Kotaku
Home Lainnya Manfaat Ekstrakulikuler bagi Perkembangan Peserta Didik

Manfaat Ekstrakulikuler bagi Perkembangan Peserta Didik

Apa saja manfaat ekstrakulikuler bagi kemampuan dan keterampilan siswa? Kegiatan di sekolah tidak hanya berfokus pada kegiatan akademik, tetapi juga ada ekstrakurikuler yang berguna bagi perkembangan peserta didik.

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya adalah dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Selain itu, terdapat manfaat lain yang akan dirasakan oleh peserta didik. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Manfaat Ekstrakurikuler untuk Siswa

Berdasarkan Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 menyatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan kurikuler yang dilakukan peserta didik di luar jam belajar dalam kegiatan intrakurikuler serta kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan serta pengawasan satuan pendidikan. Selain itu, dalam aturan tersebut dijelaskan juga tujuan diselenggarakannya ekskul untuk peserta didik yaitu untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kepribadian, kerjasama, kemampuan dan kemandirian peserta didik dengan optimal dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler mempunyai manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta didik. Diantaranya adalah kotaku.id sajian berikut ini.

Mengasah dan mengembangkan bakat minat

Ekstrakurikuler Merupakan tempat bagi peserta didik yang ingin mengasah dan mengembangkan bakat serta minta nya dalam suatu bidang. Kegiatan ekskul bebas dipilih oleh peserta didik sesuai dengan minatnya. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, peserta didik akan mempelajari lebih dalam suatu bidang sehingga kampungnya dalam bidang tersebut akan meningkat.

Misalnya, seorang peserta didik yang menyukai petualangan dan suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan alam. Ia dapat mengikuti ekskul pecinta alam, yang kegiatannya dekat dengan alam. Misal kegiatan tersebut peserta didik akan belajar banyak hal baru dan melakukan eksplorasi tentang bakat dan minatnya agar tetap terarah dan terkontrol.

Membentuk Karakter Peserta Didik

Karakter peserta didik akan terbentuk seiring dengan pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Peserta didik akan dilatih untuk mengembangkan berbagai karakter dan sikap yang akan berguna nantinya di masyarakat. Karena pintar dalam hal akademis saja tidak menjamin peserta didik akan dapat terjun ke masyarakat. Sehingga diperlukan tempat yang dapat membentuk karakter peserta didik yang lebih.

Dengan mengikuti kegiatan dalam ekstrakurikuler peserta didik dan dilatih untuk bertanggung jawab, manajemen waktu, bekerjasama, mandiri, pantang menyerah dan masih banyak lainnya. Misal dalam kegiatan Pramuka peserta didik akan dilatih untuk mandiri dan juga bagaimana cara bekerjasama dengan sesama.

Berlatih Sosialisasi dan Komunikasi

Bagi peserta didik yang mungkin kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain atau merasa tidak percaya diri untuk berkomunikasi. Maka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi salah satu penyelesaian. Karena dengan mengikuti ekskul siswa akan dapat bersosialisasi dengan teman-teman lainnya bahwa dia dari kelas yang berbeda.

Suasana yang ada di dalam ekskul akan membuat peserta didik terbiasa dengan perbedaan dan terbiasan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan berinteraksi dengan banyak orang, maka siswa akan dapat melatih kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi nya.

Melatih Kemampuan Manajemen

Banyak kegiatan di sekolah selain ekskul, sehingga dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler peserta didik akan dapat mengatur waktunya lebih efisien. Peserta didik akan dapat sebagai waktu antara belajar dan melakukan kegiatan diluar belajar seperti ekskul. Tentu saja kemampuan manajemen ini tidak langsung dilakukan. Tetapi dengan berjalannya waktu, peserta didik akan terbiasa dengan manajemen secara tidak langsung ia lakukan sendiri.

Melihat Perspektif yang Luas

Peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler akan memiliki perspektif yang lebih luas. Karena dengan mengikuti ekskul, siswa akan bertemu dengan teman-teman yang berbeda-beda dengan setiap pemeriksaan dan karakter dari setiap siswa yang juga bermacam macam . adanya perbedaan-perdana tersebut akan dapat menguak perspektif siswa yang lebih luas.

Oleh karena itu, semakin banyak peserta didik berinteraksi wawasan yang ia dapatkan juga akan semakin luas. Dimana mereka akan dapat menyadari banyak hal dna dapat mengembangkan  karakter serta kemapuan nya.

Refreshing

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat saja menjadi suatu yang menarik dna refreshing bagi peserta didik. Setelah belajar berjam-jam telah belajar. Bisa saja siswa akan merasa jenuh dan bosan, hal ini justru akan menurunkan kualitas belajar nya di dalam kelas. Sehingga dengan adanya kegiatan ekskul siswa akan lebih fresh karena mendoakan hal yang dapat digunakan untuk menyelaraskan emosi.

Dwimakna adalah beberapa contoh manfaat kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan kemampuan dan peserta didik.

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad