Kotaku
Home Bisnis Mengenal Laku Pandai dan Peluang Bisnis Menjadi Agen Bank 2023

Mengenal Laku Pandai dan Peluang Bisnis Menjadi Agen Bank 2023

Mengenal Produk Laku Pandai dan Peluang Bisnis Menjadi Agen Bank 2023

KotakuID – Laku Pandai yang merupakan singkatan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif. Program Laku Pandai adalah sebuah program pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan untuk membantu masyarakat yang selama ini masih belum tersentuh perbankan.

Program keuangan inklusif ini akan melibatkan perbankan sebagai lembaga keuangan. Pihak bank menawarkan kepada para masyarakat yang bersedia menjadi agen Laku Pandai. Jadi, saat Anda di terima menjadi agen Laku Pandai, bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan karena akan mendapatkan komisi dari transaksi nasabah. Lalu, apa itu pengertian Laku Pandai? Apa saja produk Laku Pandai? Bagaimana sih menjadi agen Laku Pandai? Bank apa saja yang menawarkan program Laku Pandai tersebut?

Pengertian Laku Pandai

Mengenal Laku Pandai dan Peluang Bisnis Menjadi Agen Bank 2023

Laku Pandai adalah program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya dengan melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan di dukung dengan pemakaian sarana teknologi informasi. Laku Pandai bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum tersentuh lembaga perbankan. Masih banyak anggota masyarakat yang masih belum mengenal, menggunakan, atau mendapatkan layanan perbankan dan keuangan lainnya. Antara lain, yaitu karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank. Bisa jadi karena ada biaya atau persyaratan yang memberatkan.

Pemerintah di ketahui mencanangkan program Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) pada bulan Juni 2012, satu program di antaranya yaitu branchless banking. Program ini dikembangkan agar layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya dapat menjangkau segenap lapisan masyarakat di seluruh Indonesia. Branchless banking ini bertujuan untuk menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah di pahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum bisa menjangkau layanan keuangan.

Sementara itu untuk melancarkan kegiatan masyarakat sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah, khususnya antara desa dan kota. Adapun program ini melibatkan bank sebagai lembaga keuangan. Bank disini akan menawarkan kepada masyarakat yang bersedia untuk menjadi agen Laku Pandai. Per Desember 2021, ada 1,45 juta agen Laku Pandai yang tersebar di 511 kabupaten/kota dalam 33 provinsi di Indonesia.

Produk Laku Pandai

"Mengenal

Produk ini di tawarkan berbeda dengan produk bank pada biasanya. Program ini akan menyasar masyarakat yang jauh dari akses layanan perbankan dan untuk menarik minat masyarakat yakni mulai mengenal produk keuangan.  Ada tiga jenis produk yang di sediakan di dalam program Laku Pandai ini, yaitu tabungan dengan karakteristik basic saving account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, serta produk lainnya seperti asuransi mikro.

 1. Tabungan Berkarakteristik Basic Saving Account

Tabungan berkarakteristik basic saving account tidak mempunyai batas minimum, baik saldo ataupun transaksi setor tunai. Tidak ada biaya administrasi bulanan, biaya pembukaan dan penutupan rekening, dan transaksi kredit rekening.  Batas maksimum saldo dan transaksi debet rekening akan di tetapkan Bank, namun tidak boleh melebihi batas yang di tetapkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK). Yakni saldo maksimum Rp 20 juta dan transaksi debet kumulatif sebulan maksimum Rp 5 juta. Jika dalam keadaan force majeur, seperti bencana alam, bank penyelenggara bisa mengizinkan nasabah melakukan transaksi debet rekening melebihi batas maksimum yang telah di tetapkan.

2. Kredit Nasabah Mikro

Kredit nasabah mikro ini bertujuan untuk membiayai kegiatan masyarakat yang bisa mendukung keuangan inklusif dan kegiatan usaha yang produktif seperti contohnya usaha ternak, pertanian, atau pendidikan anak. Untuk bisa mendapatkan kredit ini, masyarakat harus menjadi nasabah tabungan BSA yakni minimal enam bulan.  Kredit Laku Pandai mempunyai jangka waktu paling lama satu tahun dengan batas maksimum kredit Rp 20 juta. Namun untuk para calon debitur yang siklus usahanya lebih dari setahun, seperti ternak sapi, tanaman kayu, serta tanaman kopi boleh mengajukan kredit mikro Laku Pandai.

Permohonan pengajuan kredit bisa di sampaikan ke bank atau dengan melalui agen yang di teruskan kepada bank terdekat agen. Sebelum resmi menyetujui permohonan kredit, bank akan menganalisis permohonan kredit, dengan cara mempertimbangkan karakter calon debitur, kewajaran biaya yang di perlukan, kemampuan mengembalikan kredit, dan informasi dari pendamping, kelompok tani, dinas ataupun instansi terkait.

3. Asuransi Mikro

Asuransi mikro merupakan program asuransi yang memberikan perlindungan untuk masyarakat dengan penghasilan yang rendah. Premi asuransi ini biasanya di mulai dari Rp 10.000 untuk masa keanggotaan satu tahun. Jenis asuransi yang ada di dalam program asuransi mikro ini yakni asuransi kesehatan (khusus demam berdarah dan tipus), asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran, serta asuransi gempa bumi.

Contoh Laku Pandai Bank penyelenggaranya yaitu bank yang mendapatkan persetujuan dari OJK dan memenuhi persyaratan, antara lain: berbadan hukum Indonesia, mempunyai profil risiko, memipunyai jaringan Wilayah Indonesia Timur serta mempunyai produk mobile banking, dan internet banking. Khusus bank milik pemerintah daerah tidak perlu mempunyai jaringan di seluruh Indonesia.

Kebijakan ini untuk mendukung pembangunan di dalam provinsi bank tersebut berkantor pusat.  Bank-bank mempunyai mekanisme kerja yang berbeda. Namun, pada dasarnya semua mengacu pada ketentuan yang di tetapkan oleh OJK. Sebagai contoh, mekanisme kerja sama Agen BRILink dengan BRI yaitu penempatan mesin EDC BRI dengan menu MiniATM. Ada 28 bank yang menawarkan program Laku Pandai. Diantaranya Bank BUMN yang terdiri dari Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Bank swasta nasional yakni BCA, BTPN, dan Bank Sinarmas, serta lain sebagainya.

Syarat menjadi Agen Laku Pandai

Agen dapat melayani masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan, di antaranya pembayaran tagihan, transfer uang, setor uang, serta pengambilan uang. Sebagai Agen, aktivitas kerjanya yakni seperti karyawan bank pada umumnya.

Agen mempunyai peran sebagai banker, di mana ia mempunyai tugas seperti membuka rekening tabugan baru, menerima setoran, melakukan tarik tunai, memberikan kredit mikro kepada masyarakat, dan menjual produk keuangan seperti asuransi mikro.

Masyarakat yang ingin menjadi agen Laku Pandai harus memenuhi beberapa persyaratan yang di tetapkan oleh masing-masing bank. Secara umum, berikut ini merupakan beberapa syarat menjadi agen yang di tetapkan oleh OJK:

  • Syarat umum administratif, KTP serta Kartu Keluarga.
  • Calon agen adalah warga penduduk setempat dan dikenal oleh masyarakat sekitar.
  • Calon agen harus menjadi nasabah bank yang bersangkutan setidaknya dalam dua tahun dan mempunyai riwayat transaksi yang di percaya Bank tersebut.
  • Harus mempunyai usaha utama yang telah beroperasi setidaknya dalam dua tahun yang berlokasi di tempat strategis.
  • Apabila calon agen adalah nasabah kredit, tidak boleh ada riwayat terlambat bayar cicilan kredit selama enam bulan terakhir.

Kesimpulan

Selain persyaratan di atas, setiap bank pelaksana menetapkan syarat tambahan. Sebagai contoh, untuk bisa agen BRILink maka calon agen harus memiliki rekening tabungan atau giro BRI yang di lengkapi kartu ATM atau debit, serta mempunyai dana yang mencukupi di dalam rekeningnya untuk transaksi. Setelah memenuhi beberapa syarat menjadi agen Laku Pandai, pihak bank kemudian akan menganalisis sebelum permohonan calon agen di terima.

Itulah di atas ulasan mengenai apa aitu laku pandai dan peluang bisnis menjadi agen bank di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan maka bisnis yang satu ini cocok untuk dicoba.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad