Kotaku
Home Pendidikan Kaitan Diagram Identitas Gunung Es dengan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila

Kaitan Diagram Identitas Gunung Es dengan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila

Kotaku.id – Kaitan diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila sangat erat. Diagram identitas gunung es disimbolkan sebagai kepribadian seorang pelajar ketika menjalani kehidupannya.

Dikutip dari buku Adolence: Perkembangan Remaja susunan John W. Santrock (2003), tokoh sosiologi yang bernama Freud percaya jika kehidupan seorang pelajar (remaja) sejatinya akan selalu dipenuhi dengan ketegangan dan konflik. Untuk bisa mengurangi ketegangan ini, mereka nantinya aan menyimpan informasi dalam pikiran tidak sadar.

Terkadang, mereka juga tidak segan-segan untuk menyembunyikan potensi dan bakat yang ada didalam dirinya. Hal ini biasanya dilakukan agar tidak diketahui orang lain. Setiap individu tersebut mempunyai lapisan karakteristik yang akan membentuk dirinya sendiri di masa depan.

Ada beberapa sikap serta perilaku yang perlu dipertimbangkan pelajar untuk menerapkan teori diagram identitas gunung es ini. Ada apa saja? Yuk simak pembahasannya dalam ulasan dibawah ini.

Kaitan Diagram Identitas Gunung Es dan Profil Pelajar Pancasila

Analogi diagram gunung es diketahui menggambarkan keyakinan Freud jika kebanyakan proses pembentukan kepribadian terjadi di bawah taraf kesadaran. Hal ini artinya, setiap individu tidak menyadari bahwa ia mempunyai potensi dan bakat yang sangat luar biasa dalam dirinya.

Oleh sebab itu, perlu digali dengan lebih dalam untuk menampakkan potensi tersebut. Memeriksa pikiran secara sadar dan tingkah laku manusia dapat dilakukan dengan cara melihat refleksi dari ego dan superego.

Dikutip dari buku Postmordenisme: Sebuah Pemikiran Filsuf Abad 20 karya Hana Wijayanti, dkk., ego mempunyai peran ekslusif yang mengatur, memerintah, serta mengendalikan kepribadian. Sedangkan superego merupakan bagian dari struktur kepribadian individu yang mana memegang konsep keadilan.

Keduanya diketahui memegang peran penting dalam pembentukan karakter serta kepribadian Pelajar Pancasila. Tidak hanya itu, ada juga sikap yang perlu diterapkan, yaitu sebagai berikut.

1. Toleransi

Toleransi merupakan sikap dan tindakan menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, serta keyakinan. Hal ini bisa dibuktikan dengan tidak mengganggu sesama teman yang berbeda pendapat, menerima kesepakatan walaupun ada perbedaan pendapat, dan bisa menerima kekurangan orang lain.

2. Disiplin

Disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku sesuai dan mematuhi seluruh peraturan yang ada Hal ini termasuk mematuhi peraturan ataupun ketentuan unit pendidikan dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.

3. Tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan sebuah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang mana seharusnya dia lakukan pada diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, budaya), negara, dan Tuhan Yang Maha Esa.

4. Gotong royong

Gotong royong merupakan kegiatan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan dilakukan saling berbagi tugas dan tolong-menolong secara ikhlas. Contoh sikapnya yakni terlibat secara aktif dalam kerja bakti membersihkan kelas ataupun lingkungan sekolah, bersedia membantu orang lain tanpa harus mengharap imbalan, serta aktif dalam kegiatan kerja kelompok.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan singkat terkait kaitan diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila. Semoga informasi yang disampaikan tentang Kaitan diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad