Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Jawaban Lembar Kerja 1 Identifikasi Kekuatan Diri Calon Guru Penggerak

Jawaban Lembar Kerja 1 Identifikasi Kekuatan Diri Calon Guru Penggerak

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara tuntas terkait jawaban lembar kerja 1 identifikasi kekuatan diri Calon Guru Penggerak. Sebagai seorang calon guru penggerak, pengidentifikasian kekuatan diri diketahui menadi langkah awal yang krusial dalam mendukung program pengembangan sekolah. Dibawah ini merupakan pembahasan lengkapnya.

Pertanyaannya Lengkap

1. Apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri calon guru penggerak untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah?

Jawaban :

Sebagai seorang calon guru penggerak, saya mengakui bahwa adanya beberapa kompetensi atau keahlian yang saya punya dapat mendukung program pengembangan sekolah. Pertama-tama, pengalaman mengajar saya di sekolah selama hampir sebelas tahun telah memperkuat kemampuan pedagogik yang ada di dalam diri saya.

Selama ini, saya telah menerapkan berbagai macam metode pembelajaran inovatif. Diantaranya seperti pembelajaran aktif, kooperatif, serta berbasis proyek yang terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Tidak hanya itu, saya juga dapat merancang pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berikutnya, saya mempunyai kemampuan kepemimpinan yang baik. Saya juga telah memimpin tim guru dalam merancang program pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.

Saya juga aktif dalam berbagai macam organisasi guru dan sering diundang sebagai narasumber di dalam pelatihan guru. Dalam kapasitas ini, saya bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk bisa bekerja menuju tujuan bersama.

Tidak hanya itu saja, saya juga mempunyai keterampilan komunikasi yang efektif. Kemampuan ini mampu memungkinkan saya untuk berinteraksi secara baik dengan peserta didik, orang tua, rekan guru, serta stakeholder lainnya.

Saya juga percaya bahwa saya mampu membangun hubungan yang positif bersama dengan orang lain adalah kunci keberhasilan dalam lingkungan pendidikan.

2. Apa kompetensi yang masih perlu calon Guru penggerak kuatkan untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah?

Jawaban :

Saya menyadari bahwa masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan yang ada pada diri saya agar bisa lebih mendukung program pengembangan sekolah.

Pertama, saya sadar perlunya meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kebutuhan pembelajaran.

Saya juga berkeinginan untuk mempelajari berbagai macam aplikasi pembelajaran dan platform online. Hal ini saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang saya tawarkan kepada peserta didik.

Kedua, saya telah menyadari betapa pentingnya meningkatkan kemampuan dalam penelitian dan pengembangan. Saya juga berkeinginan untuk mempelajari teknik penelitian tindakan kelas yang bisa membantu saya dalam meningkatkan praktik pengajaran saya. Serta merancang program pembelajaran yang lebih efektif.

Terakhir, saya sadar bahwa kemampuan dalam advokasi dan kebijakan pendidikan juga merupakan suatu hal yang penting.

Oleh sebab itu, saya ingin belajar bagaimana cara melakukan advokasi untuk kebijakan pendidikan yang mampu mendukung pengembangan peserta didik dan profesionalisme guru.

Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, saya yakin bahwa diri saya mampu mengembangkan rencana pengembangan diri yang sesuai untuk bisa mendukung program pengembangan sekolah.

Saya juga percaya bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, saya bisa menjadi seorang guru penggerak yang efektif. Serta dapat membawa perubahan positif bagi sekolah saya dan komunitas pendidikan pada umumnya.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait jawaban lembar kerja 1 identifikasi kekuatan diri Calon Guru Penggerak. Semoga informasi yang disampaikan terkait jawaban lembar kerja 1 identifikasi kekuatan diri Calon Guru Penggerak di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad