Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK Jokowi Akan Umumkan Formasi CASN 2024, Fresh Graduate Jadi Prioritas?

Jokowi Akan Umumkan Formasi CASN 2024, Fresh Graduate Jadi Prioritas?

Jokowi Akan Umumkan Formasi CASN 2024 Fresh Graduate Jadi Prioritas

Kotakuid – Apa Anda merasa penasaran dengan jumlah formasi CASN 2024 yang akan dibuka nantinya? Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui akan mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran di awal Januari 2024.

Hal ini secara resmi disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) Azwar Anas. Yakni saat melakukan konferensi pers di di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada hari Jumat (29/12/2023).

“Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini, karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, Presiden akan mengumumkan,” ucap Azwar Anas.

“Nanti ada kita akan menyelesaikan yang 1,6 juta PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Ini nanti akan kita beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tegasnya.

Adapun, MenPANRB juga mengungkapkan bahwa rekrutmen CASN 2024 mendatang akan diutamakan untuk fresh graduate. Hal ini karena, selama perekrutan yang dikhususkan untuk lulusan baru masih belum banyak dilakukan oleh pemerintah.

“Selama ini belum ada rekrutmen (untuk fresh graduate) kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh Bapak Presiden,” tegas Azwar Anas.

Tidak hanya itu, nantinya fokus rekrutmen CPNS 2024 ini akan dilaksanakan untuk talenta digital. Hal ini bertujuan untuk mendukung digitalisasi pemerintahan yang lebih digalakkan di tahun depan.

“Salah satu fokusnya di talenta-talenta digital karena kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah,” tegas dia.

“Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital, seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian,” tegasnya.

Di tahun 2023 kemarin, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya secara resmi juga telah membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 bulan September 2023 lalu.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) secara resmi menetapkan sebanyak 572.496 formasi PNS atau aparatur sipil negara (ASN) yang dibutuhkan.

Jumlah ini dibuka untuk total 72 instansi pemerintah pusat yaitu sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah sebesar 493.634 ASN.

Rinciannya, untuk formasi pemerintah pusat adalah sebanyak 28.903 CPNS dan 49.959 PPPK. Sedangkan untuk pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK guru. Sedangkan, sebanyak 154.724 PPPK tenaga kesehatan dan 42.826 PPPK teknis. Sekarang ini, proses rekrutmen CPNS 2023 masih berlangsung dan akan selesai tahun ini 2024.

Perkiraan Formasi CASN 2024

CASN 2024
Jokowi Akan Umumkan Formasi CASN 2024, Fresh Graduate Jadi Prioritas? 10

Sebagai informasi, eks Bupati Banyuwangi mengungkapkan bahwa rekrutmen CPNS untuk tahun 2024 akan diutamakan bagi fresh graduate atau lulusan baru. 

Pasalnya, pada tahun lalu perekrutan yang dikhususkan untuk lulusan baru masih belum banyak dilakukan oleh pemerintah. 

“Selama ini belum ada rekrutmen (untuk fresh graduate) kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh Bapak Presiden,” ucap Azwar. 

Menurutnya, pemerintah juga memprioritaskan rekrutmen bagi formasi-formasi yang memang dibutuhkan untuk mempercepat digitalisasi. 

“Salah satu fokusnya di talenta-talenta digital karena kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah,” tegas Azwar. 

“Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital, seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian,” tambahnya lagi. 

Sebagai informasi, sekarang ini pemerintah sedang memerlukan SDM yang memiliki kemampuan dalam urusan teknologi informasi. Kebutuhan ini seiring dengan fokus pemerintah untuk bisa memperkuat keamanan cyber nasional. 

Tidak hanya itu, akan dibutuhkan pula posisi yang memahami pariwisata nasional. Hal ini karena, pemerintah sedang berfokus mengerjakan lima destinasi wisata super prioritas. 

Oleh sebab itu, pemerintah akan menyiapkan banyak formasi untuk para fresh graduate yang memang kriterianya diperlukan. 

Sebagai informasi, Kemenpan RB diketahui mencatat kebutuhan CPNS tahun 2024 yakni mencapai 1,3 juta formasi. Yang mana akan menyediakan banyak formasi untuk fresh graduate.

Demikian pembahasan tentang Presiden Jokowi akan umumkan rekrutmen PPPK Guru 2024, Fokus Utama untuk Fresh Graduate. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda. Terus belajar untuk menghadapi seleksi CASN 2024 ya, semoga berhasil!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan