain. Agar bisa membangun hubungan dan kepercayaan yang baik dengan konsumen, tentu Anda harus bisa mengenali mereka terlebih dahulu lewat customer segment.

Baca Juga : Keuntungan Sewa Gudang bagi Para Pelaku Bisnis di Indonesia, Yuk Simak!

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan tentang mengenal customer segment. Bisa disimpulkan bahwa customer segment merupakan hal yang sangat di butuhkan demi keberhasilan usaha.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menerapkannya dalam strategi pemasaran agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

Selain mempertimbangkan customer segment, Anda juga perlu memikirkan persoalan lainnya dalam mengembangkan bisnis. Yakni salah satunya adalah pengurusan operasional.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan