Kotaku
Home Bisnis 5 Tips Marketplace Facebook untuk Bisnis UMKM

5 Tips Marketplace Facebook untuk Bisnis UMKM

5 Tips Marketplace Facebook untuk Bisnis UMKM

KotakuID – Perlu Anda ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali platform online yang bisa digunakan untuk pemasaran digital. Salah satunya dengan memanfaatkan platform Facebook. Facebook menjadi platform online paling populer di dunia. Pengguna aktif Facebook jika dilihat perbulan di dunia mencapai 2.38 miliar pada kuartal I tahun 2019 lalu, dan di Indonesia pengguna nya sudah mencapai 120 juta pengguna! Kebayang bukan banyaknya seperti apa? Apalagi jika Anda memaksimalkan pemasaran digital Anda melalui Facebook. Berikut ini adalah 5 tips marketplace Facebook untuk bisnis UMKM.

1. Posting dengan Niat dan Tujuan yang Jelas

Saat Anda akan menjadikan Facebook sebagai platform untuk melaksanakan kegiatan pemasaran, Anda harus mempunyai niat dan tujuan yang jelas tentang apa yang akan Anda posting di Facebook. Tujuan Anda memposting produk di Facebook tentunya agar konsumen bisa melihat produk dan bahkan membelinya. Oleh sebab itu, Anda juga harus memposting sesuatu berdasarkan niat dan effort yang penuh. Sehingga kegiatan pemasaran yang Anda lakukan di Facebook tidak asal-asalan, justru mempunyai value yang tinggi. Jika Anda memposting dengan tidak ‘niat’ dan asal-asalan, maka konsumen juga tidak akan tertarik dengan apa yang Anda postingg. Tertarik saja tidak, apalagi untuk membeli produk tersebut?

2. Membuat Jadwal Posting dengan Content Calendar

Nah, content calendar sangat penting jika Anda mau melakukan Facebook Marketing. Kenapa demikian? Karena content calendar akan sangat membantu Anda untuk mengatur jadwal posting kegiatan pemasaran maupun promosi mu. Anda bisa menjadwalkan postingan apa saja, bisa juga yang paling urgent sampai dengan yang paling tidak urgent untuk diposting. Sehingga jadwal posting Anda akan tertata dengan rapih dan bisa Anda jadikan sebagai reminder untuk postingan berikutnya. Content calendar  juga tidak hanya digunakan untuk menjadwalkan posting produk saja, Anda juga dapat memasukkan tanggal-tanggal hari besar di dalam calendar tersebut yang bisa dijadikan konten Facebook Anda. Tidak perlu semua hari besar, Anda juga bisa memilih hari-hari besar yang relate dengan bisnis dan kegiatan pemasaran produk Anda seperti posting mengenai hari belanja online nasional, dan lain-lain.

3. Optimasi Halaman Profil Facebook

Di halaman profil bisnis, Ada banyak bagian yang bisa Anda lengkapi sehingga kegiatan pemasaran Anda bisa berjalan dengan lancar. Saat Anda melengkapi bagian-bagian penting di halaman profil, maka profil bisnis Anda akan terlihat lebih meyakinkan jika diperhatikan oleh konsumen. Anda bisa menambahkan informasi singkat mengenai bisnis dan produk yang Anda jual serta menjelaskan tentang impact yang akan Anda berikan kepada masyarakat ataupun perkembangan ekonomi. Sementara itu, Anda juga perlu memasukkan informasi tentang review-review yang diberikan oleh para konsumen terhadap produk yang Anda jual, sehingga pengunjung profil Facebook Anda mengetahui review produk dan bisa mempertimbangkannya.

4. Membuat Konten Menarik

Tips ini juga menjadi hal penting untuk Anda terapkan pada kegiatan pemasaran di plattform Facebook atau disebut juga dengan Facebook Marketing. Anda harus membuat sesuatu hal yang lain yang berbeda sehingga bisa menjadi keunikan tersendiri. Anda bisa membuat sebuah promosi menggunakan ide yang out of the box. Misalnya saja membuat video promosi secara tersirat sehingga maksud dari video Anda harus ditelaah terlebih dahulu oleh para konsumen. Hal ini juga bisa menjadi daya tarik dari bisnis Anda agar konsumen tertarik untuk mencari tahu secara lebih dalam mengenai apa bisnis Anda, apa produk Anda, dan bagaimana kegiatan pemasaran yang Anda lakukan sehingga tidak membosankan dan bisa membuat konsumen merasa tertarik.

5. Membuat Grup di Facebook

Grup Facebook tidak melulu membahas mengenai promosi produk dan menawarkan produk secara langsung. Akan tetapi, grup di Facebook bisa digunakan untuk mengumpulkan pihak-pihak yang saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga suatu saat bisa terjadi interaksi yang menguntungkan. Anda bisa membuat grup Facebook dengan orang-orang yang bisa membutuhkan produk mu. Di dalam grup tersebut, kamu hanya perlu melakukan sharing informasi tentang pengalaman masing-masing yang berujung dalam memberikan informasi seputar produk Anda. Sehingga audience yang ada di dalam grup Facebook tersebut akan aware dengan produk Anda.

Kesimpulan

Pada dasarnya Facebook sangat bermanfaat bagi para pebisnis, baik dari kalangan bisnis besar maupun kecil. Jika Anda pandai memasarkan produk Anda maka tidak heran jika produk Anda akan terjual laris di Facebook.

Nah, itu dia di atas 5 tips marketplace Facebook untuk Bisnis UMKM yang mempunyai usaha atau bisnis. Silakan Anda coba, siapa tahu Anda bisa meningkatkan penjualan!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad