Kotaku
Beranda Bisnis Memahami Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Memahami Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

KOTAKU.ID – Mempunyai  image yang baik di mata banyak orang, tentunya menjadi keinginan besar bagi setiap pelaku bisnis. Karena, perusahaan tidak selalu berfokus pada keuntungan yang sebesar-besarnya, melainkan juga eksistensi, dan reputasi yang menjadi prioritas utama.

Salah satu cara perusahaan sendiri untuk dapat membangun reputasi serta image ini yaitu dengan melakukan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate social responsibility. Diharapkan dengan hadirnya kegiatan ini perusahaan bisa ikut serta berkontribusi dalam hal ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu kebijakan yang diambil guna untuk menemukan titik keseimbangan antara perusahaan serta pihak yang terkait seperti masyarakat, pemerintah serta konsumen. Dalam hal ini perusahaan bukan mencari keuntungan saja, melainkan juga memperhatikan dampak sosial apa yang akan ditimbulkan dengan keberadaan mereka, kegiatan operasi ataupun investasi.

Tidak hanya itu, hal ini menjadi suatu cara bagi perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan psikologis terhadap pelaku ekonomi. Dimana saat ini konsumen bukan saja menomor satukan harga murah, melainkan efek apa yang diberikan kepada lingkungan dengan membeli produk tertentu.

Sehingga bisa diambil kesimpulan jika Corporate social responsibility menjadi suatu kewajiban bagi setiap usaha untuk dapat memikirkan pentingnya kemampuan perusahaan, dalam menjaga keseimbangan diantara kinerja perusahaan. Serta bagaimana cara untuk mengatasi isu sosial dan lingkungan yang berpotensi muncul, akibat operasi perusahaan yang dijalankan, sama seperti yang sudah ditekankan oleh Organisasi standarisasi internasional (ISO).

Bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Memahami Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sama seperti yang telah dibahas sebelumnya, jika perusahaan harus mempunyai tanggung jawab sosial. Adapun bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan meliputi:

1. Tanggung jawab sosial kepada karyawan

Sebelum memikirkan pihak luar, sebaiknya perusahaan menomor satukan rasa aman dan nyaman kepada karyawannya, seperti memberikan perlakuan yang adil, kesempatan untuk dapat berkembang, serta pelatihan yang bisa digunakan untuk melakukan pengembangan diri. Perlu diingat, karyawan merupakan aset perusahaan yang berharga.

2. Tanggung jawab sosial kepada konsumen

Jika membahas soal ini, pasti Anda berpikir secara luas, dimana Tanggung jawab ini bukan hanya terkait dengan penyediaan produk atau jasa. Namun juga bagaimana perusahaan bisa menghasilkan produk atas jasa yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan tidak menimbulkan kerugian bagi para penggunanya.

3. Tanggung jawab sosial kepada lingkungan

Jangan hanya karena keinginan untuk mencari keuntungan yang jauh lebih besar, membuat perusahaan tak lagi peduli terhadap lingkungan sekitar. Perlu diperhatikan, untuk tidak membuang limbah sembarangan, mencegah penggunaan bahan yang berbahaya, sampai dengan mencegah polusi yang ada disekitar tempat usaha. Ya, jadilah  perusahaan ramah lingkungan dan memberikan nilai positif.

4. Tanggung jawab kepada pemegang saham

Selain beberapa hal di atas ada sejumlah faktor yang wajib diperhatikan seperti bagaimana tanggung jawab kepada pemegang saham. Jika perlu melibatkan setiap pemegang saham dalam setiap pengambilan keputusan guna menjalankan kegiatan operasional perusahaan. 

5. Tanggung jawab sosial kepada komunitas

Hal ini tentunya corporate social responsibility atau CSR menjadi solusi utama. Dimana perusahaan bisa melakukan bantuan terkait dengan  kesehatan, dana, pendidikan, infrastruktur, maupun keperluan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat. Besar peluang perusahaan Anda mempunyai image yang baik, jika Anda memberi bantuan sosial UMKM kepada masyarakat disekitar.

6. Tanggung jawab sosial kepada kreditor

Sudah seharusnya perusahaan untuk memberitahu kepada kreditor, jika saat itu Anda sedang mengalami masalah keuangan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kreditor, serta etika yang baik dalam melakukan kegiatan bisnis.

Pentingnya Pelaksanaan Program CSR di Sebuah Perusahaan

Ketika suatu perusahaan menerapkan program CSR dengan tidak langsung perusahaan juga telah menaati peraturan pemerintah. Di Indonesia sendiri, kewajiban terkait dengan tanggung jawab sebuah perusahaan diatur di dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Sebuah perusahaan yang lalai dan mengabaikan tanggung jawab sosial artinya tidak menaati peraturan pemerintah. Hal ini akan berdampak serius pada keberlangsungan dan kesuksesan bisnis perusahaan untuk kedepannya.

Selain itu, perusahaan yang tidak menjalankan program CSR memiliki peluang lebih besar dalam citra buruk secara sosial erta lingkungan. Perusahaan nantinya akan berhadapan dengan hukum karena tidak mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku. Protes dan penolakan masyarakat di lingkungan sekitar yang merasa dirugikan oleh keberadaan perusahaan karena dampak lingkungan yang diakibatkan juga tidak dapat dihindari. Dampak lainnya perusahaan juga bisa merugi karena konsumen lebih memilih kompetitor yang menjalankan CSR perusahan dengan baik.

Kesimpulan

Perlu dipahami, bahwa bentuk tanggung jawab sosial bukan hanya selalu merujuk pada keuntungan yang sebesar-besarnya, melainkan juga eksistensi, dan reputasi yang mana menjadi prioritas utama. Namun, di balik hal itu tentunya perusahaan harus bisa ikut berkontribusi dalam hal-hal yang ada di lingkungan sekitar mereka seperti sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Dalam hal ini perusahaan harus bisa melibatkan karyawan, pihak investor, untuk ikut serta membuatnya berhasil. Karena, hal ini merupakan bagian penting dari kerjasama tim dan bukan hanya sebagian orang saja.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan