Kotaku
Home Bisnis Mengenal Free Shipping Dalam Strategi Promosi, Apa Saja Manfaatnya?

Mengenal Free Shipping Dalam Strategi Promosi, Apa Saja Manfaatnya?

Mengenal Free Shipping Dalam Strategi Promosi Apa Saja Manfaatnya

KotakuID – Beberapa marketplace saat ini telah memberikan berbagai kemudahan bagi para penjual dan pembeli. Salah satunya adalah fitur free shipping atau gratis ongkir. Mengenal Free shipping berarti pembeli hanya perlu membayar produk tanpa ada biaya tambahan lain, termasuk biaya pengiriman.

Dengan adanya fitur ini, pembeli tidak perlu merasa ragu untuk berbelanja secara online dan tentunya akan sangat menguntungkan bagi penjual.  Nah, untuk bisa memahami lebih banyak mengenai apa itu free shipping, yuk simak selengkapnya di ulasan berikut!

Baca Juga : Keuntungan Sewa Gudang bagi Para Pelaku Bisnis di Indonesia, Yuk Simak!

Apa Itu Free Shipping?

Free shipping merupakan suatu penawaran biaya gratis pengiriman yang menjadi salah satu strategi promosi atau pemasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa saat melakukan pembelian online, sebagian besar pembeli mempermasalahkan mengenai biaya pengiriman.

Biasanya saat akan membeli barang, biaya kirim yang harus dibayarkan bahkan lebih mahal daripada produknya. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang melakukan strategi free shipping, sehingga pembeli hanya perlu membayar produk saja.

Free shipping adalah pembebasan biaya pengiriman kepada para pembeli, namun penjual juga akan tetap mendapatkan keuntungan.

Bagaimana caranya? Saat ini banyak marketplace yang memberikan fitur gratis ongkir untuk para pembeli. Jadi, jika ingin memberikan gratis ongkir kepada pelanggan, Anda bisa membuka lapak di sejumlah marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Sistem FEFO dalam Manajemen Gudang, Apa Saja Kelebihannya?

Tujuan Menerapkan Free Shipping

Memberikan fasilitas free shipping merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis online.  Meskipun terdengar merugikan, akan tetapi hal ini tentunya telah dikalkulasi dengan baik agar penjual tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Selain itu, ada beberapa alasan lain bagi para penjual untuk memberikan fasilitasi free shipping, di antaranya sebagai berikut:

  • Untuk Menaikkan Penjualan. Penyebab utama dari penjual memberikan fasilitas free shipping yaitu karena ingin meningkatkan pendapatan. Berdasarkan dari data penjualan online terkini, 96% pembeli cenderung memiliki keinginan besar untuk berbelanja di toko yang menawarkan bebas ongkir. Beberapa pembeli juga tidak ragu menambahkan jumlah belanjaannya agar bisa memenuhi persyaratan gratis ongkir. Hal ini menunjukkan bahwa free shipping bisa menarik calon pembeli dan bahkan berbelanja melebihi ekspektasi Anda.
  • Meningkatkan Loyalitas Pembeli. Walaupun tujuan utama dari menerapkan free shipping yaitu untuk meningkatkan angka penjualan, namun Anda juga bisa menciptakan loyalitas dari pembeli, lho. Dengan Anda mengadakan program free shipping artinya Anda peduli terhadap pembeli. Bahkan, hal tersebut memungkinkan para pembeli untuk melakukan pemesanan kembali di kemudian hari.
  • Memperluas Jangkauan Pasar. Dengan adanya sistem free shipping, Anda bisa memperluas jangkauan pasar dan target pembeli. Hal ini karena kemudahan bebas biaya pengiriman mampu membuat pembeli dari wilayah lain tidak segan untuk berbelanja di toko Anda.

Tips Menerapkan Free Shipping dalam Strategi Promosi

Mengenal Free Shipping Dalam Strategi Promosi, Apa Saja Manfaatnya?

Nah, berikut ini tips menerapkan free shipping yang tepat dan bisa dicoba untuk bisnis Anda.

1. Jangan Jadikan Promosi Utama

Free shipping sebaiknya hanya dijadikan sebagai keuntungan tambahan yang akan diberikan kepada pembeli. Jika Anda menjadikan free shipping sebagai promosi utama, maka Anda akan kehilangan daya kreativitas pemasaran dan tidak bisa bersaing dengan kompetitornya.

2. Tidak Perlu Diterapkan di Semua Produk

Free shipping berarti memberikan keringanan ongkos pengiriman dan hal ini tidak perlu Anda terapkan kepada semua produk.

Anda bisa menerapkan fitur tersebut untuk beberapa produk saja, misalnya untuk barang yang harganya Rp200.000 akan mendapatkan free shipping.

3. Kenakan Minimum Transaksi

Anda bisa memberikan syarat dan ketentuan khusus bagi para pembeli yang ingin mendapatkan free shipping. Misalnya, free shipping dapat digunakan jika jumlah pembelian mencapai Rp80.000.

4. Buka Toko di Banyak Marketplace

Saat ini, Anda sudah bisa berjualan di banyak platform marketplace yang memberikan fitur gratis ongkir untuk pelanggannya. Sebagai seller, Anda hanya harus mendaftarkan toko Anda untuk mengikuti program gratis ongkir.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang mengenal free shipping dalam strategi promosi. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa meningkatkan penjualan dan menciptakan loyalitas dari pembeli.

Anda bisa mendapatkan kemudahan fitur free shipping yang diberikan oleh beberapa marketplace, seperti halnya Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad