Kotaku
Home Pendidikan Lulusan Baru Lebih Baik Langsung Ngajar atau Lanjut PPG Prajabatan? Begini Solusinya!

Lulusan Baru Lebih Baik Langsung Ngajar atau Lanjut PPG Prajabatan? Begini Solusinya!

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara lengkap mengenai lulusan baru lebih baik langsung ngajar atau lanjut PPG Prajabatan. Memang benar, biasanya hal disamping ini sering dipertanyakan bagi kalangan fresh graduate atau lulusan baru. Baik itu jurusan pendidikan ataupun non pendidikan.

Tidak hanya, akhir-akhir ini banyak para guru yang sudah lama mengajar tapi belum masuk Dapodik pun juga menanyakan hal yang sama. Nah, dibawah ini merupakan solusi bagi Anda yang sedang menanyakan hal serupa, yuk simak pembahasannya dibawah ini!

Langkah yang Harus Diperhatikan Sebagai Fresh Graduate

Ada beberapa langkah yang dapat Anda perhatikan sebagai fresh graduate, baik itu jurusan Sarjana Pendidikan atau Sarjana Non Pendidikan yang berminat menjadi guru. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Luruskan Niat

Poin ini sangat penting diperhatikan supaya nantinya saat terjun langsung ke dalam dunia pendidikan selama 2 semester bisa santai dan menikmati setiap proses yang dilalui. Apakah jadi Guru karena lahir dari hati atau hanya untuk bersenang-senang misalnya hanya ikut-ikutan saja hehehe?

2. Sesuaikan dengan Kondisi

Jika Anda mempunyai jiwa tantangan yang besar untuk kuliah lagi diluar kota, atau bahkan kondisi finansial Anda cukup untuk memenuhi selama proses kuliah nanti? Tanpa berfikir panjang, Anda bisa menjalani saja. Meskipun dana pendidikan yang diberikan gratis yakni dengan beasiswa dari pemerintah, namun perlu diingat biaya sehari-hari misalnya biaya makan tidak ditanggung oleh pemerintah.

Kesempatan tidak datang selama 2 kali bukan? Anda bisa mencoba untuk kuliah lagi dan minta doa restu kepada orang tua agar prosesnya dilancarkan. Akan tetapi, perlu dicatat jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk kuliah lagi. Maka Anda bisa mencoba untuk mengajar di sekolah sambil mengejar PPG Daljab. Apapun prosesnya, jika Anda melakukannya dengan niat maka hasilnya tidak akan mengecewakan.

3. Lahan Terbaik untuk Jenjang Karir-mu

Anda bisa mencoba meyakinkan diri Anda agar ambil dan lanjut kuliah kembali di PPG Prajabatan. Hal ini karena, jika Anda mengikuti PPG maka karir Anda disekolah cepat stabil. Dengan Anda mengikuti PPG Prajabatan Anda nantinya akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Nantinya Anda juga akan mendapatkan sertifikat pendidik yang bisa digunakan untuk afirmasi seleksi ASN nantinya. Serta, calon sekolah baru yang akan merekrut lebih banyak karena sudah terjamin dengan serdik.

Lebih Baik Mengajar Dulu atau Lanjut PPG Prajabatan?

Nah, sekarang kita akan membahas ke dalam topik utama dalam artikel ini. Yaitu, lebih baik yang mana? Ngajar dulu atau PPG Prajabatan ya? Disarankan, bagi Anda para lulusan baru bisa lanjut kuliah PPG Prajabatan.

Hal ini karena, PPG Prajabatan membawa banyak manfaat untuk Anda para calon guru muda. Manfaatnya adalah seperti yang telah disinggung sebelumnya Anda akan mendapatkan serdik. Perlu diketahui, serdik ini merupakan sertifikat pendidik yang mengakui bahwa Anda sudah profesional dalam mengajar. Bahkan, serdik ini nantinya akan membawa Anda menjadi PNS/ASN menjadi lebih terjamin.

Sedangkan, jika Anda memilih mengajar lebih dahulu maka Anda harus sabar menunggu. Hal ini karena, Anda harus mengajar selama 3 tahun lamanya untuk masuk ke Dapodik dan ikut PPG Daljab. Jika dibandingkan, lebih baik mengambil PPG Prajabatan bukan? Hanya dengan 1 tahun kuliah Anda sudah bisa menjadi guru muda profesional dengan bersertifikat.

Kesimpulan

Jadi gimana nih? Apa Anda sudah siap untuk mengikuti PPG Prajabatan tahun 2024 ini? Sekali lagi, prinsipnya adalah Anda harus sesuaikan keadaan masing-masing. Jika Anda berminat menjadi guru profesional dan diakui pemerintah, maka Anda bisa mendaftar PPG Prajabatan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad