Kumpulan Latihan Soal PPG Guru Kelas MI 2024 Beserta Jawabannya
Daftar isi:
Kotaku.id – Dibawah ini merupakan deretan latihan soal PPG Guru Kelas MI 2024. Adapun, soal dibawah ini mempunyai kunci jawaban yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk melaksanakan tes PPG.
Oleh sebab itu, perlu dipastikan bahwa seluruh soal bisa dikerjakan sendiri. Peraturan terbaru sekarang ini Kemenag mewajibkan setiap guru harus melaksanakan PPG. Sehingga memerlukan pembelajaran dan latihan.
Soal Latihan PPG Guru Kelas MI 2024
1. Bentuk penilaian yang menghendaki siswa untuk menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang didapatkan dalam pembelajaran dalam melakukan tugas di sebut dengan penilaian…
A. Pre test
B. Post test
C. Non Autentik
D. Autentik
Jawaban : D
2. Upaya guru dalam menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain yaitu ………
A. Merencanakan pengajaran remidi
B. Menentukan kreteria keberhasilan belajar
C. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
D. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yangdiharapkan
Jawaban : A
3. Upaya guru untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajar yang dialami secara optimal yaitu dengan cara ……..
A. Guru mengajukan pertanyaan terarah atau pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran
B. Guru memberikan tes ataupun pekerjaan rumah disetiap akhir pelajaran
berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap peserta didik tentang capaian ataupun masalah belajar yang dihadapi peserta didik dalam belajar
D. Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan kesulitannya dalam belajar
Jawaban : B
4. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata dengan efektif baik secara lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dan lain sebagainya). Ataupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi ataupun bunyi bahasa, semantik ataupun makna bahasa. Dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa). Adapun, menurut Howard Gardner anak tersebut memiliki kecerdasan …
A. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
B. Kecerdasan Ruang (spatial)
C. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
Jawaban : C
5. Upaya dalam merancang pengayaan bagi siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut yaitu ……………
A. Memberikan tambahan materi yang berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang jauh lebih tinggi
C. Memberikan tambahan materi yang berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
D. Memberikan tambahan sumber bacaan tambahan yang lebih mendalam serta tingkat variasi yang tinggi dengan instrument tesnya yang sesuai
Jawaban : C
6. Kegemaran anak akan dongeng ataupun cerita yang bersifat kritis seperti misalnya kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan lain sebagainya merupakan ciri anak berusia………
A. 3-5tahun
B. 10-12 tahun
C. 6-8 tahun
D. 15-18 tahun
Jawaban : B
7. Untuk bisa mengetahui kemampuan awal siswa, seorang pendidik bisa melakukan …
A. Tes awal (pre-test)
B. Pengayaan materi pelajaran
C. Refleksi
D. Latar belakang peserta didik
Jawaban : A
8. Lingkup penilaian hasil belajar yakni mencakup kompetensi, adapun beberapa kompetensi tersebut yaitu…
A. Kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. Kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
C. Kompetensi inti, kompetensi dasar
D. Kompetensi sikap sosial
Jawaban : B
9. Aspek yang dinilai pada pembelajaran matematika yakni sebagai berikut kecuali…
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. Pemecahan masalah dan sikap
D. Melakukan prosedur
Jawaban : C
10. Dalam mengidentifikasi suatu kasus kesulitan belajar bisa dilakukan dengan menggunakan metode criterion referenced. Yang mana bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah …
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya )
D. Menganalisis kemampuan peserta didik
Jawaban : D
11. Konsep menyodorkan berbagai macam situasi kepada peserta didik dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabanannya merupakan konsep dan strategi…..
A. Inquiry learning
B. Juscovery learning
C. Induktif learning
D. Cooperatif learning
Jawaban : A
12. Guru membentuk kelompok belajar dan memberikan tugas kepada setiap kelompok . Setiap anggota pada suatu kelompok memberikan tugas beserta fungsi tertentu. Hal ini sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak bisa di selesaikan. Adapun, karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah..
A. Diskusi kelompok kecil
B. Pengajaran langsung (direct teaching)
C. Tugas kelompok
D. Belajar kooperatf (cooperatf learning)
Jawaban : C
13. Upaya dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru….
A. Mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
B. Memberi contoh penting toleransi
C. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
Jawaban : A
14. Kurikulum 2013, proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, Artinya adalah ……..
A. Kurikulum wajib mengandung hal baru sehingga bisa membantu peserta didik untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai serta budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang perlu dimiliki oleh siswa
C. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar terhadap prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) serta memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
D. Pembelajaran yang mendorong peserta didik lebih mampu dalam mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, serta mengomunikasikan
Jawaban : D
15. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran statis, belum bisa berfikir abstrak, serta kemampuan persepsi waktu dan ruang terbatas merupakan perkembangan anak dalam tahap …
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap operasional konkrit
C. Tahap praoperasional
D. Tahap operasional konkrit
Jawaban : C
16. Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap lewat observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh siswa. Adapun instrumen yang di gunakan pada penilaian tersebut yaitu…
A. Rubrik
B. Jurnal
C. Skala penilaian (rating scole)
D. Soal tes
Jawaban : C
17. Salah satu unsur strategi pembelajaran yaitu Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi serta kualifikasi hasil (out put). Serta sasaran (target) yang perlu dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi serta selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan pada unsur strategi di atas pada konteks pembelajaran yaitu …
A. Mempertimbangkan serta memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
B. Mempertimbangkan serta menetapkan langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
C. Menetapkan spesifikasi serta kualifikasi tujuan pembelajaran yaitu perubahan profil perilaku dan pribadi siswa.
D. Menetapkan norma dan batas minimum ukuran keberhasilan ataupun kriteria dan ukuran baku keberhasilan
Jawaban : C
18. Teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang mana di gunakan pada kegiatan pembelajaran kecuali…
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
C. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
D. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
Jawaban : B
19. Yang di maksud dengan penilaian adalah…
A. Proses yang di lakukan untuk bisa mengambil keputusan berdasarkan evaluasi.
B. Pengumpulan serta pengolahan informasi untuk bisa mengukur pencapaian hasil belajar pada peserta didik.
C. Membandingkan hasil pengamatan pada suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara siswa dan pendidik
Jawaban : B
20. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang padi milik petani untuk mengamati tanaman padi yang siap untuk di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Pada hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa didapati peringkat hasil belajar peringkat terbaik pada pembelajaran berupa observasi di luar kelas. Yang mana menunjukkan siswa mempunyai kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui…..
A. Auditif Visual dan kinestetik
B. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
C. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
D. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
Jawaban : A
Nah itulah diatas pembahasan mengenai kumpulan latihan soal PPG Guru Kelas MI 2024 beserta jawabannya. Semoga latihan soal diatas bisa bermanfaat bagi Anda!