Kotaku
Home Beasiswa Jabar Future Leadership : Beasiswa Pendidikan Jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3 untuk Warga Jawa Barat

Jabar Future Leadership : Beasiswa Pendidikan Jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3 untuk Warga Jawa Barat

KOTAKU.ID – Melalui Dinas Pendidikan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship atau Jabar Future Leadership 2024. Bantuan biaya pendidikan ini merupakan beasiswa yang dikhususkan bagi warga Jawa Barat pada jenjang D3, D4, S1, S2 atau S3 yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Syarat utama dari beasiswa ini tentu saja masyarakat yang berkedudukan Jawa Barat serta berkuliah di Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari beasiswa ini yaitu untuk menyiapkan generasi muda Jawa Barat sebagai calon pemimpin di masa dengan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.

Persyaratan Jabar Future Leadership

Berikut ini persyaratan umum dari Jabar Future Leadership 2024:

  1. Warga Jawa Barat, dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Berusia maksimal 25 tahun bagi calon pendaftar jenjang S3, D4, dan S1, kemudian 35 tahun untuk calon pendaftar S2, dan 40 tahun bagi pendaftar S3.
  3. Curriculum Vitae
  4. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain.
  5. Video singkat perkenalan diri dan alasan pantas dipilih sebagai penerima beasiswa, dengan durasi video maksimal 1 menit.

Kategori Jabar Future Leadership

Jabar Future Leadership 2024 dibagi menjadi 3 kategori yaitu kategori beasiswa prestasi akademik, kategori beasiswa prestasi non akademik, dan kategori beasiswa lainnya. 

Kategori beasiswa prestasi akademik antara lain: Beasiswa Pendidikan D4/S1 Penuh (4 Tahun). Beasiswa Pendidikan D3 (3 Tahun) D4/S1 (4 Tahun) Program Studi di Luar Kampus Utama (psdku), Beasiswa Pendidikan S2 (2 Tahun). Beasiswa Pendidikan S3 (4 Tahun), Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Percepatan Akses Pendidikan Tinggi (1 Tahun). 

Kategori beasiswa prestasi non akademik antara lain: Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Keagamaan (1 Tahun). Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Olahraga (1 Tahun), Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Seni dan Budaya (1Tahun), dan Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Aktivis (1 Tahun). Sedangkan kategori beasiswa lainnya yaitu Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Aktivis Tjetje Padmadinata (1 Tahun) dan Beasiswa Short Course.

Alur pendaftarannya yaitu sebagai berikut: Sosialisasi melalui media sosial dan website JFLS. Pendaftaran secara online melalui website JFLS, pemeriksaan berkas yang diunggah di laman pendaftaran. Memastikan pendaftar berkuliah di Perguruan Tinggi tersebut dan bukan penerima beasiswa lain, penilaian substantif seperti esai, video, prestasi, portofolio, dll.

Pengumuman penerima melalui akun masing-masing dan juga email yang digunakan untuk mendaftar. Seremonial pengumuman JFLS bersama Gubernur Jawa Barat, dan Dinas Pendidikan Jawa Barat melalui Bank BJB melakukan pencairan dana beasiswa ke rekening penerima.

Tingginya minat pendaftar pada setiap tahunnya menjadi tantangan bagi setiap calon penerima beasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi dan juga prestasi. Program ini tidak hanya memberikan peluang kepada masyarakat Jawa Barat untuk mengejar pendidikan tinggi dengan lebih terjangkau. Tetapi juga merupakan investasi dalam pembangunan masa depan Provinsi Jawa Barat dengan membentuk generasi masa muda masa depan. 

Bagi masyarakat Jawa Barat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai JFLS 2024, dapat mengikuti informasi terbaru melalui platform resmi media sosial JFLS serta mengunjungi website resmi di https://beasiswa-jfl.jabarprov.go.id/

Sekian pembahasan tentang Jabar Future Leadership 2024 dan semoga bermanfaat. Bagi anda seluruh warga Jawa Barat memiliki kesempatan untuk mendaftarkan diri dan menjemput impian melalui beasiswa ini. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join” 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad