Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Membuat Alur untuk Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM), Yuk Simak!

Membuat Alur untuk Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM), Yuk Simak!

Membuat Alur untuk Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar PMM Yuk SimakMembuat Alur untuk Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar PMM Yuk Simak

Daftar isi:

[Sembunyikan] [Tampilkan]

Kotaku.id – Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai membuat alur untuk aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM), yuk simak pembahasannya. Nah, ulasan kali ini akan membuat alur untuk aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Perlu diketahui, alur aksi nyata ini penting untuk dipahami guru. Yuk para guru simak bagaimana cara membuat alur untuk aksi nyata dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini.

Dilansir dari website pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id tertulis bahwa aksi nyata adalah suatu aktivitas terakhir untuk bisa menyelesaikan satu topik pelatihan mandiri. Aksi nyata ini diketahui menjadi bahan refleksi terkait dengan sejauh mana pemahaman kita terhadap topik yang telah dipelajari. Aksi nyata juga diketahui menjadi salah satu syarat supaya bisa mendapatkan sertifikat pelatihan mandiri di PMM.

Adanya aksi nyata ini mempunyai manfaat tersendiri, seperti misalnya meningkatkan pemahaman pembelajaran, serta mengevaluasi kekurangan pembelajaran. Setelah berhasil menyelesaikan aksi nyata maka guru nantinya akan mendapat sertifikat pelatihan mandiri. Lalu, kira-kira bagaimana membuat alur untuk aksi nyata di PMM ini? Untuk Anda yang merasa penasaran, yuk simak pembahasan dibawah ini.

Mengenal Aksi Nyata

Aksi Nyata adalah suatu aktivitas terakhir yang dilakukan guru untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Aksi Nyata juga adalah suatu bentuk praktik pemahaman Anda pada topik yang dipelajari dalam Pelatihan mandiri. Lewat Aksi Nyata, Anda bisa mencoba mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Serta Anda bisa mendemonstrasikan pemahaman dan penguasaan materi.

Pelatihan Mandiri sendiri adalah suatu produk yang mana memuat berbagai macam materi pelatihan yang dibuat secara singkat, agar pendidik dapat melakukan pelatihan secara mandiri. Dan kapan pun dan di mana pun berada. Untuk bisa mengerjakan Aksi Nyata, seorang guru harus melalui dua tahapan Pelatihan Mandiri, yakni:

  • Tahap pertama, mempelajari topik yang telah dipilih
  • Tahap kedua, membuat Aksi Nyata sebagai bentuk praktik pemahaman guru pada teori yang dipelajari sebelumnya

Dalam memilih topik yang nantinya akan dipelajari, seorang guru bisa memilih satu diantara lima topik yang ada di dalam platform tersebut. Topik-topik ini antara lain:

  • Refleksi peran sebagai pendidik dengan menggunakan metode papan cerita reflektif
  • Menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar
  • Menggambarkan sosok guru di sekolah
  • Demonstrasi pemahaman lewat karya
  • Refleksi peran sebagai pendidik dengan menggunakan metode 6 topi

Membuat Alur untuk Aksi Nyata

Membuat Alur untuk Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM), Yuk Simak!

Untuk bisa membuat alur untuk aksi nyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

1. Telah menyelesaikan modul dan post test topik dalam pelatihan mandiri

2. Telah selesai memilih aksi nyata untuk bisa menentukan kegiatan yang akan dilakukan

3. Menerapkan aksi nyata yang telah dipilih dalam dunia nyata

4. Membuat dokumentasi hasil aksi nyata lewat dokumen berformat PDF dengan ukuran maksimal 10 MB yang terdiri dari:

  • Aktivitas aksi nyata
  • Dokumentasi kegiatan
  • Refleksi hasil karya

5. Mengunggah lembar aksi nyata ke dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

6. Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan aksi nyata

Jadi, itulah diatas pembahasan lengkap mengenai cara membuat alur aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang harus guru ketahui. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan